Taman Maribaya, Tempat Wisata di Bandung Dengan Banyak Mitos

Selain faktor jarak, para wisatawan dari Jakarta memilih Bandung sebagai tujuan wisata karena kota ini terkenal sebagai Paris Van Java Indonesia. Disamping itu, suhu yang dingin juga sangat nyaman bagi warga Jakarta untuk meredakan stress akibat pekerjaan dan juga kemacetan kota. Tak heran apabila Bandung selalu dipenuhi wisatawan saat liburan tiba. Banyak sekali tempat wisata di Bandung, sebut saja Kawah Putih dan Trans Studio, yang selalu menarik minat pengunjung. Namun, kota Kembang juga mempunyai tempat wisata lain yang tak kalah menarik untuk menghabiskan akhir pekan. Penasaran dengan tempat wisata di Bandung yang satu ini? Yuk ikuti uraiannya di bawah ini.

Ya, Taman Maribaya Bandung namanya. Tempat wisata di Bandung ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berada di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, tepatnya 15 km dari kota Bandung dan 5 km dari arah timue Lembang. Untuk mencapai tempat wisata di Bandung ini, wisatawan bisa menggunakan baik transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang memilih transportasi umum, pilihlah angkot jurusan Lembang ke arah Maribaya. Setelah menempuh perjalanan sejauh 5 km, Anda akan tiba di jembatan Maribaya. Sedangkan bagi pengguna kendaraan pribadi dari arah Jakarta, Anda bisa memilih rute Cikampek-Cipularang-keluar di Sadang. Perjalanan dilanjutkan dari Sadang ke Ciater dan kemudian Lembang. Tak perlu risau, akses ke wisata air terjun ini sangat nyaman dilalui kendaraan karena jalanan sudah teraspal cukup baik.

Wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan taman wisata Maribaya. Setiap pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar 8000 rupiah saja untuk sekali masuk tempat wisata. Bila ingin menikmati pemandian air panas, wisatawan cukup menambah biaya sebesar 5.500 rupiah untuk dewasa dan 2.500 rupiah saja untuk anak-anak. Wisatawan dapat bersantai di taman wisata Maribaya mulai puku 8 pagi hingga 4 sore.

Tak hanya indah, taman wisata Maribaya ternyata menyimpan mitos tersendiri tentang asal usulnya. Terdapat sebuah perkampungan kecil di kaki Gunung Masihit yang dialiri dua sungai. Di kampung inilah Eyang Raksa Dinata tinggal bersama putrinya yang sangat cantik yang bernama Maribaya. Karena kecantikannya, sang putri pun menjadi buah bibir di kalangan para pemuda. Eyang Raksa memiliki ketakutan bahwa kecantikan Maribaya akan mendatangkan malapetaka bagi keluarganya. Akhirnya, sang ayah pun memutuskan untuk bersemedi di Gunung Tangkuban Perahu untuk mencari wangsit. Sepulang dari pertapaan, Eyang Raksa menjalankan wangsit yang diperoleh untuk menumpahkan bokor. Dari sinilah kemudian muncul sumber air panas yang mengandung belerang yang kemudian dikembangkan oleh Eyang Raksa menjadi tempat wisata di Bandung dan berobat hingga bisa mendatangkan sumber penghasilan bagi keluarganya.     

 

Baca Juga : Travel Wisata Bandung – Farmhouse Susu Lembang

 

Saat berada di lokasi wisata alam ini, wisatawan dapat melakukan berbagai hal menarik. Yang pertama, wisatawan bisa mengunjungi air terjun Maribaya yang masih terjaga keasriannya. Dengan latar pepohonan yang rindang, air terjun ini bisa memberikan efek ketenangan bagi para pengunjung.

Warga sekitar biasa menyebut air terjun dengan ketinggian sekitar 30 m ini dengan nama Curug Omas. Di dekat air terjun dibangun dua jembatan yang memudahkan pengunjung untuk menikmati air terjun tanpa harus basah kuyup.

Pemandangan air terjun yang indah beserta bebatuan besar yang ada di bawahnya sangat cocok bagi mereka yang suka berfoto. Jangan lupa persiapkan baju ganti karena aktifitas ini akan membuat Anda basah terkena percikan air deras.

Di sekitar air terjun, wisatawan juga bisa menikmati bekal yang dibawa sambil menggelar tikar. Wisatawan bisa menikmati kedekatan bersama keluarga tercinta sambil bersenda gurau dan menikmati sejuknya semilir angin dan suara gemericik air. Bagi wisatawan yang ingin berpiknik namun lupa membawa tikar tak perlu bingung sebab Anda bisa membelinya dari penjaja tikar yang berkeliaran di sekitar area wisata. Penjaja tikar ini juga dapat dimintai tolong untuk memesankan makanan di warung sekitar. Wah, praktis sekali ya.

Kegiatan yang tak kalah menarik adalah berendam dalam air panas. Berendam dalam air panas di Maribaya di percaya dapat menyembuhkan penyakit. Sambil menikmati hangatnya air, wisatawan juga bisa mencicipi jagung bakar dan ketan bakar yang nikmat.

Trekking di sekitar Taman Hutan Raya Djuanda bisa jadi pilihan yang asyik bagi pecinta jalan kaki. Tak hanya menikmati alam bebas, wisatawan juga bisa menemukan gua Belanda dan gua Jepang di area ini. Bila ingin melihat keindahan gua jangan lupakan senter Anda ya sebab keadaan di dalam gua sangat gelap. Bagi yang tak mau direpotkan dengan barang bawaan yang terlalu banyak, Anda bisa menyewa lampu senter di tempat persewaan. 

Bagaimana tertarik untuk berlibur ke Taman Maribaya Bandung? Persiapkan saja bekal yang cukup dan nikmati wisata hemat Anda bersama keluarga di tempat wisata di Bandung ini. (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *