Tempat Wisata di Magelang Yang Patut Dikunjungi Selain Candi Borobudur

Tempat wisata Magelang memang indentik dengan keberadaan candi Borobudur. Tak perlu heran sebab candi Bodobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang sangat menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca negara. Tetapi, tahukah Anda jika di Magelang terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi? Tak perlu risau, berikut ulasan beberapa tempat wisata di Magelang yang dapat Anda jadikan acuan jika memutuskan untuk berlibur ke sana.

Curug Silawe

Curug Silawe adalah air terjun berketinggian 60 meter yang berada di kaki Gunung Sumbing sebelah selatan atau di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kabupaten Kajoran. Diberi nama silawe karena bentuk curugnya yang seakan-akan seperti lawe (dalam bahasa Jawa) yang artinya sarang laba-laba.

Anda bisa bermain air di sebuah kolam kecil di bagian bawah air terjun yang terbentuk akibat hempasan air dari curug Silawe. Tak perlu takut tenggelam karena kolamnya memang tidak terlalu dalam. Untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda hanya perlu membeli tiket masuk sebesar 2000 rupiah, relatif murah bukan? Namun, jalanan menuju ke Curug Silawe kurang bersahabat sehingga diperlukan fisik yang kuat untuk mencapai tempat wisata ini.

Candi Umbul

Obyek wisata Candi Umbul merupakan pemandian air panas yang telah dibangun sejak zaman wangsa Syailendra. Tempat wisata ini berada di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati dua kolam dengan sumber air yang berbeda, yaitu kolam pertama yang berisi sumber mata air panas yang mengandung belerang dan kolam kedua dengan air biasa.

Baca juga: Baca Juga: Ngarsopuro Night Market, Tempat Favorit Habiskan Malam Minggu di Solo

Diberi nama ‘Umbul’ karena sumber mata air panas yang muncul selalu disertai dengan adanya gelembung-gelembung yang muncul dari dasar kolam. Umbul sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya naik.

Gunung Andong

Bagi Anda yang menginginkan sedikit tantangan, berwisata ke Gunung Andong di Magelang bisa menjadi salah satu pilihan. Tempat wisata alam yang satu ini sangat menarik minat wisatawan karena bentuknya yang unik. Gunung Andong yang merupakan sebuah gunung bertipe perisai ini memiliki ketinggian sekitar 1.463 meter sehingga untuk mencapai puncak Anda harus melakukan  pendakian yang cukup berat. Ingin menikmati keindahan gunung ini? Siapkan saja mental dan fisik Anda ya…

Belanja di Pecinan

Jika Jogja punya Malioboro, Magelang tak mau kalah. Jalan Pemuda atau lebih dikenal dengan nama Pecinan ini sering disebut-sebut sebagai Malioboro-nya kota Magelang. Anda bisa mencari segala jenis kebutuhan mulai alas kaki, pakaian, elektronik, kuliner hingga perhiasan di kawasan perbelanjaan ini. Mayoritas penghuni di kawasan ini adalah orang Tionghoa sehingga obyek wisata perbelanjaan ini disebut dengan Pecinan.

Punthuk Setumbu

Ingin berburu sunrise? Anda bisa berkunjung ke Punthuk Setumbu, bukit dengan ketinggian 400 meter dpl  yang berada di  Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari bukit ini Anda bisa menyaksikan pesona matahari terbit serta keindahan candi Borobudur di pagi hari. Anda hanya memerlukan waktu pendakian sekitar 15 menit dari tempat parkir di kaki bukit. Namun, Anda harus berangkat lebih awal agar bisa berada di puncak sebelum jam 5 pagi. Untuk dapat menikmati pesona sunrise di Punthuk Setumbu, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15ribu rupiah saja per orang.

Gereja Ayam

Tempat wisata unik lainnya yang ditawarkan Magelang adalah Gereja Ayam. Disebut sebagai Gereja Ayam. Karena tempat wisata yang berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang ini memiliki bentuk bangunan menyerupai ayam. Posisi ayam yang sedang duduk di tanah dengan mahkota di kepalanya. Padahal menurut sang pemilik, Daniel Alamsjah. Bangunan ini sebenarnya dirancang berbentuk sebuah burung merpati namun ketika selesai rumah do’a ini ternyata lebih menyerupai sebuah ayam. Karena keunikan bentuknya inilah Gereja Ayam kini banyak dilirik wisatawan.

Selain enam obyek wisata yang sudah disebutkan, Magelang masih mempunyai banyak lagi tempat wisata yang menarik dan juga unik.  Tunggu ulasannya di artikel kami berikutnya ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *