Selain Labuan Bajo, Ini Daftar Tempat Eksotis NTT yang Bisa Dilihat Wisatawan

Nusa Tenggara Timur bukan hanya soal Labuan Bajo-nya saja. Namun, ada banyak deretan pantai yang menawan.

Serta, masih ada Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil menjadi pilihan yang tepat untuk wisatawan lokal maupun internasional.

Berikut ini destinasi wisata di NTT yang bisa kamu kunjungi saat berlibur selain Labuan Bajo.

 

Taman Nasional Kelimutu

Tribun Travel –

Taman Nasional Kelimutu ini pernah ada di mata uang Rp. 5000 edisi lama. Sehingga, pasti banyak yang kenal dengan obyek wisata Taman Nasional Kelimut.

Destinasi ini memiliki danau tiga warna yang amat cantik ketika dilihat saat matahari terbit. Perpaduan warna yang sangat unik menjadi salah satu fenomena alam yang luar biasa.

Bahkan, mungkin hanya bisa kamu temukan di Gunung Kelimutu.

Ditambah lagi dengan luas sekitar 4,5 hektar kamu bisa melihat kehidupan berbagai spesies flora dan fauna di kawasan hutan ini.

 

Wae Rebo

beritaflores

Nusa Tenggara Timur memang terkenal akan keindahan alamnya namun NTT juga terkenal akan adat serta budaya yang masih melekat.

Terbukti masih banyak sekali desa adat yang bertahan di NTT dan wajib kamu kunjungi, salah satunya desa adat Wae Rebo yang dikenal dengan sebutan negeri di atas awan.

Untuk mencapai desa adat Wae Rebo ini, kamu harus mendaki gunung dengan jarak tak kurang lebih dari 4-5 jam perjalanan.

Sesampainya di Wae Rebo kamu bisa menginap di rumah penduduk sambil merasakan kehidupan masyarakat adat desa ini.

Kamu akan mendapatkan pengalaman menjalani kehidupan tradisional yang jauh dari modernisasi dan teknologi.

Atau mungkin kamu akan mencoba menumbuk padi dan kopi serta membuat tenun khas Wae Rebo yang sering lalu lalang di instagram artis-artis.

 

Air Terjun Cunca Wulang

nativeindonesia

Untuk menemukan Air Terjun Cunca Wulang, berarti kamu harus bersiap mencari harta karun yang tersembunyi dengan perjalanan yang menantang.

Kawasan ini kerap disebut dengan Grand Canyon-nya Amerika. Lengkap dengan air terjun yang jernih dan segar.

Dan tampilan warna kebiru-hijauan sehingga membuat refleksi sinar matahari yang menembus ke dalam terlihat sangat cantik.

Disana kamu juga bisa digunakan untuk berendam atau berenang. Banyak wisatawan yang menjadikan batu-batu kapur besar sebagai titik lompat untuk masuk ke dalam air.

 

Sawah Lingko

idntimes

Berlokasi di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai ini masih dalam kawasan wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Memiliki nilai budaya yang sangat tinggi bagai masyarakat lokal Manggarai.

Karena untuk pembagian lahan pertanian Sawah Lingko masih dibagi menurut adat istiadat yang dianut dan dipercaya masyarakat setempat.

Pembagian sawah ini kalau dilihat dari jauh akan membentuk jaring laba-laba dan pastinya ketika di foto dari ketinggian akan terlihat instagramable yang berlatar belakang sawah.

Sawah Lingko memiliki luas 100 hektar dengan pemandangan indah sehingga terbayar lunas begitu mencapai puncaknya.

 

Pantai Koka

backpackerjakarta

Terletak di Wolowiro, Sika dan berjarak 35 kilometer dari pusat kota Maumere. Sehingga wajar kalau pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan selain itu pantai ini terbilang cukup tersembunyi.

Namun setelah kamu mencapainya, pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah cantiknya seperti pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang kebiruan.

Di pantai ini kamu juga bisa menikmati pesona keindahan wisata lainnya yaitu Goa Lia Wio Yang yang berada di Bukit Rodja. Namun goa ini hanya bisa kamu kunjungi ketika air surut karena memiliki kedalaman sekitar 500 meter.

 

Puncak Gunung Inerie

inews

Kamu gemar mendaki bukit dan gunung, berarti kamu cocok untuk berpetualang ke gunung Inerie. Puncak Gunung Inerie ini cukup ekstrim karena menyerupai piramida.

Salah satu gunung berapi tertinggi di Flores yang kerap dijuluki “Piramida Alam” dengan bentuknya yang menjulang dan mengerucut.

Ditambah lagi kamu harus melewati trek savana, trek berbatu yang cukup tajam hingga pasir yang membuat agak sulit berpijak.

Selain itu adanya Kawah Inerie dengan kedalaman mencapai 150 meter sehingga membuat kamu harus ekstra berhati-hati agar tidak tergelincir masuk.

 

baca juga:

Desa Wisata Okura dan Kawah Biru, Harus Kamu Lihat Saat Berlibur ke Pekanbaru

 

Pulau Komodo

Travel – Dream.co.id

Objek wisata NTT yang satu ini cukup popularitas terlebih lagi sudah mendunia dengan habitat asli yaitu Komodo. Disini kamu akan melihat satwa yang dilindungi berlalu lalang.

Kalau kamu masih ingin menikmati pantai, kamu bisa melipir ke Pink Beach, menyebrang ke pulau Padar atau pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Komodo.

Atau kamu ingin menikmati indahnya alam bawah laut di perairan Pulau Komodo pun bisa kok.

 

Jadi cukup banyak kan wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur selain Labuan Bajo. Lalu apakah kamu sudah menentukan destinasi wisata di NTT yang paling cocok untuk masuk agenda perjalanan selanjutnya?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.