Taman Anggrek Ragunan Jakarta, Sejuta Warna Anggrek Hias

Taman Anggrek Ragunan-Anda penggemar bunga anggrek? Dengan nama latin Orchidaceaea, anggrek telah berhasil menyita perhatian sebagian besar pecinta tanaman dan bunga karena ragam jenisnya yang sangat banyak dan juga keindahannya. Beberapa jenis anggrek bahkan ditetapkan pemerintah sebagai bunga yang langka hingga semakin mendorong penggemarnya untuk berburu bunga yang cantik ini. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 29 spesies anggrek langka yang dilindungi.

 

Serbaneka Anggrek

 

Mungkin banyak yang belum tahu, bila Indonesia adalah negara yang mempunyai tingkat keanekaragaman anggrek terbesar ke dua di dunia setelah Brasil. Jadi, dari 26.000 spesies anggrek di dunia sekitar 5.000-6.000 jenis bisa di temukan di negara kita. Hebat bukan? Berburu anggrek untuk melengkapi koleksi bisa Anda lakukan di mana saja. Namun, bagi Anda yang berada di seputaran Jakarta tak ada salahnya mampir ke Taman Anggrek Ragunan atau yang dikenal dengan sebutan TAR ini. Taman Anggrek Ragunan ini ternyata telah lama berdiri lho dan menjadi jujukan para pecinta anggrek sejak dulu. Ingin tahu lebih jauh tentang Taman Anggrek Ragunan? Yuk, simak ulasannya berikut ini: 

 

Sejarah Taman Anggrek Ragunan

 

Bila sedang berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, Anda bisa mampir ke Taman Anggrek Ragunan yang berada di sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Binatang. Tak jauh, sekitar 200 m saja jaraknya. Taman ini sudah ada sejak awal 1970-an dan berada di bawah naungan Dinas Kelautan dan Pertanian. Dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, Taman Anggrek Ragunan tak hanya berfungsi sebagai pusat promosi dan pemasaran tanaman anggrek baik dalam bentuk tanaman maupun bunga potong.

Fasilitas dan edukasi

 

Tapi juga sebagai sarana untuk belajar tentang teknik perawatan anggrek yang baik dan benar. Terdapat lebih dari 40 kavling di Taman Anggrek Ragunan yang disewakan kepada para petani anggrek dengan luas sekitar 800-1000 meter persegi per kavling. Kavling-kavling tersebut ditata secara berdampingan hingga memudahkan pengunjung untuk melihat satu-persatu tanpa terlewat. Di sini, Taman Anggrek Ragunan hanya berperan sebagai showroom-nya saja.

 

Taman Anggrek Ragunan sangat pas bagi Anda yang ingin menambah koleksi anggrek karena tak kurang dari 5000 spesies dapat Anda temukan di tempat ini. Banyaknya spesies anggrek yang tumbuh di Indonesia tak lepas dari iklim negara kita yang mendukung dan cocok untuk budidaya bunga yang satu ini. Koleksi yang dimiliki Taman Anggrek Ragunan antara lain dendrobium, cattleya, oncidium, vanda dan phalaenopsis yang lebih dikenal sebagai anggrek bulan, dan masih banyak lagi. Tak hanya jenis persilangan saja bahkan anggrek langka, seperti grammatophyllum speciosum atau anggrek harimau, pun bisa Anda temukan di sini.

Spesies Anggrek Langka

 

Anggrek Harimau adalah spesies langka yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Anggrek ini tergolong yang terbesar di dunia dan panjangnya bisa mencapai 4,5 meter. Menurut catatan, berat serumpun anggrek harimau bisa mencapai hingga 2 ton. Anggrek Harimau yang juga dikenal sebagai anggrek tebu ini membutuhkan habitat di lingkungan yang panas dan hutan tropis yang lembab serta biasa berkembang biak di sela-sela pohon besar. Membutuhkan waktu sekitar 2-4 tahun  untuk dapat melihat bunga ini berbunga dan sekali berbunga bisa mencapai hingga 100 kuntum. Bunga berwarna kuning dengan pola bintik kecoklatan atau merah tua ini bisa bertahan hingga 2-3 bulan. 

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta   

Meski setiap harinya ada saja Anggrek yang mekar, namun waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Anggrek Ragunan adalah dipenghujung musim hujan. Pada saat itu, anggrek beraneka warna akan bermekaran yang menyajikan pemandangan yang sangat sukar untuk dilupakan. Di Taman Anggrek Ragunan Anda tak hanya disuguhi pemandangan indah anggrek saja, tapi Anda juga dapat mengikuti kursus budidaya anggrek, konsultasi dan praktik persilangan anggrek di laboratorium yang ada di sana.

 

Jam operasional

 

Taman Anggrek Ragunan bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tapi biasanya kavling-kavling baru siap melayani pengunjung pada jam 09.00 WIB sehingga ada baiknya Anda mulai masuk lokasi setelah jam itu. Biaya masuknya pun cukup murah yaitu Rp. 1000,- saja untuk tiap pengunjung.  

 

Akses transportasi

 

Untuk menuju Taman Anggrek Ragunan, pengguna kendaraan umum dapat memilih bus Trans Jakarta jurusan halte Ragunan kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki. Anda juga dapat memilih Kopaja nomor 19 jurusan Tanah Abang-Sudirman-Blok M-Ragunan dan turun di Terminal Ragunan. Gampang bukan?   

 

Tips wisata ke Taman Anggrek Ragunan

 

Berwisata ke Taman Anggrek Ragunan memberikan sensasi liburan yang unik dan tiada duanya. Bagi para pecinta bunga Anggrek, tentu akan menjadi sebuah surga kegembiraan, tapi bagaimana untuk kalangan awam? Tidak perlu cemas, simak beberapa tips berwisata ke Taman Anggrek Ragunan berikut:

 

1. Berfoto selfie

Taman Anggrek Ragunan bukan sekadar taman biasa. Di sini para pecinta bunga Anggrek berkumpul dan saling memberikan keuntungan untuk jual-beli maupun bertukar informasi seputar budidaya bunga Anggrek. Para pengunjung juga dipersilakan untuk mengambil gambar ataupun menjadikan beberapa kios pedagang bunga sebagai latar belakang foto selfie yang indah untuk di-unggah ke media sosial masing-masing.

 

2. Menawar harga

Tidak afdol rasanya, jika sudah berkunjung ke Taman Anggrek Ragunan, tetapi Anda pulang membawa tangan kosong alias tanpa membeli oleh-oleh bunga Anggrek yang memikat. Ada berbagai jenis bunga Anggrek favorit yang bisa dipilih seperti Anggrek bulan, Anggrek harimau, Anggrek cattleya hingga Anggrek tebu yang harganya bisa jutaan rupiah.

 

3. Edukasi

Tentu saja, sebagai sebuah taman bunga.Taman Anggrek Ragunan, bisa dijadikan pilihan atau alternatif untuk mengajari sang buah hati tentang berbagai jenis spesies bunga Anggrek yang berasal dari tanah air. Bunga Anggrek dari Indonesia juga tidak kalah mempesona bila dibandingkan dengan Anggrek dari manca negara. Wisata edukasi ke Taman Anggrek Ragunan, akan memberikan nilai lebih dalam liburan akhir pekan bersama keluarga.

 

4. Perawatan

Tidak seperti jenis bunga-bunga lainnya yang relatif lebih mudah perawatan seperti bunga mawar atau bunga melati. Bunga Anggrek adalah bunga yang istimewa. Membutuhkan perawatan yang teliti dan cermat agar bunga Anggrek bisa dibudidayakan dan dapat berkembang dengan baik. Bunga Anggrek konon tidak terlalu bagus berada di luar ruangan yang sering terpapar sinar matahari. Karena sangat sensitif terhadap suhu tinggi. Jadi, para pembudidaya Anggrek perlu menyediakan tempat khusus berupa naungan agar tempat budidaya Anggrek senantiasa teduh dan sejuk.

 

***

Pecinta Anggrek akan sangat gembira berada di dalam lokasi Taman Anggrek Ragunan. Selain dapat bertemu dengan sesama pecinta Anggrek, di dalam taman tentu wisatawan dapat saling berdiskusi dan menambah pengetahuan baru tentang berbagai jenis Anggrek dan mendapat relasi bisnis untuk transaksi jual-beli komoditi Anggrek.

 

Yuk, siapkan diri dan keluarga untuk melihat sendiri keindahan pesona berbagai jenis bunga Anggrek yang mekar di Taman Anggrek Ragunan. Semoga Anda terhibur dengan keindahan Taman Anggrek Ragunan. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *