7 Tempat Melihat Aurora yang Paling Mencengangkan

 

Aurora borealis layaknya keindahan dunia lain. Fenomena yang disebut juga cahaya utara ini terjadi ketika partikel bermuatan dari matahari terperangkap di medan magnet bumi.

Hasilnya adalah pertunjukan cahaya yang penuh warna dan memikat. Menyaksikan langsung aurora merupakan impian bagi banyak orang. Untuk memperbesar peluang melihatnya, coba kunjungi tempat-tempat berikut.

 

  1. Islandia

Bahkan tanpa cahaya utara, Islandia adalah tempat yang sangat layak untuk dikunjungi. Dengan adanya gletser, geyser, air terjun besar, dan gunung berapi.

Baik garis lintang maupun garis bujur negara itu mendukung pemandangan aurora, tetapi cuacanya tidak selalu bekerja sama. Namun, jalan pantai yang bagus di seluruh negeri memungkinkan Anda menatap langit paling cerah.

Untuk melihat aurora terbaik, cobalah berkunjung ke Gunung Kirkjufell di pantai barat. Dalam aktivitas di ketinggian, Anda bahkan dapat mengintai cahaya utara dari pinggiran kota Reykjavík. Namun, Mercusuar Grotta adalah tempat menonton yang populer.

Di seluruh negeri, pengamat langit dapat menikmati cahaya aurora dari hot tub outdoor, di dalam pondok Buubble, dan dari laguna sumber air panas. Sebaiknya berkunjung akhir Agustus hingga awal April.

 

  1. Fairbanks, Alaska

Terletak hanya dua derajat di bawah Arktik dekat bandara internasional dan dekat dengan Taman Nasional Denali yang mengesankan, Fairbanks adalah tempat terbaik di AS untuk menikmati cahaya utara.

Bahkan, Fairbanks memiliki sistem ramalan sendiri dan menawarkan tur untuk membawa pengunjung jauh dari lampu-lampu kota. Sebaiknya berkunjung di akhir Agustus hingga pertengahan April.

 

  1. Yellowknife, Kanada

Ibu kota Wilayah Barat Laut di tepi Danau Great Slave ini menawarkan Desa Aurora sendiri dan kegiatan khusus untuk wisata berbasis pengamatan cahaya utara.

Sebaiknya berkunjung pada pertengahan Agustus hingga akhir April. Untuk Churchill dan Wood Buffalo, awal Agustus hingga awal Mei.

Kanada adalah surga untuk melihat aurora, berkat garis lintang utara dan polusi cahaya yang rendah. Di tempat lain di negara ini, Wood Buffalo dan Taman Nasional Jasper adalah tempat menonton yang populer.

 

baca juga:

Hotspot Musim Semi Dunia, Mengagumi Keindahan Bunga khas Jepang Sampai Inggris

 

  1. Troms, Norwegia

Daerah perkotaan terbesar di Norwegia utara adalah 217 mil di utara Lingkaran Arktik, tetapi berkat Arus Teluk, garis pantai memiliki suhu yang sangat sedang.

Tempat ini juga memiliki pemandangan indah, fjord yang megah, dan Pegunungan Alpen Lyngen.

Cobalah saksikan aurora spektakuler di desa Ersfjordbotn, 12 mil dari Troms. Lokasi populer lainnya di negara ini adalah Kepulauan Lofoten dan kota-kota jauh di utara Alta, Nordkapp, dan Kirkenes.

Sebaiknya jadwalkan kunjungan Anda pada pertengahan September hingga akhir Maret.

 

  1. Swedia Utara dan Finlandia

Kota paling utara Swedia, Kiruna, adalah pintu gerbang untuk menyaksikan atraksi terdekat. Ada Icehotel, Taman Nasional Abisko yang bergunung-gunung, budaya Sami lokal, dan rusa kutub berlimpah.

Sebuah perjalanan singkat dari kota akan membawa Anda ke tempat yang bagus untuk melihat aurora. Cuaca di sini jauh lebih stabil daripada pantai Norwegia, tetapi juga lebih dingin. Jadwalkan kunjungan pada pertengahan September hingga akhir Maret.

Di wilayah Lapland Finlandia, Rovaniemi berfungsi sebagai kota gerbang ke taman nasional terdekat, di mana pada musim dingin Anda dapat melihat pohon-pohon beku yang tertutup salju atau disebut juga patung Tykky bersamaan dengan munculnya cahaya utara.

 

  1. Greenland

Mungkin terlalu jauh ke utara untuk melihat aurora borealis sebagaimana yang terjadi di Greenland. Meski begitu, pergilah lebih jauh ke selatan untuk melihat aurora yang indah dan atraksi. Seperti gletser qaleraliq, temukan gunung es kecil yang mengapung bahkan di musim panas.

Waktu kunjungan terbaik adalah pertengahan Agustus hingga akhir April di selatan dan akhir Agustus hingga pertengahan April di Nuuk.

 

  1. Tasmania dan Selandia Baru

Anda lebih sering mendengar tentang cahaya utara daripada cahaya selatan (aurora australis) karena ada lebih sedikit lokasi untuk melihat aurora dari belahan bumi selatan.

Kesempatan terbaik Anda adalah di ujung selatan Tasmania (Australia) dan Selandia Baru, di mana langit yang gelap akan membantu melihat aurora aktif di cakrawala selatan.

Itu adalah tempat terdekat yang dapat diakses dengan kutub magnet selatan, di luar Antartika. Anda dapat berkunjung sepanjang tahun, tetapi peluang terbaik Anda mendekati ekuinoks.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.