Telaga Warna, Wisata Alam Unik khas Bogor

Telaga WarnaKota Bogor terkenal sebagai destinasi wisata, terutama kawasan puncak yang selalu ramai wisatawan saat akhir pekan atau datangnya musim liburan. Kebanyakan pengunjung yang datang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota besar yang melelahkan.

Nah, di kawasan Pass Cisarua Bogor terdapat sebuah tempat wisata menarik yang dikenal dengan Telaga Warna. Taman Wisata Telaga Warna ini dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam dan telah menjadi wisata andalan di kawasan Puncak Bogor. Selain pemandangan perkebunan teh yang luas di atas ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, udaranya pun terasa sangat sejuk dan segar.

Akses lokasi ke Telaga Warna

Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah, karena posisinya yang berada dekat dengan Puncak Pass. Bagi para traveler yang berangkat dari kota Bogor, Telaga Warna akan berada di sebelah kiri jalan menuju puncak pass, tepatnya sekitar 2 km dari masjid Ta’awwun. Tempat wisata ini buka  mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dan untuk memasuki tempat ini pengunjung akan dipungut biaya sebesar Rp. 7.500 per orang. Cukup murah ya!

Telaga Warna seluas 1,5 hektar ini tidak hanya menyajikan panorama alam yang asri dan bebas polusi, tapi juga memiliki keunikan tersendiri sehingga mampu memancing rasa penasaran dari para pengunjung. Bukan hanya wisatawan dalam negeri saja lho, tapi ada juga turis mancanegara yang menyempatkan datang ke sini. Sesuai dengan namanya, telaga ini punya warna air yang berubah-ubah. Bahkan menurut pengamatan yang dilakukan, ada tujuh warna yang dapat ditemui saat berkunjung ke sini.

Warna berubah-ubah

Pada saat-saat tertentu, air di dalam telaga dapat berwarna hijau, menyatu dengan warna pohon di sekelilingnya. Di lain kesempatan, airnya kadang berubah menjadi cokelat, kuning terang, dan juga kuning gelap. Teori ilmiah menyebutkan, perubahan ini disebabkan oleh perubahan warna algae yang tumbuh di perairan telaga. Ada pula yang berpendapat 7 perubahan warna tersebut disebabkan oleh pantulan sinar matahari yang menyinari tumbuh-tumbuhan di sekeliling telaga. Apapun teori yang beredar, rekan traveler dapat membuktikan sendiri keunikannya dengan mengunjungi Telaga Warna.

Baca Juga:

Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Biasanya tempat wisata seperti ini selalu dikaitkan dengan legenda atau cerita mistis, tidak terkecuali Telaga Warna. Konon tempat ini adalah peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin Prabu Suarmalaya. Beliau dianugerahi seorang puteri yang bernama Purbamanah. Ketika sang puteri dewasa, sang Prabu menghadiahinya sebuah kalung yang kurang berkenan di hati sang puteri. Karena kesedihannya, sang puteri pun menangis dan tiba-tiba dari dalam pendopo kerajaan juga turut mengalir air deras yang semakin membesar dan menenggelamkan kraton kerajaan.

Terlepas dari kisah mistis di belakangya, menghabiskan waktu dengan beraktifitas di Telaga Warna memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh kalangan usia. Sesuai dengan objek wisatanya yang berupa telaga, wahana air jadi kegiatan andalan yang disukai para wisatawan.

Tur keliling Telaga Warna

Rekan traveler dapat menyewa perahu kecil atau sepeda air, untuk digunakan menikmati keindahan alam dengan mengelilingi telaga. Sayangnya, di telaga ini ada larangan berenang sehingga buat mereka yang sudah gatal ingin merasakan berendam di dinginnya air telaga harus mengubur keinginan tersebut dalam-dalam.

Selain berkeliling Telaga Warna menggunakan rakit atau sepeda air, rekan traveler juga dapat menguji nyali dan memacu sedikit adrenalin dengan mencoba Flying Fox yang disediakan oleh pengelola. Dengan mengeluarkan sedikit dana tambahan, rekan traveler akan dibawa meluncur sejauh 100 meter di atas permukaan telaga.

Tips wisata ke Telaga Warna

Buat pencinta alam yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar Telaga Warna. Disediakan pula sebuah jalur khusus yang dapat dilintasi dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan, rekan traveler dapat menjumpai beraneka jenis satwa, seperti Kera Abu-Abu dan Lutung. Anda akan menemui  menara pengintai setinggi 13,5 meter, sebagai tempat yang tepat untuk menyaksikan berbagai jenis burung seperti Tekukur, Walet dan Kadanca yang habitatnya ada di sini.

Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, Anda juga berperan besar dalam menjaga kealamian dan keasriannya. Oleh karena itu biasakan untuk ikut menjaga alam, dengan tidak merusak, membakar, membuang sampah, atau mencoret-coretnya. Selain itu, disarankan jika datang ke Telaga Warna, kenakan pakaian hangat. Agar terhindar dari suhu dingin yang dapat menusuk kulit. (jari adventure – det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *