Taman Laut Derawan, Berau, Kaltim, Surganya Penyelam

Taman Laut DerawanKalimantan Timur biasanya selalu dikaitkan dengan tambang batu bara, timah maupun minyak bumi. Namun, provinsi yang berada di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi ini ternyata juga menyimpan pesona alam yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi.

Salah satu obyek wisata mempesona yang bisa ditemukan di Kaltim adalah Taman Laut Derawan. Obyek wisata yang berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau ini layak disebut sebagai surga dunia khususnya bagi para penyelam karena memiliki alam bawah laut yang mengagumkan. Penasaran dengan obyek wisata yang satu ini? Yuk, cari tahu lebih jauh tentang Taman Laut Derawan dalam artikel di bawah ini!

Lokasi Taman Laut Derawan

Kepulaun Derawan merupakan sebuah gugusan pulau dan menjadi bagian dari ekoregium Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filiipina. Berada di pusat kawasan segitiga karang dunia menjadikan ekoregium ini memiliki keanekaragaman hayati karang tertinggi di dunia. Segitiga karang yang juga dikenal sebagai “The Coral Triangle” ini menjadi kehidupan episenter biota bawah laut yang sangat beragam. Istimewanya, turumbu karang yang ada di Taman Laut Derawan mencakup 53% terumbu karang dunia.

Baca Juga:

Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan, Kepulauan Derawan termasuk salam salah satu multi countries feeding ground terpenting di dunia. Itulah sebabnya Taman Laut Derawan menjadi salah satu tempat menyelam paling populer di dunia.

Taman Laut Derawan, Kerajaan Penyu

Kepulauan Derawan juga merupakan kerajaan penyu yang mempesona. Di lokasi ini Anda dapat menemukan jenis kura-kura hijau serta kura-kura bersisik. Anda dapat melihat penyu-penyu yang sedang berenang bersama kawanannya di laut. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan yang cukup langka yaitu tatkala penyu-penyu sedang bertelur.

Selain penyu-penyu lucu, alam bawah laut Derawan juga ditinggali oleh ikan-ikan yang beraneka ragam termasuk di dalamnya ikan pari manta yang dilindungi serta kuda laut,  ubur-ubur barakuda, lumba-lumba dan hewan laut lainnya. Jenis terumbu karang yang bisa dijumpai di kawasan Taman Laut Derawan mencapai hingga 460 jenis hingga mampu memanjakan para penyelam yang melakukan aktivitas diving di tempat ini.

Hunting foto Taman Laut Derawan

Selain menyelam, aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan saat berada di kawasan Kepulauan Derawan adalah berenang, hunting foto maupun berkeliling pulau dengan banan boat. Namun, tentu saja menyelam atau diving bakal menjadi kegiatan paling menarik yang Anda lakukan saat berada di lokasi wisata. Bayangkan, setidaknya ada 28 titik penyelaman di Taman Laut Derawan yang bisa Anda jelajahi yang menyajikan pemandangan alam bawah laut yang tak terkira indahnya. Peralatan diving bisa Anda dapatkan dengan menyewa di lokasi jadi tak perlu Anda besusah payah membawa perlengkapan sendiri.    

Bagi Anda yang berdomisili di luar Pulau Kalimantan, Anda wajib menyiapkan dana besar untuk menikmati liburan di Pulau Derawan sebab transportasi menuju ke obyek wisata yang menawarkan keindahan alam bawah laut ini terbilang cukup mahal. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki daya lebih Anda dapat mencoba alternatif penerbangan ke Tarakan terlebih dahulu sebab harga tiket pesawatnya lebih murah bila dibandingkan tujuan Berau.

Akses transportasi ke Taman Laut Derawan

Setiba di Tarakan, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan menyewa speedboat menuju Pulau Derawan. Agar biaya sewa lebih murah, Anda dapat patungan dengan penumpang lain yang berjumlah setidaknya 10 orang dalam satu speedboat. Harga sewa speedboat juga tergantung dari kelihaian Anda dalam menawar. Jadi, pastikan Anda menawar dengan harga serendahnya ya… Dari Tarakan, perjalanan dengan speedboat ke Derawan memakan waktu 3 jam. Sembari menunggu, Anda dapat menikmati keindahan laut di sepanjang perjalanan.

Dari segi akomodasi, obyek wisata Pulau Derawan menyediakan beberapa bungalow untuk menginap, hotel serta homestay yang biaya sewanya relatif murah. Anda juga dapat menginap di kapal yang memang disediakan untuk bermalam. Di Pulau Derawan juga tersedia resort yang berstandart internasional dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti cottage untuk bermalam, fasilitas menyelam, snorkeling, banan boat, kano, perahu layar, restoran, cafe dan fasilits pendukung lainnya.

