5 Tips Dapatkan Tarif Becak Murah di Yogyakarta Dari Agen Travel Expert

Tarif Becak Murah di Yogyakarta – Keliling kota Yogyakarta akan semakin seru dengan menumpang moda transportasi umum yang khas. Selain andong atau kereta kuda, ada moda transportasi otentik yang menjadi jati diri Yogyakarta yaitu becak.

Becak di Yogyakarta sudah ada sejak lama untuk mengantar penumpang dan para wisatawan berkeliling kota. Selama perjalanan berkeliling, tak jarang tukang becak di Yogyakarta juga menjelaskan tempat – tempat menarik yang dilewati tak ubahnya seperti tour guide.

Akan tetapi, ulah oknum tukang becak yang nakal masih menghantui pariwisata di Yogyakarta. Jika tak panda tawar – menawar ataupun menegosiasikan harga dan rute, kekecewaan yang didapat karenaharus merelakan uang yang lebih mahal berpindah tangan ke oknum tukang becak jahil. Untuk menghindari terjerat tarif mahal saat naik becak di Yogyakarta, yuk ikuti tips – tips wisata dari para turis yang sudah berpengalaman sebagai berikut:

Kamu harus mempelajari rute apa saja yang akan dilewati

balistarisland.com

Tidak masalah jika kamu adalah wisatawan yang benar – benar “buta” dengan rute di Yogyakarta. Pasalnya, sekarang sudah banyak aplikasi smartphone yang akan menolongmu untuk menunjukkan rute dan jalur tanpa perlu repot atau bingung kesasar.

Aktifkan GPS-mu agar kamu bisa mengetahui jalur yang akan dilewati. Jika tampaknya rute terlalu jauh dan kamu harus membayar, segera komplain agar becak bisa berbalik. Atau setidaknya kamu sudah menegur oknum tukang becak di awal perjalanan.

Negosiasikan harga dan buat kesepakatan agar mendapat Tarif Becak Murah di Yogyakarta

kolektor-wallpaper.blogspot.com

Setelah tahu rute apa saja yang akan dilewati, sekarang saatnya tawar – menawar harga. Biasanya, tarif untuk 1 km adalah Rp 10.000 sampai Rp 15.000. Tarif ini berlaku untuk jarak pendek, karena tukang becak pasti juga akan berpikir dua kali untuk mengayuh becak berjarak terlalu jauh.

Tapi, jika kamu memang ingin ke sebuah lokasi yang jauh atau memang lokasi hotelmu jauh, lebih dari 3 km. Negosiasikan harga antara Rp 30.000 – Rp 35.000, sudah termasuk tip tambahan. Hindari langsung naik becak tanpa nego harga jika tak ingin terjerat tarif becak mahal. Kecuali, kamu memang pergi untuk jarak pendek.

Baca juga:

Kerja sama dengan toko oleh – oleh

demi lingkungan indonesia – blogger

Ibarat strategi marketing yang bergerak, tukang becak di Yogyakarta juga memiliki sinergi dengan toko – toko cinderamata atau toko oleh – oleh yang ada di sekitar Malioboro. Jika tukang becak berhasil membawa wisatawan untuk berbelanja di toko souvenir, nantinya mereka akan diberi imbalan atau komisi sepantasnya. Maka dari itu, jika ada tukang becak yang menanyakan apakah kamu ingin membeli oleh – oleh atau mungkin bertanya sampai kapan kamu di Yogyakarta, siasati dengan jawaban yang pas. Misalnya kamu masih ada acara sampai bulan depan di Yogyakarta dan belum membutuhkan oleh- oleh.

Bisa bahasa Jawa

demi lingkungan indonesia – blogger

Pendekatan secara persuasif juga bisa dijadikan trik untuk menurunkan tarif harga becak. Jika turis bisa berbahasa Jawa, perjalanan di Yogyakarta akan semakin mudah. Setidaknya pelajari kosa kata yang mudah dalam bahasa Jawa. Misalnya, “piro” untuk berapa?, “Nggeh” untuk iya, atau “mboten” untuk kata tidak. Pelajari juga bahasa Jawa untuk menanyakan letak lokasi dan tarifnya, contohnya: “Lha nek ten Malioboro, ongkose pinten pak?” yang berarti “kalau ke Malioboro, berapa ongkosnya pak?

Cari becak yang tidak bergerombol di pangkalan

Selain cara  – cara di atas, mencari seorang tukang becak yang sedang mangkal sendirian bisa menjadi trik untuk menawar harga lebih hemat dan murah.

Atau cari tukang becak yang sedang mengayuh becaknya di jalan, kemudian hentikan dan tanyakan apakah dia bersedia mengantar. Baru di sini saatnya mencoba nego harga yang terbaik. Biasanya, karena kondisi yang mendesak dan tukang becak tidak berada “di atas angin”, kemungkinan besar kamu yang akan memenangkan nego tawar – menawar tarif yang lebih miring ketimbang saat nego bareng tukang becak lain di pangkalan.

***

Nah, sudah mengantongi informasi penting untuk mendapatkan tarif terbaik saat keliling Yogyakarta naik becak nanti, kan? Sekarang, saatnya memesan tiket penerbangan, akomodasi dan tour keliling Yogyakarta bareng agen travel wisata profesional Jari Adventure Jl Sarimanah Bandung. See yo at Yogyakarta

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.