Tak Disangka, 7 Jembatan Ikonik di Dunia Bisa Sedramatis Ini

Menghubungkan antara satu area ke area lain, jembatan merupakan salah satu infrastruktur penting di suatu tempat. Terlebih jika suatu daerah tersebut dipisahkan oleh aliran sungai, lautan atau kontur alam yang sulit diakses seperti lembah atau jurang.

Namun, sepertinya jembatan saat ini tidak hanya menjadi penghubung semata. Di beberapa negara maju, jembatan dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang menakjubkan. Hiasan penerangan lampu yang menyiratkan iluminasi begitu indah dipandang saat matahari terbenam.

Di sisi lain, panorama alam yang membentang di bawah jembatan menjadikan indera penglihatan terhipnotis panorama yang disuguhkan.

Saking indahnya, tidak heran bila jembatan juga beralih menjadi ikon atau landmark suatu kota. Belum lengkap rasanya jika berwisata ke suatu negara, tanpa mengunjungi jembatan – jembatan ikonik yang ada di dunia berikut:

1. Rakotzbrucke, Gablenz, Jerman

wp.com

Dibangun pada era 1800-an. Jembatan Rakotzbrucke masih menjadi jembatan ikonik di kota Gablenz, Jerman. Masyarakat lokal percaya jika jembatan ini dibangun dengan bantuan iblis. Satu hal yang menarik, di bawah jembatan terdapat lengkungan setengah lingkaran. Bila dipandang dari kejauhan, maka bayangan lengkungan ini menciptakan lingkaran sempurna 360 derajat yang memukau saat tengah hari bolong atau jam 12 siang.

2. The Living Root Bridge, Nongriat, India

ichef.bbci.co.uk

Kekuatan alam sungguh tak bisa diduga. Seperti di kota Nongriat, India. Jembatan yang menghubungkan antara desa Khasi dengan desa lain tidak pernah dibangun dari material beton, besi atau bambu. Melainkan hanya dari anyaman akar pohon karet tua yang telah berumur ratusan tahun. Hingga kini, semakin hari anyaman akar semakin kuat karena tumbuh besar secara alami. Sehingga menjulur- julur dengan erat bahkan bisa menampung penyeberang sebanyak 50 orang.

3. Rolling Bridge, London, Inggris

ytimg.com

Negara maju milik Ratu Elizabeth juga tak kalah ikonik. Teknologi modern yang disematkan membuat jembatan yang menghubungkan antara kanal Grand Union dengan Heatherwick Studio ini dapat melipat untuk memberikan kesempatan kapal – kapal pesiar melalui jembatan. Sesuai namanya Rolling Bridge, jembatan yang dapat melipat ini terinspirasi dari film Jurassic Park dan pembangunan infrastruktur selesai pada 2004.

Baca juga:

Ingin Menjernihkan Pikiran? 6 Wisata Danau di Bandung Ini Bisa Jadi Pilihan

 

4. Webb Bridge, Melbourne, Australia

melbournestreet.net

Jembatan ikonik Webb Bridge yang ada di desa Docklands ini berbentuk unik. Seperti alat penangkap ikan belut dari keranjang anyaman Koori. Dirancang oleh pematung, Robert Owen. Cocok untuk pesepeda yang ingin melintasi jembatan sambil menyaksikan pemandangan spektakuler.

5. Golden Gate Bridge, San Fransisco, Amerika Serikat

res.cloudinary.com

Golden Gate berada di San Fransisco. Jembatan fenomenal di dunia ini sepanjang 2.727 meter yang menghubungkan ke kota Marin.

6. Inca Rope Bridge, Akpurimac River, Peru

staticflickr.com

Berlibur ke Peru, jangan cuma berkunjung ke Macchu Picu.Di atas sungai Akpurimac, ada jembatan unik yang dibuat dari anyaman akar pohon alami. Namanya Inca Rope Bridge yang berada di atas ketinggian 124 kaki dan sudah menjadi penghubung bagi masyarakat lokal selama 500 tahun.

Agar tetap kuat, setiap tahun di bulan Juni para masyarakat dari tiga suku di daerah tersebut saling bergotong royong untuk memperkuat kembali tali – tali anyaman  Inca Rope Bridge. Diketahui rumput atau akar yang dipakai dari tanaman ishu yang banyak tumbuh di sekitar lokasi.

7. Edmund Winston Pettus Bridge, Selma, Alabama

www.ruralswalabama.org

Selama berabad – abad jembatan Edmund Winston Pettus menjadi saksi pilu sebuah demonstrasi umum yang berakhir tragis. Ribuan para demonstran tewas dengan bersimbah darah saat terjadi anarkisme melawan para aparat penegak hukum. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 7 Maret 1965.

Konon, pemicunnya adalah para demonstran yang menuntut hak asasi manusia ditegakkan oleh pengadilan lokal. Jembatan yang berada di Alabama, Amerika ini sontak berubah menjadi merah dan dikenal sebagai Minggu berdarah.

Karena mendapatkan perlawanan yang tidak seimbang, para demonstran kemudian melangkah dan bergerak menuju Montgomery. Namun, dihadang oleh para aparat yang berwenang. Bahkan, pada 21 Maret, demonstran terus melanjutkan aksi demo yang lebih besar dan berhasil menuju ke Gedung Capitol. Akhirnya, jembatan ini menjadi bagian sejarah Amerika dan masuk dalam situs sejarah nasional pada tahun 2013.

***

Berjalan-jalan ke negara – negara di atas, jangan lupa kunjungi jembatan – jembatan ikonik yang mempesona tersebut. Pastikan liburan Anda ke seluruh destinasi di Indonesia sudah disiapkan dengan baik oleh agen travel wisata terpercaya. Agen travel wisata, Jari Adventure, siap mengakomodir semua kebutuhan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *