Teluk Kiluan Lampung, Permata Wisata Pantai Berkilauan

Salah satu destinasi wisata alam yang indah di Indonesia adalah Teluk Kiluan yang terletak di Provinsi Lampung. Provinsi paling selatan di Pulau Sumatera ini ternyata memiliki kekayaan alam yang tidak kalah indah dan menakjubkan.

Di Teluk Kiluan, Anda dapat menikmati pantai yang mempesona serta bertemu dengan lumba-lumba dan habitat asli nya di lautan. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini, terutama para traveler bahkan para pecinta alam.

Untuk menuju ke Teluk Kiluan, Anda akan lebih teruji adrenalinnya karena melalui medan dan tantangan yang sulit. Terutama jalan dan akomodasi yang belum terlalu bagus dan tidak nyaman membuat perjalanan Anda ke sini menjadi lebih menantang.

Namun, semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang ditawarkan oleh Teluk Kiluan. Pasir pantainya yang putih sert langit yang biru cerah menambahkan kesan yang eksotis.

Apa saja yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi Teluk Kiluan? Apa saja daya tariknya? Mari kita lihat beberapa poin berikut ini.

  1. Bertemu Lumba-lumba

soultrips.id

Hal yang terunik dari teluk ini adalah Anda dapat bercengkrama langsung dengan lumba-lumba cantik di lautan lepas. Pemandangan langka ini dapat Anda dapatkan terutama jika Anda sudah berada di sini sekitar jam 6 pagi. Lumba-lumba sendiri merupakan salah satu hewan laut yang mulai punah dan jarang ditemukan. Mereka sudah biasa melihat perahu dan manusia yang menyapanya di lautan bebas.

Teluk Kiluan berisi lumba-lumba yang diklaim sebagai lumba-lumba terbesar di Asia. Di dalamnya terdapat dua jenis lumba-lumba. Yang pertama adalah lumba-luma jenis Hidung Botol atau Tursiops Truncaturs. Lumba-lumba Hidung Botol dikenal lebih pemalu meskipun memiliki badan lebih besar. Jenis lainnya adalah Lumba-lumba Paruh Panjang atau Stenella Longirostris. Badannya memang lebih kecil namun terkenal agresif. Kedua jenis lumba-lumba ini juga sudah akrab dengan manusia di perahu jadi Anda tidak perlu khawatir akan adanya serangan dari lumba-lumba tersebut.

  1. Laguna Gayau

blogspot.com

Daya tarik kedua dari Teluk Kiluan adalah wisata Laguna Gayau yang berupa kolam renang alami di balik bukit teluk ini. Kolam renang alami ini menandakan airnya bersih tanpa bahan kimia layaknya kolam renang umum. Bagi Anda yang merupakan traveler dan pecinta alam sejati, Anda wajib mencoba Laguna Gayau. Luasnya tidak terlalu besar hanya sekitar 5 meter saja, namun destinasi ini lebih menantang dan eksotis. Kolam renang ini terbentuk alami oleh alam bebatuan dan air laut. Percikan air laut akan terasa bila sudah di dalamnya dan memberikan dampak positif seperti mengobati rasa lelah dan penat. Percikan itu membuat pemandangan yang lebih indah dan alami sehingga banyak wisatawan yang berfoto dengan background percikan air tersebut.

  1. Pulau Kelapa

Flickr.com

Destinasi lainnya dari Teluk Kiluan adalah Pulau Kelapa. Pulau Kepala biasa disebut juga dengan Pulau Kiluan. Luasnya hanya sekitar 6 hekyar namun Anda dapat menikmati keindahan pulau kecil ini di tengah teluk. Anda dapat duduk dan berkumpul di atas pasir bersama keluarga serta bersantai. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan perjalanan sekitar 10 – 15 menit dengan menumpang jukung dari Desa Kiluan Negeri.

  1. Snorkeling

Di Pulau Kelapa, Anda juga dapat mencoba wisata lainnya yaitu snorkeling. Lokasi nya tidak jauh dari pantai di Pulau Kelapa. Anda akan disajikan dengan berbagai jenis ikan hias serta binatang laut lainnya. Anda juga dapat melihat keindahan terumbu karang di bawah laut. Terumbu karang memang dangkal, namun Anda harus berhati-hati karena ombak laut dapat menghempaskan tubuh Anda dan menabrak terumbu karang. Keindahan terumbu karang juga harus terjaga dan jangan sampai tertabrak lalu rusak. Banyak orang yang tidak begitu mahir ber-snorkeling sehingga tidak sengaja menginjaknya.

  1. Sunset Pantai Teluk Kiluan

blogspot.com

Sunset sudah menjadi wisata alam yang sangat indah bila dilihat dari pinggir pantai. Di Teluk Kiluan, keindahan sore harinya benar-benar memukau. Lembayung sore berwarna oranye di seluruh langit bagian pantai kiluan membuat mata Anda termanjakan.  Tidak hanya itu, pantulan cahaya bulan purnama juga sangat indah tepat berada di atas lautan. Duduk di pinggiran pantai dan menikmati embusan angin sepoi-sepoi dapat membuat Anda melupakan segala lelah dan penat yang melanda. Sensasi sunset yang sangat indah akan Anda dapatkan di sini.

Eksotisnya Teluk Kiluan di Lampung dapat menjadi pilihan Anda untuk travelling atau sekedar menghilangkan penat. Berbagai keistimewaan alam yang terdapat di sana membuat Anda menjadi lebih fresh dan bahagia.

Baca juga:

Surga Snorkeling Paling Kekinian, Yuk ke Pulau Abang Batam

***

Dapatkan pengalaman liburan yang berkesan dan bebas repot mengurusi akomodasi atau tiket masuk atraksi wisata di tempat destinasi dengan jasa agen travel wisata, Jari Adventure.

Jasa travel wisata yang melayani berbagai kebutuhan perjalanan seperti outbond, gathering, exhibiton, study tour dan wisata lainnya. Nikmati pengalaman wisata yang sesungguhnya bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.