Tamasya ke Cappadocia Naik Balon Udara, Negeri Khayalan yang Terwujud Nyata

Salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara adalah Turki. Ketika Anda berkunjung ke Turki, maka Anda tidak boleh melewatkan destinasi yang satu ini, yaitu Cappadocia.

Yang paling terkenal dari Cappadocia adalah wisata balon udaranya. Dengan menaiki balon udara, Anda bisa melihat betapa indahnya panorama Cappadocia sambil melayang di udara.

Selain wisata balon udaranya, ternyata Cappadocia juga memiliki beragam wisata lainnya yang menawarkan pengalaman unik untuk Anda.

Seperti menjelajahi kota bawah tanah, hingga ke gereja yang didirikan di dalam gua. Bahkan Anda bisa melakukan hiking sambil melihat pemandangan alam yang begitu indah.

Apa saja tempat-tempat seru yang harus dikunjungi di Cappadocia? Simak berikut ini.

1.    Gorome, Kaymakli, dan Avanos

Lokasi pertama adalah Kota Goreme yang berada di Lembah Chimneys. Kota ini merupakan salah satu dari beberapa desa yang tersisa.

Uniknya, setiap rumah di kota ini masih memiliki cerobong asap rumah yang terbuat dari batu. Rumah-rumah ini masih dihuni hingga sekarang. Namun ada juga yang telah beralih fungsi menjadi kafe dan restoran.

Setelah berkunjung ke Goreme, lanjutkan perjalanan Anda menuju kota bawah tanah lainnya yaitu Kaymakli. Kota Kaymakli menjadi kota bawah tanah terluas yang ada di Cappadocia.

Perhentian terakhir Anda adalah desa tradisional Avanos yang berada di tepi Sungai Kizilirmak, sungai paling Panjang di Turki.

Desa ini terkenal akan gerabah serta berbagai tekniknya yang masih digunakan dari tahun 2000 SM hingga kini.

2.    Kastil Uchisar

Tempat seru lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Kastil Uchisar, kastil yang menjadi landmark megah serta pemandangan yang menakjubkan karena lokasinya yang berada di atas bukit.

Anda bisa melihat panorama Cappadocia dengan masuk ke dalam kastik dan naik ke atas kastil. Kastil Uchisar merupakan tempat yang paling bagus untuk menikmati indahnya panorama Cappadocia dari ketinggian.

Apalagi ketika cuaca sedang bagus sehingga setiap sudut dari Cappadocia bisa terlihat dengan jelas.

3.    Kizilcukur

Kizilcukur atau Rose and Red Valleys merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa menemukan makam batu Bizantium, lho!

Selain itu, kunjungi pula gereha yang terletak di dalam gua. Ada juga berbagai formasi batuan unik yang tersebar di seluruh lembah. Di sini Anda bisa berlibur sambil berpetualang melihat uniknya Kizilcukur.

4.    Menyusuri Lembah Goreme menggunakan ATV

Bagi para pengemar wisata ekstrim, Anda bisa mencoba kegiatan yang satu ini yaitu dengan mengikuti tur ATV di Lembah Goreme.

Anda akan menyusuri Lembah Goreme dan daerah sekitarnya dalam waktu 2 jam. Tenang saja, Anda akan di damping oleh pemandu lokal yang akan menunjukkan kawasan bersejarah atau kawasan yang unik selama perjalanan.

Ada beberapa lokasi yang akan Anda singgahi, mulai dari Lembah MAwar, Lembah Pedang, Lembah Goreme, serta Lembah Cinta. Rasakan sensasi mendan perjalanannya yang cukup menantang.

Panorama indah bisa Anda rasakan selama perjalanan. Tur ATV tersedia pagi atau sore, namun disarankan untuk mengambil waktu sore agar dapat melihat indahnya matahari terbenam di akhir perjalanan.

baca juga:

6 Wisata Kuliner Menu Indonesia di Jepang Untuk Pengobat Rindu Rumah

 

5.    Avanos

Destinasi Avanos adalah tempat yang memiliki sejarah yang unik di dalamnya. Avanos memiliki Teknik tradisional pembuatan tembikar sejak tahun 2000 SM silam.

Anda bisa melihat bagaimana cara membuat tembikar bahkan diperbolehkan untuk membuat tembikar sendiri.

Avanos memiliki 40 hingga 50 pembuatan tembikar yang dikelola oleh keluarga hingga diproduksi oleh pabrik besar. Uniknya, pabrik ini telah berdiri sejak lebih dari 1 abad dan terus beroperasi hingga sekarang.

6.    Melintasi Lembah Cappadocia dengan Berkuda

Apakah berkuda di Lembah Cappadocia pernah terlintas dalam pikiran Anda? Menjelajahi kawasan Cappadocia ternyata bisa dengan berkuda.

Tentunya dipandu oleh seseorang sambil melalui beberapa lembah indah di Cappadocia. Anda juga akan melintasi kebun buah hingga berjalan melalui bukit vulkanik.

Di sinilah Anda bisa melihat beberapa gereja tua yang terawat di sepanjang jalan.

Di akhir perjalanan, Anda akan diajak untuk melihat indahnya matahari terbenam di sisi bukit selagi menunggang kuda.

Itulah beberapa tempat seru yang harus Anda kunjungi di Cappadocia. Jadi, setelah menikmati wisata balon udaranya, jangan lupa untuk mencoba destinasi di atas. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.