Taman Laut Bunaken yang Mempesona

Taman Laut Bunaken – Siapa yang tidak pernah mendengar nama Taman Laut Bunaken? Di tengah banyaknya penemuan spot menyelam lain di Indonesia, tidak menjadikan taman nasional yang diresmikan pada tahun 1975 ini kehilangan daya tariknya.

Tempat wisata seluas kurang lebih 8 kilometer persegi yang terletak di Teluk Manado ini tetap menjadi primadona bagi para penyelam domestik maupun mancanegara. Berada tepat di wilayah perairan “Segi Tiga Emas”. Yaitu tempat bertemunya arus laut dari Filipina, Indonesia, dan Papua membuat Taman Nasional Bunaken memiliki sekitar 300 spesies ikan.

Bagi rekan traveler yang ingin menyelam dapat mencapainya dengan terlebih dahulu melakukan perjalanan ke kota Manado. Dari kota Manado, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Bunaken dengan menempuh 30 menit penyeberangan dari pelabuhan menuju Marina Blue Water dan Marina Nusantara Diving Center di kecamatan Molas. Dari kedua tempat tersebut, masih butuh waktu sekitar 15 hingga 20 menit dengan kapal menuju ke spot penyelaman.

Baca Juga:

Daftar Tempat Wisata Populer di Taman Nasional Wakatobi

Terdapat kurang lebih 23 spot yang bisa dikunjungi baik untuk menyelam maupun snorkeling, untuk melihat pesona keindahan Bunaken dari dekat. Jangan khawatir, di sekitaran lokasi banyak dijumpai persewaan alat yang dibutuhkan. Tunggu apalagi, yuk simak beberapa spot penyelaman yang direkomendasikan karena keindahannya.

Bunaken Timor

Di sinilah spot yang paling banyak dikunjungi oleh penyelam-penyelam yang berpengalaman karena adanya arus bawah laut yang kuat. Selain memberikan tantangan tersendiri, rekan traveler yang berkesempatan melihat keindahan bawah lautnya akan terpesona oleh banyaknya spesies ikan yang berkeliaran dan juga berbagai jenis terumbu karang yang menghiasi dasar laut. Spot ini rjuga merupakan tempat yang tepat untuk menemukan pari elang, hiu, penyu dan beberapa ikan besar yang sering dijumpai berenang di perairan ini.

Mandolin

Bagi penyelam yang ingin berinteraksi dengan ribuan ikan yang hidup dalam gerombolan besar, spot ini wajib dijelajahi. Taman laut yang terdiri dari dinding dan puncak karang ini menjadi tempat hidup ribuan ikan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish dan ikan penembak. Ikan–ikan yang ada di tempat ini terbilang cukup jinak, sehingga sangat mudah untuk didekati.

Puncak Barakuda

Spot ini terletak di barat laut Bunaken dan menjadi salah satu tempat snorkeling terjauh di Taman Laut Bunaken. Di lokasi ini biasanya dapat dijumpai segerombolan ikan barakuda raksasa yang berenang di antara gerombolan ikan tuna dan ikan Jack. Itulah kenapa nama Barakuda digunakan untuk menyebut tempat ini.

Siladen

Dinding-dinding karang halus yang terdapat di spot ini akan terlihat hidup ketika arus datang. Pergerakan melambai dari berbagai flora laut yang menempel di dinding karang bagaikan dedaunan yang tertiup angin. Karena spot ini terbilang dangkal, pemandangan ikan-ikan yang berkeliaran, seperti ikan kakap yang terlihat bergerombol, dijamin memukau siapa saja yang berkesempatan mendatanginya.

Muka Gereja

Spot ini menawarkan keindahan yang sayang untuk dilewatkan, jika rekan traveler menyempatkan diri menyelami keindahan Taman Laut Bunaken. Terdapat ribuan ikan yang berada di perairan dangkal dan juga palung-palung laut yang terbentang menuju dinding laut.

Reruntuhan Kapal Manado

Ada sebuah spot menarik yang bisa rekan traveler temukan di Taman Nasional Bunaken ini, yaitu reruntuhan kapal sepanjang 60 meter, pada kedalaman 23 meter di bawah laut. Kapal ini dulunya merupakan milik seorang pedagang Jerman, yang tenggelam pada tahun 1942 di dekat Pantai Molas. Kapal yang terbelah dua di bagian tengah ini memperlihatkan dengan jelas ruang kemudi dan ruang kargo.

Tembok Lekuan (I,II,III)

Di sinilah rekan traveler dapat menjumpai taman laut terbaik di seluruh Bunaken, yang merupakan sebuah tembok panjang dan terbagi menjadi tiga lokasi. Tembok yang ada di spot ini memiliki dinding yang curam dan juga celah-celah yang dalam. Di spot ini juga lazim terdpat kipas angin laut dan spons raksasa. Di beberapa lokasi yang lebih dangkal biasanya dapat dijumpai ikan Kakak Tua Besar yang bergerombol dan juga penyu laut yang lazim ada di kawasan ini.

TIPS MEMILIH PENGINAPAN SAAT LIBURAN KE TAMAN LAUT BUNAKEN

Jauh-jauh datang ke Taman Laut Bunaken jangan sampai Anda kehabisan kamar hotel atau penginapan. Solusi terbaik untuk mendapatkan hotel atau penginapan idaman adalah memesan sejak beberapa bulan sebelumnya. Bahkan, tidak masalah jika traveler atau para pelaku wisata yang ingin menghemat biaya akomodasi mencoba keramahan penduduk dengan menginap di rumah-rumah penduduk lokal atau home stay.

Pelaku wisata ransel atau kerap disebut backpacker bisa mencari home stay yang lokasinya ada di sekitar Taman Laut Bunaken. Jangan lupa untuk bernegosiasi harga serta menyediakan menu makanan untuk sarapan atau makan malam. Umumnya, harga penginapan di rumah penduduk dibanderol sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta rupiah, tergantung pelayanan dan fasilitas yang tersedia.

Tips Snorkeling Di Taman Laut Bunaken

Berlibur ke Taman Laut Bunaken tidak afdol tanpa merasakan sensasi adrenalin saat berenang di perairan dangkal sambil menikmati keindahan panorama alam bawah laut Bunaken. Ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berseliweran membuat siapa saja yang berenang menjadi lebih segar dan fresh, lupa akan segala masalah dan pikiran.

Memulai kegiatan snorkeling di Taman Laut Bunaken tidak begitu sulit, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling yang relatif lebih terjangkau kantong ketimbang menyewa alat selam yang memang mahal karena sepadan dengan keamanan dan keselamatan para penyelam. Alat-alat snorkeling seperti masker dan alat snorkel dipatok harga Rp 150 ribu – Rp 200 ribu. Sementara itu, untuk peralatan menyelam di perairan yang dalam harganya mulai Rp 1 juta ke atas, tergantung dengan masing-masing operator, butuh kepandaian bernegosiasi harga agar mendapatkan kesepakatan harga terbaik.

Ambil jasa agen travel wisata

Beberapa pelaku wisata yang melakukan perjalanan wisata laut ke Taman Laut Bunaken, merasa lebih nyaman jika mengambil jasa agen travel wisata. Tidak perlu  pusing mencari kamar hotel, makan pagi atau makan malam. Ditambah, tur dan snorkeling/diving. Karena sudah disediakan oleh agen travel wisata dengan cara paket wisata. Umumnya, harga paket wisata ini sudah termasuk akomodasi, transportasi, makanan dan sewa peralatan snorkeling/diving. Memang harganya relatif cukup mahal. Tetapi hal ini sangat sepadan dengan sensasi keceriaan liburan.

Bila rekan traveler berencana berlibur ke sini, sangat disarankan untuk datang pada bulan Mei hingga Agustus. Di mana kondisi air sangat jernih dan suhunya terbilang hangat. Apabila datang di musim off season atau September hingga April, pilihlah bulan di mana tidak terlalu tinggi curah hujan. Karena pada bulan Desember dan Januari, air laut pasang dan tentu membahayakan keselamatan saat menyelam. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.