TIPS LIBURAN SERU DAN HEMAT KE TAMAN LAUT DERAWAN

Berangkat liburan akan ada banyak persiapan untuk dilakukan. setelah packing baju dan perlengkapan lainnya, saatnya untuk menyimak beberapa tips bermanfaat dari kami. Langsung cek di bawah ini yuk…

Pilih rute Tarakan dan jika memungkinkan ambil jasa agen travel wisata

Agen travel wisata akan membantu mengakomodir segala keperluan saat perjalanan wisata. Mulai dari tiket pesawat, pemesanan kamar untuk menginap hingga pemandu wisata dan tiket masuk ke obyek wisata yang berbayar. Ada beberapa lokasi yang juga perlu dicapai dengan menaiki moda transportasi laut seperti perahu motor atau speed boat. Harga sewa perahu motor tentu akan jauh lebih ringan jika bisa digotong oleh orang banyak. Jadi, jika Anda tidak memakai jasa agen travel wisata atau lebih memilih mengatur perjalanan wisata sendiri, sebaiknya pikirkan secara matang setiap lokasi dan transportasi menuju ke sebuah tempat. Datanglah beramai-ramai setidaknya 10 hingga 15 orang. Selain biaya dapat digotong bersama dan jauh lebih ringan, tentunya liburan akan jadi lebih seru karena beramai-ramai.

Rute Tarakan bisa dipilih untuk wisatawan yang membawa serta rombongan dalam jumlah besar atau mencapai 10 orang lebih. Dari kota Tarakan bisa menyewa speed boat untuk langsung menuju Pulau Derawan. Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, jangan khawatir biaya. Tarif sekitar Rp 1 juta akan lebih ringan jika mengambil sistem patungan bersama.

Island Hopping, Wuihh… Seru Gila!

Sesampainya di Taman Laut Derawan, para wisatawan juga bisa mengunjungi pulau-pulau yang berada di sekitar lokasi alias wisata Island Hopping ke Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua. Melompat dari satu pulau ke pulau lainnya dengan menaiki speed boat. Kawasan Taman Laut Derawan memang mencakup beberapa pulau-pulau kecil yang sebagiannya tidak berpenghuni.

Jangan khawatir, dari sisi sarana transportasi yang memang mahal bisa dimaklumi karena bahan bakar mesin masih tergolong langka dan sulit didapat. Jika Anda datang berombongan atau beramai-ramai, harga sewa speed boat akan terasa lebih ringan dibandingkan jika datang sendiri.

 Asyiknya memancing ikan di dermaga

Jika boring atau malas untuk keluar lebih jauh dari penginapan, cobalah untuk datang ke dermaga sambil membawa pancing yang sudah Anda bawa sebelumnya sebagai persiapan liburan. Memancing tidak membutuhkan banyak biaya alias gratis. Selain itu, di dermaga Anda bisa melihat suasana yang memukau ketika matahari mulai terbenam di ufuk barat. Jika beruntung, mungkin Anda bisa mendapatkan teman sepermainan baru di dermaga saat memancing.

Tarif hotel atau penginapan

Umumnya, penginapan di sekitar lokasi Taman Laut Derawan berupa homestay hingga resort. Ada beragam harga dan rupa. Jika ingin yang lebih ekonomis, pilih homestay yang berada di perkampungan penduduk lokal dengan tarif penginapan mulai Rp 100.000 per malam. Fasilitas tempat tidur, kamar mandi dan sarapan. Jika ingin yang lebih nyaman dan sedikit kemewahan, silakan memesan kamar di resort yang berada tepat di kawasan pantai dengan nuansa penginapan ala kepulauan Karibia.

Tidak ada ATM, bawa uang tunai secukupnya

Fasilitas umum di Taman Laut Derawan masih belum begitu memadai. Bagi Anda yang ingin berlibur disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya. Untuk urusan membayar kamar hotel, masih bisa membayar via aplikasi smartphone. Namun untuk biaya-biaya lain seperti membeli makanan, suvenir, transportasi dan biaya lain membutuhkan uang tunai langsung.

Berjumpa dengan Ubur-ubur Kakaban

Kapanlagi Anda bisa berjumpa dengan makhluk cantik dari bawah laut yang satu ini. Ubur-ubur pulau Kakaban. Siapkan kamera anti air atau smartphone berkamera yang water proof untuk mengabadikan momen langka ini. Pasalnya, ubur-ubur ini hanya bisa dijumpai di 2 danau saja di seluruh dunia. Selain di Pulau Kakaban, Indonesia, ubur-ubur tersebut juga bisa dilihat di Pulau Palau, Filipina.

Menjaga kebersihan alam dan bawah laut

Keindahan alam di sekitar kawasan Taman Laut Derawan begitu menakjubkan. Kawasan hutan yang masih asri dikelilingi pantai-pantai berpasir putih, membuai setiap wisatawan yang berkunjung. Lokasi wisata yang tenang dan damai, terkadang membuat sejumlah oknum wisatawan tidak bertanggung jawab tega mengotori lingkungan pantai dengan sampah-sampah berupa botol plastik air minum atau makanan kemasan. Padahal, sampah plastik konon membutuhkan waktu jutaan tahun agar bisa diuraikan oleh tanah. Jika Anda sudah menikmati keindahan alam Taman Laut Derawan, maka sudah sepatutnya untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan di sekitar obyek wisata Taman Laut Derawan.

Pun begitu ketika Anda melakukan wisata snorkeling atau menyelam di bawah laut. hati-hati saat berenang karena kaki Anda bisa menendang atau bahkan merusak terumbu karang yang berharga. Terumbu karang juga membutuhkan waktu lama untuk pemulihan dari kerusakan.

Jadi, hati-hati dan selalu bijak di mana pun Anda berlibur. Tertarik pilih liburan mahal atau murah ke Pulau Derawan?  (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *