Kembali Wisata ke Malaysia, Kunjungi Tempat Menarik di Kuching untuk Liburan

Berwisata ke Malaysia belum lengkap rasanya bila tak singgah ke kota Kuching. Selain Kuala Lumpur, Kuching juga menjadi destinasi wajib saat berlibur ke Malaysia. Ada banyak sekali tempat wisata di Kuching untuk liburan, baik Bersama teman maupun keluarga.

Kota Kuching bisa menjadi alternatif baru saat melakukan perjalanan di Malaysia. Untuk menuju kota ini, Anda perlu menggunakan transportasi udara dan bisa juga mengendarai bus mulai dari kota Pontianak.

Ibu kota dari Serawak ini memang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Tak perlu disangkal lagi, tentunya berlibur di sini sangatlah mengasyikkan. Apa saja destinasi wisatanya? Berikut diantaranya

 

1.      Fort Margherita

Bagi para penggemar sejarah, Fort Margherita bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya. Fort Margherita adalah benteng yang sudah berdiri sejak tahun 1879 oleh Charles Brooke.

Bangunan ini cukup penting karena menjadi landmark bagi kota Kuching. Selain berwisata, Anda dapat menambah pengetahuan di benteng ini.

Nama Margherita diambil dari nama istrinya yang bernama Margaret Alice Lili de Windt. Selepas berkunjung, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung Kuching dan Main Bazaar yang terletak tak jauh dari benteng.

 

2.      Masjid Agung Kuching

Kultur Malaysia memang sedikit mirip dengan Indonesia, salah satunya ialah Sebagian penduduknya beragama Islam. Itulah mengapa cukup mudah untuk menemukan masjid di Kota ini.

Masjid Agung Kuching sudah berdiri sejak tahun 1852 sekaligus menjadi masjid paling tua. Terdapat berbagai keistimewaan, seperti ribuan nisan kuno yang tersebar di seluruh halaman masjid.

Halaman ini merupakan lokasi pekuburan lama bagi masyarakat Kampong Air.

Dengan luas mencapai 4 hektar, masjid ini dapat menampung hingga 4000 orang jamaah.

 

3.      Cat Museum

Bagi para pecinta kucing, museum yang satu ini tidak boleh Anda lewati. Cat Museum nyatanya telah berdiri sejak tahun 1993 silam dan terletak di Bukit Siol.

Saat masuk, Anda akan melihat lebih dari 4 ribu koleksi segala hal yang berhubungan dengan kucing. Yang paling menarik perhatian ialah mumi kucing Mesir dan berbagai koleksi tokoh kartun kucing.

 

4.      Kuching Orchid Garden

Tempat wisata di Kuching untuk liburan selanjutnya adalah Kuching Orchid Garden. Taman kota ini berisi berbagai koleksi bunga anggrek hingga mencapai 112 spesies.

Tebak berapa jumlah tanaman di taman ini? Mencapai 79 ribu bunga, lho! Anda dapat melihat spesies Borneo yang paling terkenal, yakni Lady Slipper.

Bagi para penggemar tanaman anggrek, taman ini tak boleh dilewatkan.

 

5.      Chinatown

Salah satu tempat wisata di Kuching untuk liburan yang selalu ramai wisatawan ialah kota Kuching. Tak melulu soal kelenteng yang kental akan nuansa oriental, Chinatown juga memiliki berbagai daya Tarik lainnya.

Mulai dari barang dengan harga murah, penginapan, serta wisata kuliner di resto kaki lima yang murah di kantong.

Tersedia 2 gerbang masuk menuju Chinatown, yakni Jala Pandungan dan dekat Carpenter Street.

 

baca juga:

Tempat Wisata di Madinah yang Wajib Dikunjungi Jamaah Saat Umrah

 

6.      Gunung Mulu

Tempat wisata yang satu ini memiliki struktur pegunungan mirip dengan yang ada di Indonesia. Seperti gua dan batu kapur indahnya.

Cocok untuk Anda yang suka melakukan trekking ke gunung. Gunung Mulu juga dekat dengan objek wisata Bukit Lambir yang terkenal akan air terjun dan satwa liarnya.

Ekosistem didalamnya dijaga ketat sehingga sering menjadi lokasi kegiatan lintas alam untuk para pelajar.

 

7.      Sarawak Old Museum

Museum ini tergolong museum yang cukup tua karena dibangun pada tahun 1891. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi artefak dan kerajinan tangan khas Kota Kuching.

Selain menjadi ajang berwisata, tempat ini juga dapat menambah pengetahuan untuk Anda dan keluarga.

 

8.      The Esplanade Kuching

Tempat wisata yang satu ini terletak di perairan, tepatnya di pusat kota Limbang, Malaysia di tepi sungai Sarawak.

Biasanya, The Esplanade Kuching ramai saat sore karena pemandangan lingkungannya yang mengarah ke arah matahari terbenam.

Pemandangan sunsetnya termasuk pemandangan sunset terindah di sini. Anda bisa menyewa perahu kecil sambil menikmati sore hari di tepi sungai Sarawak.

 

Masih banyak destinasi wisata di Kuching yang bisa mengisi waktu liburan Anda dengan seru dan menyenangkan. Sudah siap berkunjung?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.