Tak Kalah dari Timur Tengah, Ini Wisata Kurma Pasuruan yang Populer

Bulan Ramadhan identik dengan Takjil. Takjil untuk berbuka puasa yang disunnahkan oleh Rasulullah adalah Kurma. Kebun kurma umumnya tumbuh di daerah Timur Tengah. Pasokan kurma untuk pemenuhan kebutuhan Masyarakat Indonesia biasanya diimpor dari Timur Tengah. Menjumpai kebun Kurma di Timur Tengah bukan hal yang menakjubkan, namun apa jadinya bila kebun kurma dijumpai di Indonesia. Hal yang akan membuat kamu Takjub bukan?

Indonesia punya kebun kurma yang tumbuh subur, tepatnya di Pasuruan, Jawa Timur. Percaya tidak percaya, kebun kurma ini merupakan kebun kurma satu-satunya yang ada di Indonesia. Pasuruan, kota yang letaknya 60KM sebelah tenggara Surabaya yang memiliki luas 79,79KM2 dan memiliki penduduk berjumlah 208.079 jiwa. Pasuruan terletak di Dataran tinggi yang membuat kota ini memiliki lahan yang subur untuk perkebunan. Salah satu kebun yang ada di Pasuruan Adalah Kebun Kurma.

  • Sejarah

Roeslan, pemilik lahan mengaku jika Ide pembuatan kebun kurma pertama kali muncul saat melihat tanah seluas 3,7 hektar miliknya tidak berfungsi optimal. Awalnya, ia mempertimbangkan lahan itu untuk digunakan sebagai lahan industri, sayangnya tidak ada pengembang yang melirik lahan miliknya itu. Wajar, karena memang kondisi tanah kering dan lokasinya yang berada di daerah sedikit tertinggal.

Roeslan pun mulai berpikir untuk menjadikan lahan tersebut sebagai tempat wisata. Kemudian ia melihat Thailand dan kebun kurma disana, dalam benaknya terbesit pikiran bila di Thailand saja kurma bisa tumbuh, apalagi di Indonesia. Ia kemudian mewujudkan ide tersebut dalam waktu sekitar sepekan dengan membeli bibit kurma di Jakarta.

  • Lokasi

Lokasi Kebun Kurma ini berada di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Memiliki total luas sebesar 3,7 hektar dan ditumbuhi sebanyak 150 pohon kurma menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Walau masih 150 pohon yang tumbuh, pihak pengelola rupanya punya rencana untuk mengembangkan kebun ini hingga tumbuh 400pohon. Pihak pengelola wisata ini adalah Duta Wisata Group dibawag pimpinan HN Ruslan. Objek wisata ini sendiri baru dibuka pada tanggal 1 Januari 2017.

  • Fasilitas

Walau dikategorikan sebagai tempat wisata yang baru buka, namun fasilitas yang ada bisa dikatakan cukup memadai. Ada  Rest Area, Kamar mandi dan WC umum, tempat parkir , serta warung olahan kurma. Miniatur Ka’bah dan jalan menuju shafa Marwa pun ada. Kamu akan bemar-benar merasa seperti berada di tanah suci. Lelah berjalan kali, gunakan saja ATV atau kuda untuk berkeliling. Spot foto kece dan instagramable, tak usah ditanyakan, disini juga ada. Spot tersebut adalah Frame love, Unta, Bulan sabit, Sayap kupu-kupu dan masih banyak lagi.

Disini, kamu tidak hanya akan menemui pohon kurma saja, ada juga pohon Zaitun dan buah tin yang bisa kamu kagumi. Bosan dengan melihat pepohonan, di dalam objek wisata ini juga menyediakan wisata lain berupa Pesawat Boeing 737. Pesawat ini memang diam dan diletakkan begitu saja, memungkinkan kamu untuk menaikinya atau sekedar berfoto dengannya. Bagi kamu pecinta batik, batik bermotif kurma bisa menjadi alternatif kamu sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

  • Tiket Masuk

Wisata petik kurma ini tidak mematok harga yang tiket masuk yang bisa membuat kantong kamu jebol,jadi kamu tidak perlu khawatir.  Untuk biaya masuk perorang sekitar RP 5000 dan untuk parkir RP 2000 permotor atau RP 5000 permobil. Harga yang murah bila dibandingkan dengan pengalaman yang akan kamu dapat.

  • Rute Menuju Wisata Petik Kurma

Lokasinya tidak jauh dari kantor kepala desa Sukorejo. Bila kamu bingung, gunakan saja google Map. Lokasi kebun kurma sudah bisa dijangkau oleh google maps jadi kamu tak perlu takut tersesat.

Baca juga:

Wisata Misteri di Rumah Kebun Kopi Blitar, Serasa Kembali ke Zaman Belanda dan Bikin Penasaran

***

Bila kamu ingin liburan yang berbeda dari biasanya, kamu bisa mengunjungi kebun kurma ini. Selain berwisata, ada edukasi yang tentunya akan kamu dapat. Pariwisata lokal harus didukung dengan cara mengunjungi tempat wisata yang ada.  Sudahkah ada hasrat kamu untuk mengunjungi Kebun kurma ini? Saat Ramadhan adalah saat yang tepat. Tak ingin ambil pusing dan ribet, gunakan saja Jari Adventure. Jari Adventure merupakan agen perjalanan terpercaya yang sudah melayani berbagai jenis destinasi wisata. Berlibur bersama Jari Adventure menjadi menyenangkan dan berkesan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *