Tambahkan Dalam Menu, 11 Makanan Kaya Lemak yang Menyehatkan

Kebanyakan orang menganggap makanan berlemak sebagai makanan yang harus dihindari karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Lemak berlebih juga dianggap kurang baik bagi tubuh, salah satunya bisa membuat tubuh semakin gemuk.

Namun, dibalik ungkapan negatif yang ditujukan kepada makanan berlemak, ternyata ada beberapa makanan lemak yang baik bagi tubuh. Bahkan tidak membuat berat badan Anda bertambah, lho!

Tidak semua makanan berlemak itu buruk bagi tubuh. Tubuh juga membutuhkan lemak yang baik agar kesehatan tetap seimbang. Apa saja makanan berlemak yang tidak membuat Anda gemuk dan baik bagi tubuh? Check this out

1.    Kacang-kacangan

Makanan berlemak pertama adalah kacang-kacangan. Kacang seperti kacang mete, pistachio, pecan, serta almond mengandung nutrisi seperti lemak baik yang cukup tinggi.

Jangan khawatir meskipun kacang mengandung lemak tinggi, namun makanan ini kaya akan vitamin E, zeaxanthin, lutein, serta carotenoid yang bagus untuk kesehatan kulit dan mata.

2.    Alpukat

Tak hanya kacang, buah-buahan juga ada yang mengandung lemak tinggi. Salah satunya adalah alpukat. Alpukat berada di posisi pertama sebagai buah dengan kandungan lemak tertinggi.

Meski begitu, lemak yang ada dalam alpukat adalah lemak baik. Selain itu, mengonsumsi alpukat secukupnya dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Rasanya juga enak untuk di jus, dimakan langsung, atau dipadukan dengan makanan lainnya.

3.    Dark Chocolate

Cokelat memang terkenal dapat membuat seseorang menggendut karena kandungan lemak dan gula yang tinggi. Semua itu tidak akan terjadi jika Anda memilih cokelat yang tepat seperti dark chocolate.

Dark chocolate mememang mengandung lemak serta antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi cokelat ini bisa membuat tekanan darah turun dan kolesterol tetap terkontrol. Jadi, jangan salam memilih cokelat, ya!

4.    Telur

Bisa dibilang, Telur merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Telur juga mengandung lemak yang murah dan mudah untuk dicari.

Selain itu, telur kaya akan kotrlin dan protein sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung otak, system saraf, dan system kardiovaskular.

5.    Yoghurt

Siapa yang tidak suka dengan yoghurt? Yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari susu fermentasi. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung kalsium serta probiotik.

Tak hanya itu, yoghurt dapat meningkatkan fungsi usus dan memperbaiki tulang agar lebih kuat. Rasa dari yoghurt cukup beragam, dibalik itu semua ternyata menyimpan kandungan yang baik bagi tubuh.

6.    Minyak Kelapa

Kenapa minyak kelapa menjadi salah satu makanan berlemak yang baik bagi tubuh? Minyak kelapa memang mengandung 90 persen lemak baik. Cukup tinggi, bukan? Namun, Anda tidak perlu takut. Bahkan ada banyak ahli diet yang menganjurkan minyak kelapa untuk dikonsumsi.

Kenapa? Karena minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan serta menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Cukup besar manfaatnya, ya!

baca juga:

7.    Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, ternyata minyak zaitun juga baik bagi tubuh lho! Minyak ini mengandung antioksidan, vitamin E dan vitamin K.

Oleh sebab itu, minyak zaitun sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat melawan peradangan serta melindungi tubuh dari partikel jahat LDL. Mulai hari ini, gantilah minyak lainnya dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

8.    Ikan

Makanan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi kandungan nutrisi di dalamnya. Ikan kaya akan lemak baik. Ada banyak zat baik yang terkandung pada ikan, dimana kandungan tertingginya adalah omega-3.

Beberapa ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi adalah ikan salmon, trout, mackerel, herring, serta sarden. Ikan juga baik untuk kesehatan jantung.

9.    Mentega

Mentega sering kali menjadi bahan campuran masakan. Banyak yang kurang tahu jika mentega mengandung lemak baik, vitamin A dan K2. Namun, pastikan porsi yang dikonsumsi tidak terlalu banyak, ya!

10. Biji Flax

Pernah mendengan biji flax? Makanan yang satu ini tinggi akan lemak. Meskipun kecil, di dalamnya masih mengandung banyak zat baik seperti zat besi, kalium, fosfor, omega-3, serat, karbohidrat, zinc, serta tembaga. Si kecil yang luar biasa, bukan?

11. Keju

Bagi para penggemar keju pasti senang mendengar kabar bahwa keju bukanlah makanan lemak yang jahat bagi tubuh.

Rasanya yang lezat dan gurih membuat keju banyak digemari. Selain lemak, keju mengandung kalsium, protein, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kandungan lainnya. Keju juga dapat mencegah resiko terkena diabetes tipe 2 lho!

Tidak semua makanan berlemak itu jahat untuk tubuh. Buktinya, masih banyak makanan dengan lemak baik yang tidak membuat Anda kegemukan atau terserang penyakit berat. Makan saja, asalkan tau dengan porsinya, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.