5 Tempat Populer di Budapest Paling Sering Dikunjungi Turis

Budapest merupakan salah satu destinasi wisata kota tua yang paling populer di Eropa. Kaya akan bangunan – bangunan megah yang punya nilai seni dan sejarah tinggi. Keindahan detak kota yang terbelah sungai Danube sulit terlukiskan kata. Untuk lebih mengetahui dan mengenali kecantikan Budapest, langkah terbaik adalah berkunjung langsung ke sana. Berikut tempat populer di Budapest yang paling sering dikunjungi turis:

Buda Castle

Menjelajahi Budapest tak bisa lepas dari banyaknya gedung – gedung antik yang megah dan masih berdiri kokoh hingga zaman modern seperti sekarang. Deretan gedung indah bisa dijumpai di sepanjang jalur sisi kanan dan kiri sungai Danube.

Royal Palace dan Royal Castle misalnya. Kompleks istana ini merupakan sebuah bangunan antik dibangun pada abad ke-11. Luasnya mencapai 4 km persegi.

Sistem kerajaan yang dianut bangsa Budapest, membuat negara ini dihiasi banyak istana megah dan kastil – kastil bergaya Baroque yang mewah. Raja Hungaria secara turun – temurun mendiami istana dan kastil beserta kerabat dan keluarga. Dari kejauhan, Castle Hill terlihat megah di atas puncak bukit. Dahulu istana ini sengaja dibangun di atas bukit untuk memudahkan dari segi pengawasan dan keamanan terhadap serangan musuh maupun banjir.

Sementara itu, Buda Castle tampak lebih mudah dikenali karena memiliki kubah tunggal di bagian atap dengan warna hijau mencolok. Dinding sepanjang 300 meter dibangun untuk memisahkan sisi sungai dan jalur pengguna jalan.

Hungarian Parliament Building atau Országház

Gedung para petinggi negara Budapest mengambil keputusan ini memang memiliki arsitektur yang cukup unik. Mirip seperti masjid dengan kubah melengkung di atasnya. Berada di tepi sungai Danube, tepatnya di Lajos Kossuth Square. Gedung legislatif tertua di Hungaria ini seolah menjadi ikon kota yang menjadi latar belakang selfie ataupun panorama kartu pos cetak.

Baca juga: Masjid Raya Sultan Riau, Kemegahan Tempat Ibadah Sultan Riau Tertua di Pulau Penyengat

Szechenyi Bath (Pemandian Air Panas)

Bukan hanya Jepang saja yang hobi berendam air panas di rumah – rumah onsen. Kota Budapest juga memiliki rumah pemandian tua yang dibangun pada abad ke-18. Pemandian mewah ini dibangun tahun 1909 dengan konsep mirip istana bergaya Baroque baru khas Eropa.

Tak tanggung – tanggung, luasnya mencapai 6. 000 meter persegi. Ada 2 sumber mata air panas yang memancar mengandung mineral alami seperti sulfur, magnesium, kalsium dan belerang. Kandungan mineral alami inilah yang bermanfaat untuk terapi kesehatan dan sering dipakai untuk berendam warga lokal.

Tersedia 15 kolam indoor dan 3 kolam terbuka. Suhu air pun bermacam – macam, namun rata – rata 27 derajat celcius hingga 38 derajat celcius.

Tidak hanya berenang atau berendam, pengunjung yang ingin meningkatkan kesehatan dapat menggunakan fasilitas sauna, pijat, refleksi dan totok syaraf. Buka setiap hari mulai pagi hingga malam, jadi tak perlu ragu untuk berkunjung guna melepas lelah seharian berkeliling Budapest.

Shoes on the Danube

Bukan belanja fashion berupa sepatu, tetapi sebuah monumen unik yang berbentuk sepatu di sisi timur Budapest. Tepatnya di Zoltan Street, sekitar 250 meter dari Gedung Parlemen Hungaria. Monumen terbuat dari perunggu ini memajang deretan sepatu – sepatu di sepanjang dinding tanggul aliran sungai. Sepatu ini bukan sepatu biasa, tetapi replika sepatu yang dipakai 3500 warga Yahudi Budapest ketika dibantai hingga meregang nyawa di tangan fasis Arrow Cross saat Perang Dunia ke-2, tahun 1945.

Chain Bridge

Satu tempat wisata yang paling bersinar di Budapest dan tak pernah dilewatkan para traveler adalah Jembatan Budapest atau Chain Bridge. Berdiri kokoh melintasi sungai Danube, Chain Bridge menjadi penghubung antara kota di sisi timur dan barat Budapest. Maklum saja, kota tua Budapest memang terbelah dua oleh aliran sungai Danube.

Dibangun pada 1849, jembatan yang memiliki panjang sekitar 375 meter dan lebar 15 meter ini mengusung konsep jembatan gantung seperti jembatan di New York,  Amerika Serikat,  Brooklyn Bridge. Ada dua buah tiang beton yang menjadi penopang, kemudian jalur lintasan tergantung pada rantai – rantai yang menjuntai dan menjadi sebutan Chain Bridge.

***

Pastikan Jari adventure sebagai mitra terbaik perjalanan wisata ke Budapest dan destinasi favorit terbaik di Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.