Tebing Keraton, Sensasi Keajaiban Panorama Epic di Dago Bandung

Tebing Keraton – Belum punya rencana liburan akhir pekan? Kenapa tidak ke Bandung. Di ibukota Jawa Barat ini menyimpan sejuta tempat destinasi unik yang tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Namanya, Tebing Keraton. Lokasi yang berada di sekeliling perbukitan indah, menjadi area favorit wisatawan untuk berfoto. Selain itu, ada sebuah puncak yang dilengkapi pagar pembatas, di mana menjadi pusat “menara pandang’ yang menyapu pemandangan 360 derajat di bawahnya dengan leluasa.

Keajaiban Panorama  Tebing Keraton

wisatahits.com

Berada di perbukitan yang ada di wilayah Dago, Bandung, suasana yang berhawa sejuk menjadi pilihan terbaik untuk  menghabiskan akhir pekan yang bebas keramaian kota.

Setiap minggu, setidaknya ratusan bahkan ribuan pengunjung sukses memadati setiap sudut Tebing Keraton untuk menemukan tempat terbaik menyaksikan panorama Sunrise atau Sunset yang berbatasan antara tebing dan cakrawala.

Beruntungnya, pengunjung juga tak perlu bersusah payah menjangkau lokasi. Karena berada di kawasan wisata yang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Yaitu Taman Hutan Rakyat Djuanda. Di kawasan taman rakyat ini, ada banyak pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi membuat lokasi sekitarnya bertambah rindang dan asri.

Sesampainya di pos awal, pengunjung hanya perlu sedikit berjalan kaki menuju area puncak bukit. Jangan datang terlalu siang, karena cuaca panas dan terik pastinya kurang nyaman untuk berlama – lama di puncak bukit ataupun menambah kesulitan saat mendaki.

Letak kawasan Tebing Keraton

LimaKaki.com

Taman Hutan Rakyat Djuanda berada di Kampung Ciharegem, yang masih satu kawasan dengan area Puncak. Tepatnya di Desa Ciburial, Kec. Dago, Kabupaten Bandung Utara, Jawa Barat.

Untuk menjangkau lokasi ini bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Dikarenakan, jalanan menuju jalur wisata Tebing Keraton sudah cukup baik meski sebagian belum diaspal. Ikuti saja, jalur ke arah Terminal Dago di Jl. Djuanda. Atau bertanya pada penduduk setempat.

Biaya masuk tiket ke Tebing Keraton

tebingkeraton.com

Selain tarif parkir kendaraan roda dua seharga Rp 5ribu, dan kendaraan roda empat sebesar Rp 10ribu. Maka, wisatawan juga akan dikenai harga tiket Rp 11ribu. Sementara, tiket masuk untuk turis asing sebesar Rp 76ribu.

Baca juga:

Apa yang bisa dilakukan di Tebing Keraton?

tebingkeraton.com

Lokasi yang dikelilingi hutan yang asri, wisatawan yang berkunjung ke Tebing Keraton dapat menikmati suasana menyejukkan hati dan pikiran. Di dalamnya juga terdapat bangku – bangku, serta pemandangam alam yang indah.

Berfoto selfie atau grup selfie

Bertandang ke Tebing Keraton wajib hukumnya untuk membawa kamera untuk berfoto. Entah itu kamera DSLR ataupun kamera HP selfie. Beberapa lokasi juga memang dirancang untuk menjadi spot foto yang eksis di media sosial.

Golden time saat matahari terbenam atau terbit

Atur waktu yang tepat agar kamu bisa menyaksikan keajaiban panorama saat matahari terbenam dan matahari terbit. Di lokasi ini merupakan puncak tertinggi yang sangat dramatis. Pastinya agar tak kehilangan momen yang ditunggu – tunggu datanglah lebih awal sebelum matahari terbit atau sebelum sore.

Menyelami kehidupan alam bebas di Tebing Keraton

pinterest.com

Untuk yang ingin lebih lama menyelami suasana alam Tebing Keraton, tersedia sejumlah penginapan dan hotel milik warga setempat. Manfaatkan akomodasi yang bersahabat di kantong ini agar kamu lebih mudah menjangkau lokasi Tebing Keraton untuk menyaksikan matahari terbit dengan datang lebih awal.

Mendirikan tenda untuk berkemah

Tak mau keluar ongkos akomodasi? Berkemah adalah pilihan ideal di sekitar Tebing Keraton. Hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 40 ribu. Maka, kamu boleh mendirikan tenda di sekitar area campground.

Area ini sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti toilet air bersih, saung untuk bersantai, mushola, dan menara pandang untuk menyaksikan kehidupan burung – burung liar. Ingin yang lebih nyaman? Menginap saja di pondok Tebing Keraton yang eksklusif. Tarif cuma Rp sekitar Rp 150 ribu per malam.

***

Mau liburan ke Bandung? Biar lebih menyenangkan dan hemat, hubungi Agen Wisata Jari Adventure, yang berlokasi di Jl. Sarimanah Bandung. Liburan asyik dan bebas ribet, Jari Adventure solusinya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *