Tak Selalu Mahal, Yuk Simak Tips Travelling Murah ke Malaysia!

Liburan memang jadi momen yang ditunggu oleh siapa saja, terlebih ketika kita sudah penat dengan rutinitas yang ada. Tentunya kita perlu merencanakan liburan dari jauh hari supaya liburan berjalan dengan lancar tanpa gangguan sama sekali. Terlebih jika kita mau liburan ke luar negri, budget pun juga harus dipertimbangkan dengan matang.

Salah satu negara yang sering menjadi tujuan destinasi liburan adalah Malaysia. Banyak yang memilih liburan ke Negeri Jiran karena jaraknya yang cukup dekat dan biaya yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Sebelum berangkat liburan ke Malaysia, ada baiknya kita tahu tips liburan ke Negeri Jiran ala backpacker sebagai berikut:

Memesan tiket perjalanan pulang pergi

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika akan berlibur ke Malaysia adalah menyiapkan segalanya dengan matang, salah satunya dengan memesan tiket perjalanan. Sebaiknya kita memesan tiket perjalanan dua minggu sebelumnya untuk mendapatkan harga terbaik alias meminimalisir mendapatkan tiket yang kemahalan.

Bisa juga kita memilih maskapai yang menyediakan refund tanpa dikenakan biaya sama sekali agar kita tidak merugi.

Menyusun itinerary

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan traveller awam adalah tidak menyusun itinerary dengan matang sehingga tidak semua destinasi wisata bisa terjangkau. Menyusun itinerary pun tidak sesulit yang dibayangkan.

Karena kita hanya perlu melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui kondisi di sekitar destinasi wisata. Kita juga perlu mengatur waktu dengan detail agar tidaka ada waktu di suatu hari yang terbuang dengan sia-sia.

Menentukan waktu liburan

Selain memesan tiket perjalanan, kita juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk liburan ke Malaysia supaya bisa mendapatkan akomodasi yang murah. Harga penginapan ataupun tiket pesawat ke Malaysia cenderung lebih murah saat bulan November hingga Maret.

Karena sedang musim penghujan dan dengan kata lain negeri Jiran akan sepi pengunjung. Hindari berlibur ke Malaysia saat hari raya ataupun libur nasional lainnya karena harga penginapan bisa naik hingga dua kali lipat dari harga normal.

Menginap di hostel

Ketika berlibur ke Malaysia, tentunya kita harus merencanakan akan menginap di mana mengingat waktu istirahat juga penting saat liburan. Untuk menghemat biaya, sebaiknya kita memilih hostel ataupun Airbnb yang harga kamarnya bisa di bawah Rp.500 ribu.

Kita pun bisa mengalokasikan biaya akomodasi untuk berkunjung ke destinasi wisata lainnya atau membeli oleh-oleh.

Packing barang seefisien mungkin

Meskipun kelihatannya sepele, perihal packing bisa jadi suatu hal yang merepotkan lho! Sebaiknya kita hanya membawa satu koper saja ketika berpergian sehingga tidak akan dikenakan biaya bagasi.

Selain itu, sebaiknya kita juga menggulung pakaian di dalam koper untuk lebih menghemat ruang.

baca juga:

Liburan ke Bandung Sadar Budget, Ini 7 Pilihan Tempat Penginapan yang Cozy

 

Membawa bekal sendiri

Salah satu hal yang membuat kita boros ketika liburan adalah seringnya membeli makanan atau minuman di destinasi wisata. Seperti kita tahu, harga dari makanan dan minuman ini cenderung lebih mahal daripada kita membawa bekal sendiri.

Jangan khawatir karena kita bisa mengisi tumbler setiap saat di keran air yang tersedia di bandara ataupun fasilitas publik secara gratis. Selain itu, membawa snack dari penginapan pun bisa menjadi alternatif yang tepat.

Memanfaatkan transportasi umum

Layaknya di Indonesia ataupun negara lainnya, kita juga bisa menggunakan transportasi umum  yang ada di Malaysia untuk menghemat biaya perjalanan. Tentunya transportasi umum yang dimaksud di sini bukan taksi tapi bus GO KL yang biayanya jauh lebih murah dan menjangkau banyak tempat sekaligus.

Kabar baiknya, bus GO KL ini juga beroperasi sampai malam lho sehingga kita bisa kembali ke penginapan kapan saja dengan transportasi umum satu ini.

Berkunjung ke destinasi wisata gratis

Satu lagi tips travelling murah ke Malaysia adalah dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata gratis. Meskipun gratis, keindahan destinasi wisata ini tidak kalah dengan destinasi wisata yang berbayar lho!

Dijamin liburan ke Malaysia pun akan lebih menyenangkan karena tabungan tetap aman karena kita bisa menghemat budget meskipun liburan dalam durasi yang lama sekalipun.

Bagaimana? Pastinya sudah lebih paham kan jika liburan ke Malaysia tetap bisa dilakukan meskipun budget terbatas? Tunggu apalagi untuk liburan ke Malaysia ala backpacker?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.