Taman Batu Raksasa/Alif Stone Park, Natuna, Kepulauan Riau

Taman Batu Raksasa – Biasa dikenal dengan Alif Stone Park, belasan batu – batu raksasa yang terbuat dari granit sejak zaman megalitikum siap membuat mata terpana. Ada batu sebesar rumah berbobot puluhan ton yang terserak dan terhampar di tepi pantai. Yuk, saksikan keindahan Taman Batu Raksasa atau Alif Stone Park…

Lokasi dan Rute Menuju Alif Stone Park

Bak surga tersembunyi di pulau terluar Indonesia, Taman Batu Raksasa yang bernama Alif Stone Park menyajikan pemandangan yang tak kalah menabjubkan dengan keindahan pantai yang ada di Bangka Beitung. Alif Stone Park  berada di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Untuk mencapai tempat ini, anda menghabiskan waktu kira-kira setengah hari dari Kepulauan Riau menggunakan kapal feri.

Setelah sampai di Kota Ranai, anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan roda dua maupun transportasi lainnya selama kurang lebih 10 – 15 menit dari pusat Kota Ranai. Tak perlu khawatir, hampir semua alat transportasi tersedia untuk menuju kesini karena fasilitas insfrastruktur yang telah tersedia.

Apa Saja Yang Ada Di Alif Stone Park?

Mungkin Alif Stone Park masih terdengar asing di telinga orang Indonesia, namun siapa sangka, di negara tetangga justru taman batu raksasa ini lebih populer. Banyak turis mancanegara, misalnya Malaysia, Singapura atau Australia yang datang berkunjung. Yang membuat tempat ini menjadi unik adalah terdapat batu yang memiliki bentuk seperti huruf hijaiyah Alif, hal itu lah yang membuat taman batu ini dinamai dengan nama Alif Stone Park.

Terdapat ratusan bongkahan batu-batu granit berukuran besar yang letaknya di tepi pantai. Mulanya tempat ini biasa saja, hingga tahun 2008 diputuskan agar lokasi taman batu ini dikelola dengan baik. Melihat jumlah turis lokal maupun mancanegara tiap harinya makin banyak. Kini pemerintah terus memperbaiki fasilitas. Salah satunya adalah dengan membuat jembatan berbahan dasar kayu yang berguna untuk menghubungkan antara satu batu dengan lainnya.

Keindahan alif stone park

Selain disuguhkan oleh beberapa batuan besar yang cantik. Anda juga bisa menikmati keindahan birunya air laut yang mengelilingi bebatuan tersebut, dijamin ciamik. Jernihnya air laut disana membuat terumbu karang dan beragam jenis ikan dapat terlihat dengan jelas. Taman batu raksasa ini diperkirakan telah ada sejak jaman megalitikum. Terlihat jajaran batu-batu tersebut sejak ada sejak jaman pra sejarah.

Waktu yang paling tepat untuk melihat eksotisnya pemandangan Alif Stone Park adalah sore hari. Selain itu anda juga dapat menikmati matahari tenggelam yang pas untuk menutup senja. Bila penasaran seperti apa pemandangannya. Anda bisa membayangkan pantai di Bangka Belitung yang pernah menjadi salah satu latar film Laskar Pelangi.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Lesung

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung

Tetaplah Jaga Kebersihan

Jika berniat datang ke Alif Stone Park, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena anda tidak dikenai tarif sepeserpun untuk masuk ke kawasan ini. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan agar keindahan Alif Stone Park terus terjaga. Meski kita tak bisa ikut merawatnya, setidaknya dengan menjaga kebersihan kita juga berkontribusi untuk menjaga keindahan taman batu raksasa ini.

Mengajak Keluarga Berlibur Kesini

Tak ada salahnya bila menghabiskan waktu berlibur ke Alif Stone Park bersama keluarga, anda bisa menghemat pengeluaran tiket masuk karena anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk akomodasi dan transportasi. Tempat yang satu ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang masih bingung menentukan tempat tujuan menghabiskan libur akhir tahun ini.

Spot berfoto

Keindahan alif stone park atau taman batu raksasa sungguh sayang dilewatkan. Oleh karena itu, jangan lupa menyiapkan dokumentasi berupa smartphone berkamera ataupun kamera SLR untuk mengabadikan setiap momen liburan ke taman batu raksasa granit yang memukau ini. Banyak orang dan pasangan yang kerap mengambil foto pre-wedding di atas bebatuan yang unik ini. Jika Anda suka, Anda juga bisa menyewa fotografer pro atau meminta sang pemandu wisata mengambil foto Anda bersama keluarga.

Dijamin tak akan menyesal deh! Segera persiapkan liburan ke taman batu rakasa ini bersama agen travel wisata, Jari Adventure ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.