Telusur Jejak Sejarah Epik Medan yang Menakjubkan

Salah satu kota besar dan padat di pulau Sumatera adalah Kota Medan. Medan memiliki banyak daya tarik, salah satunya adalah destinasi wisatanya.

Medan memiliki banyak destinasi wisata yang unik, entah itu alamnya yang mempesona, wisata bermain, hingga wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi.

Beberapa wisata sejarah di Medan akan memberikan pengetahuan tentang masa lampau dari kota Medan, budaya, dan seninya.

Jika Anda berlibur ke Medan, maka pastikan Anda sempat untuk berkunjung ke wisata sejarahnya. Ajaklah anak atau keluarga Anda agar pengetahuan mereka lebih bertambah.

Beberapa tempat wisata sejarah di Medan yang patut Anda kunjungi adalah sebagai berikut :

Istana Maimun

paketwisatadanautoba.net

 

Istana Maimun adalah destinasi wisata sejarah yang wajib sekali Anda kunjungi jika sedang berada di kawasan Medan. Bangunan ini adalah saksi sejarah dari perkembangan Islam di Medan.

Sesuai namanya, bangunannya didirikan oleh Sultan Maimun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Ia adalah keturunan ke -9 dari Kesultanan Deli.

lihat.co.id

 

Berkunjung ke Istana Maimun akan membuat Anda terpesona akan bangunannya. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan arsitektur India, Islam, Melayu, Italia, hingga Spanyol.

Arsitektur uniknya lah yang menjadi daya tarik tersendiri. Di dalamnya juga terdapat beberapa benda peninggalan dari sejarah Kesultanan Deli.

Meskipun termasuk destinasi wisata yang memukau, tiket yang dibandrol untuk masuk ke Istana Maimun sangat terjangkau, yaitu hanya 5 ribu rupiah saja per orangnya.

Anda bisa menyewa baju adat Melayu dan berfoto hanya dengan membayar 15 hingga 30 ribu rupiah saja.

Masjid Raya Al-Mashun

inibaru.id

Masjin Raya Al-Mashun juga kerap kali dikenal dengan nama Masjid Raya Medan. Masjid ini berada dekat dengan Istanan Maimun, tepat di seberangnya.

Masjid Raya Al-Mashun adalah bangunan yang juga peninggalan dari Kesultanan Deli. Arsitekturnya juga mengangkat konsep gaya India, Timur Tengah, dan Spanyol sehingga menghasilkan bangunan yang indah.

Irfan.ID

 

Di dalamnya, Anda bisa menemukan Al-Quran dengan ukuran sangat besar yang umurnya sudah mencapai ratusan tahun.

Baca juga:

Keindahan Air Terjun Madakaripura yang Tak Terkira, Bikin Mulut Ternganga!

Rumah Tjong A Fie

Salah satu bangunan bersejarah lainnya yang patut Anda kunjungi. Rumah Tjong A Fie merupakan bangunan bersejarah yang terletak di Jalan Ahmad Yani Medan.

Rumah ini adalah rumah dari Tjong A Fie, ia adalah seorang saudagar kaya yang berasal dari Tiongkok. Dulunya ia tinggal di kota Medan. Tjong A Fie adalah tokoh yang sangat dihormati oleh Pemerintah Belanda pada masanya serta Sultan Deli.

Rumah Tjong A Fie memiliki arsitektur yang berasal dari perpaduan gaya Melayu, Tiongkok, serta Eropa. Anda juga akan menemukan beberapa benda bersejarah di dalamnya. Tiket masuk ke Rumah Tjong A Fie dibandrol seharga 35 ribu saja per orangnya.

Museum Negeri Sumatera Utara

instanbooking.id

Sesuai namanya, museum yang satu ini berisi tentang hal hal bersejarah dari Sumatera Utara. Museum Negeri Sumatera Utara wajib Anda kunjungi saat berada di kawasan Medan.

Bangunan dari museumnya cukup unik karena mengangkat arsitektur dari bentuk rumah adat tradisional Sumatera Utara.

Bagian atapnya dibuat dengan ornament berbagai etnis seperti Batak Toba, Melayu, Simalungun, Mandailin, Karo, Nias, dan juga Pakpak.

Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai benda dari masa pra sejarah, masa Hindu Budha, hingga masa penyebaran agama Islam.

Kotak Sejuta Mimpi

 

Benda yang dipamerkan tak hanya dari Sumatera saja, ada pula beberapa benda yang didaptakan dari daerah lain seperti Thailand.

Anda bisa berkunjung ke museum ini di hari Selasa hingga Kamis di jam 8 pagi hinga 4 sore. Sedangkan di hari Jumat hingga Minggu pada jam 8 pagi hingga setengah 4 sore.

Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 3 ribu rupiah saja per orangnya untuk masuk ke dalam museum. Letaknya berada di Jalan H.M. Joni No. 15, Medan.

Kawasan Kota Tua Medan

window of my world

 

Bagi Anda yang suka dengan aktivitas memotret, maka Anda wajib berkunjung ke kawasan Kota Tua Medan. Suasana yang akan Anda rasakan di kawasan ini ialah seakan-akan Anda sedang berada di zaman kolonial Belanda. Kawasan ini berada di Jalan Ahmad Yani, Medan.

Di sini Anda bisa mengunjungi salah satu bangunan terpopulernya yaitu Gedung London Sumatera. Gedung ini sudah dibangun sejak tahun 1906 dengan mengangkat arsitektur Indische Empire.

Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai kantor dari perusahaan milik Harrisons & Crossfield Company. Namun saat ini sudah dimanfaatkan sebagai kantor pusat perusaan dari PT. PP London Sumatera.

***

Perjalanan ke Sumatera menjadi lebih berkesan dan menyenangkan bersama agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Hubungi segera untuk pemesanan dan info lebih lengkap.

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.