Takut Boros Saat Jajan? Ikuti 7 Langkah Hemat Wisata Kuliner Ini

Kurang seru rasanya jika travelling tanpa mencoba wisata kuliner di destinasi tujuan. Anda harus mengagendakan khusus wisata kuliner dalam itinerary Anda.

Mencoba kuliner khas destinasi wisata yang Anda kunjungi tentu tidak dapat dilakukan berkali-kali. Makanan khas dari lokasi wisata akan sulit didapat di tempat asal Anda. Itu mengapa wisata kuliner tidak boleh dilewatkan.

Namun, berwisata kuliner tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak kendala yang bisa Anda temui saat Anda berburu kuliner. Lokasi yang asing akan mempersulit Anda saat mencari tempat yang tepat.

Mengatur keuangan juga menjadi hal yang harus diperhatikan karena wisata kuliner yang berlebihan bisa membuat kantong terkuras.

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa tips hemat berwisata kuliner saat travelling di bawah ini :

1.   Mencari Spot Kuliner Terbaik

Jangan lupa untuk mencari informasi seputar kuliner khas dari daerah yang Anda kunjungi. Anda bisa googling di internet, majalah, tv, atau bertanya dengan teman yang lebih tahu.

Setelah mendapatkan informasi kuliner khasnya, carilah juga lokasi kuliner terbaiknya. Jangan sampai Anda kebingungan saat mencari lokasi kuliner yang ingin Anda kunjungi.

Perhatikan pula harganya serta bandingkan dengan lokasi lainnya agar mendapatkan harga dengan kualitas terbaik.

2.   Tentukan Budget Kuliner

Wisata kuliner tanpa menentukan budget bisa membuat dompet Anda terkuras. Itu karena setiap orang bisa lupa untuk mengelola budget pengeluaran saat berwisata.

Agar keuangan Anda tetap aman, tentukan saja budget wisata kuliner saat travelling. Anda bisa membuatnya menjadi budget harian atau budget untuk sekali makan.

Dengan itu keuangan Anda pasti akan terkontrol hingga wisata kuliner selesai.

Saat memilih makanan, pikirkan juga harganya. Perhitungkan dengan baik dan pilih dengan harga sesuai budget Anda. Lebih baik pilihlah menu dengan harga yang terjangkau.

3.   Mengatur Waktu Kuliner

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai wisata kuliner. Jangan sampai berlebihan, dan jangan juga menunda makan karena bisa membuat kondisi tubuh menurun.

Dengan mengatur jadwal makan saat travelling, akan membuat wisata kuliner Anda semakin tertata. Selain itu, pengeluaran juga sesuai dengan budget harian Anda.

Anda perlu mencari informasi tentang restoran atau warung makan yang akan Anda kunjungi agar dapat menyantap kuliner tepat waktu tanpa harus mencari lokasi kuliner lainnya.

4.   Mencari Informasi Harga

Anda harus tahu harga kuliner yang akan Anda beli. Jangan sampai harga itu membuat dompet Anda jebol. Itu karena penampilan belum tentu menjamin harga.

Penampilan yang tidak mewah juga tidak menjamin harga murah. Anda bisa mengolek informasi harga di internet atau di banner harga menu yang ada di lokasi kuliner.

Jika tetap tidak ada, jangan malu untuk bertanya. Menu yang tidak disertai harga kadang menjadi modus pedagang untuk menarik pembeli.

Tanyakan saja harga menu yang Anda inginkan daripada berakhir kesal saat harganya melampau tinggi. Jika terlalu mahal, pindah saja ke tempat lain yang memiliki harga lebih murah.

5.   Memilih Tempat Kuliner yang Ramai

Kenapa memprioritaskan lokasi kuliner yang ramai pembeli? Itu beranggapan bahwa lokasi itu terpercaya akan rasa masakannya serta harga yang sesuai dengan menunya.

Bisa juga pelayanan di lokasi tersebut memuaskan pelanggan. Lokasi kuliner yang ramai bisa menjanjikan perut Anda terpuaskan.

Saat Anda merasa perut sudah kelaparan dan minta diisi, dari pada bingung, pilih saja lokasi kuliner yang ramai karena lebih menjanjikan dan mudah ditemukan.

6.   PIlih Kuliner Bersih

Selain harga dan kualitas, pastikan Anda memilih lokasi yang bersih dan higienis. Hal ini juga untuk kesehatan agar tetap terjaga.

Anda bisa memperhatikan penjual makanan yang akan menyajikan makanan untuk pengunjungnya. Jika Anda ragu namun sudah kelaparan, Anda bisa memesan menu untuk dibungkus dan dimakan di tempat yang bersih.

7.   Memilih Restoran dengan Menu Khas

Saat Anda kelaparan, pilihlah restoran dengan menu makanan khas daerah wisata Anda. Selain dalam ajang wisata kuliner, Anda juga bisa mencoba makanan baru yang khas dengan daerahnya.

Mungkin rasanya akan sedikit membingungkan saat pertama kali mencoba, namun tidak ada salahnya mencoba. Jika Anda bingung, pilih saja menu yang recommended pada restoran tersebut agar Anda tidak salah pilih.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.