Asyiknya Berwisata Bersama Keluarga di Taman Budaya Sentul

Taman Budaya SentulSehari-hari berhadapan dengan hiruk pikuk Jakarta serta kemacetannya, lumayan memicu stres dan kejenuhan. Tidak heran jika saat tiba akhir pekan atau liburan panjang, banyak warga Jakarta berbondong-bondong meninggalkan jalanan padat menuju destinasi wisata terdekat, sekadar menyegarkan pikiran.

Apalagi buat Anda yang sudah dikaruniai si kecil, waktu luang seringkali dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga dan membangun sebanyak mungkin kenangan manis. Daripada jauh-jauh, coba deh bawa keluarga ke tempat yang seru, tapi tetap menjanjikan kenyamanan di Sentul City.

Sejarah Taman Budaya Sentul

Kawasan ini memang sudah terkenal asri. Jalanan beraspal mulus dilengkapi dengan trotoar bersih, lajur khusus sepeda, pepohonanan yang tinggi dan rindang, kontur perbukitan, serta pemandangan pegunungan yang siap menyambut kedatangan para pengunjung. Selain dikenal sebagai kawasan hunian yang cukup elit, Sentul City juga menjadi tujuan wisata terkenal di Sentul, yaitu Jungleland Adventure Theme Park. Tapi sebelumnya Sentul juga lebih dulu dikenal sebagai sirkuit balap mobil dan motor kelas dunia.

Jika ingin mencari suasana yang baru, alihkan pandangan ke Taman Budaya Sentul. Tidak hanya ditujukan untuk menghibur anak-anak, orang dewasa pun dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Taman Budaya Sentul yang didirikan pada tahun 1994 ini berada di bawah manajemen Pt Gunung Geulis Elok Abadi. Berada di atas lahan seluas enam hektar, Taman Budaya terasa sejuk dan asri karena ditanami berbagai pohon dan tanaman lainnya. Selain dihiasi pepohonan hijau, pikiran terasa segar saat melihat pemandangan empat gunung yang mengelilingi kawasan ini, yaitu Gunung Geulis, Gunung Pancar, Gunung Gede, dan Gunung Salak, serta Bukit Hambalang.

Fasilitas Di Taman Budaya Sentul

Di sini disediakan area seluas 3000 meter persegi, berupa lapangan luas bernuansa alam yang dapat menampung hingga 3000 orang. Biasanya lapangan ini dipergunakan untuk menggelar berbagai kegiatan, mulai dari gathering, perta pernikahan, entertainment event, hingga bazaar.

Tapi jika sedang kosong, rekan traveler dapat memanfaatkannya untuk bermain layangan atau berlari-lari bersama si kecil. Ada juga penjual layangan yang biasanya dikerumuni pembeli yang ingin memilih layangan dengan aneka desain, ukuran, dan gambar. Satu layangan dihargai 25 ribu, cukup murah untuk menghibur si kecil yang selama ini tidak bisa bermain karena keterbatasan lahan.

Sarana Dan Wahana Permainan Di Taman Budaya Sentul

Buat yang ingin menjajal keseruan bermain wahana flying fox, di pinggir lapangan inilah tempatnya. Selain itu juga ada jalur untuk berkuda, baik untuk anak-anak maupun dewasa, playground, dan hotel.

Mengusung tujuan “Sentul City, One Stop Destination With Fun and Learning Experience”, Taman Budaya menawarkan empat kegiatan wisata yang dapat dinikmati semua orang. Mulai dari Adventure Center yang terdiri dari Outbound Adventure untuk anak-anak dan dewasa, fun games, Ekowisata-Sahabat alam berupa air terjun atau hutan pinus, pengalaman berkemah, dan program anak lainnya.

Sedangkan untuk Culture Center akan diisi tari tradisional, musik tradisional berupa angklung, clay making, dan melukis di atas media baju, tas, layangan, hingga lampion. Tidak ketinggalan Facility Center yang mencakup lapangan, ruang pertemuan, guest house, hotel, foodcourt, restoran, dan spa. Terakhir adalah Green Center yang memperkenalkan wisata budaya dan live in.

Baca Juga:

Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Paket Wisata Di Taman Budaya Sentul

Ada juga paket wisata yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Tarifnya bervariasi mulai 200 ribuan, dan ditentukan minimal peserta paket sebanyak 30 orang. Untuk anak-anak, rekan traveler dapat memilih paket outbound, wisata budaya, dan kids army. Sedangkan bagi pengunjung dewasa dapat memilih paket camping, trekking, outbound, hingga paintball. Kelengkapan fasilitasnya juga dapat dipilih bagi karyawan perusahaan, dengan memilih Team Building Package dan Outing Corporate.

Capek bermain bikin perut mulai keroncongan. Untuk bersantap, ada berbagai makanan yang disediakan di beberapa restoran, mulai dari roti bakar, aneka jajanan pasar, sate ayam, nasi goreng, hingga minuman segar yang ampuh menghapus dahaga. Semua dibanderol dengan harga yang masih terjangkau, dengan suasana tempat makan yang bersih dan nyaman. Sebelum pulang, jangan lupa mengunjungi bazar yang menjual pakaian, perhiasan, dan souvenir khas.

Lengkap dan menarik, membuat Taman Budaya yang berlokasi di Jalan Siliwangi nomer 1, Sentul City, Bogor, ini patut dijadikan tujuan wisata wajib.

TIPS WISATA HEMAT KE SENTUL BOGOR

Memasuki liburan akhir pekan atau liburan sekolah, sudah saatnya untuk kembali merajut kebersamaan dalam keluarga setelah sibuk dengan rutinitas masing-masing. Ada satu tempat rekomendasi wisata atau tempat rekreasi yang dirancang untuk sekeluarga di Sentul, namanya, Taman Budaya Sentul.

Liburan pasti dan mau tak mau harus mengeluarkan kocek dong, nah, jangan khawatir, berikut ini kami sajikan tips hemat wisata ke Taman Budaya Sentul untuk Anda dan keluarga:

Datang bersama rombongan

Semakin banyak jumlah anggota grup atau rombongan, biasanya banyak wahana permainan atau tempat rekreasi yang memberikan diskon dan potongan harga tiket masuk hingga 50%. Jadi, jika tiket masuk umum Rp 100.000 maka bisa dipangkas menjadi sekitar Rp 50.000 saja per orang, benar-benar hemat fulus, kan? Dana yang tersisa bisa dialokasikan untuk beli makanan atau oleh-oleh.

Ambil jasa agen travel wisata

Banyak agen travel wisata di sekitar wilayah Jawa Barat yang memberikan pilihan paket wisata murah. Termasuk tur keliling ke beberapa tempat rekreasi, wahana bermain, outbond, hingga termasuk akomodasi dan makan. Paket wisata yang dirancang untuk menambah keceriaan keluarga Anda ini juga bisa diperoleh di Jari Adventure, jadi jangan lupa untuk memesan sejak jauh-jauh hari sebelum hari H liburan tiba.

Jam operasional

Perhatikan jam operasional tempat rekreasi agar bisa memperhitungkan rencana kegiatan yang diinginkan. Di Taman Budaya Sentul buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Rencanakan wahana yang ingin dikunjungi dan pas dengan minat sang buah hati agar mereka tidak rewel ataupun cepat bosan.

Obyek wisata di sekitar Sentul

Kawasan wisata Sentul yang berhawa sejuk memang sengaja dirancang untuk wisata keluarga yang ramah anak dan juga seluruh anggota keluarga. Bahkan, di dalam satu kawasan Sentul City, Anda bisa menjumpai aneka wahana permainan yang menarik dan edukatif. Sebut saja, seperti Hutan Pinus Gunung Pancar, Science Garden, Jungle Land hingga Alam Fantasia.

Alternatif lain, Anda juga boleh mengunjungi wisata belanja keluarga seperti Pasar Ah Poong, Bellanova Country Mall, atau pergi mencoba sensasi naik kuda di Taman Budaya Sentul City.

Masih kurang puas? Coba wisata yang satu ini, berpiknik di lapangan yang ada di Taman Budaya Sentul City. Di sini ada sebuah tanah lapang seluas 3 hektar, tempat umum untuk bermain laying-layang. Saat si kecil tengah asik menerbangkan layangan, orang tua bisa duduk sambil bersantai dan mencicipi hidangan piknik. Mengingat tanahnya yang luas dan nyaman, di sini banyak orang yang memanfaatkan untuk pesta kebun atau pertemuan, pesta pernikahan dan lain-lain.

Jangan ragu untuk berkunjung ke Taman Budaya Sentul City bersama keluarga Anda. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.