Tak Cuma Raja Ampat, Traveller Sejati Harus Jelajahi Hutan Tambrauw Papua

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Pulau Papua memiliki kekayaan serta keindahan alam yang tak usah diragukan.

Jika Anda hanya mengenal Raja Ampat yang memiliki alam yang luar biasa, maka Anda salah. Indonesia juga memiliki pulau Papua sebagai pulau yang kaya akan hutan rimba serta fauna di dalamnya.

Datang ke Pulau Papua tepatnya Papua Barat harus dipersiapkan sebaik mungkin. Untuk traveler sejati, Anda wajib untuk menjelajahi Hutan Tambrauw, hutan yang terkenal akan keindahannya, kaya, serta magis.

Selain menjelajahi hutannya yang lebat, Anda bisa melakukan aktivitas yang selalu menjadi alasan wisatawan berkunjung yaitu mengamati aneka burung yang hidup di dalamnya.

Khususnya Burung Cendrawasih, salah satu burung yang sangat indah. Bisa dibilang Papua Barat adalah sarang dari burung cantik ini.

Wilayah yang tepat untuk melakukan pengamatan burung cendrawasih adalah di bagian Distrik Sausapor serta Miyah. Kedua distrik itu memiliki fasilitas pengamatan untuk wisatawan.

Bahkan, jika Anda beruntung Anda bsia melihat Burung Cendrawasih dengan ekor yang sangat indah. Tak hanya itu, propinsi ini memiliki banyak potensi alam yang masih “perawan”.

Jadi, kamu bisa berlibur sepuas hati tanpa ada kerumunan turis. Hutan Tambrauw di Papua Barat adalah lokasi paling tepat untuk travelling sekaligus mengeksplore kekayaan Indonesia.

Pengamatan Burung Cendrawasih

Salah satu daya Tarik dari pedalaman Tambrauw adalah mengamati burung cendrawasih karena akan memberikan pengalaman berharga.

Anda harus menyusuri jalan hutan hingga 40 menit perjalanan, yang akan dilanjutkan dengan memasuki hutan Nonggou di Distrik Sausapor dengan berjalan kaki. Untuk tiket hanya dihargai 150.000 per orangnya, sedangkan untuk jasa guide local sekitar 150.000 untuk 4 orang.

Anda Bersama pemandu akan melewati jalan setapak yang dibangun oleh masyarakat setempat yang terbuat dari susunan dahan pohon dan membentuk undakan yang alami.

Jalan ini mencapai 300 meter dengan jalan yang menanjak dan cukup curam hingga 45 derajat. Jadi Anda harus berhati-hati.

Untuk jarak tempuh yang lebih singkat, Anda bisa menuju tempat pengamatan lainnya yaitu Distrik Miyah. Lokasinya hanya 100 meter saja dari tempat parkir mobil.

Jalannya cenderung landai sehingga lebih aman dilewati. Harga tiketnya sama dengan harga di Distrik Sausapor. Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Yang lebih menantang? Atau yang lebih cepat sampai?

Tempat pengamatan burung cendrawasih terbuat dari susunan pohon kering dan daun hijau sehingga lebih menyerupai pohon liar. Jadi burung dan satwa lainnya tak akan terganggu. Wisatawan dapat bersembunyi di sela-sela daun tersebut.

Akses dan Rute Menuju Pengamatan Burung Cendrawasih

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, maka Anda bisa menaiki pesawat menuju Ibu Kota Provinsi Papua Barat yaitu Manokwari dengan 4 jam perjalanan.

Perjalanan berlanjut dengan kendaraan ke lokasi yang ingin dicapai di Papua Barat, salah satunya adalah pengamatan Cendrawasih. Agar praktis, Anda bisa menyewa kendaraan.

Untuk pergi ke tempat pengamatan cendrawasih di Distrik Sausapor dan Distrik Miyah, memang sangat menantang dan juga cukup jauh.

Anda akan melewati belokan tajam, dengan jalan yang berbatu. Oleh karena itu, perhatikan pula kondisi fisik dan mental sebelum berangkat.

Baca juga:

Fasilitas Lengkap dan Hemat! 7 Hotel di Taipei Tarif 1 Jutaan Per Malam

Ini dia tips-tips berkunjung ke pedalaman Tambrauw :

  1. Datanglah saat pagi-pagi buta karena kemungkinan untuk dapat melihat keindahan burung Cendrawasih lebih besar dibandingkan siang hari.
  2. Tetap tenang. Jangan sampai pergerakan Anda mengganggu burung cendrawasih yang berkeliaran. Lakukan dalam suasana yang hening agar burung cendrawasih tidak lari dan tetap memperlihatkan keindahannya.
  3. Pakailah pakaian warna gelap agar penyamaran Anda lebih berhasil seperti warna cokelat, hitam, dan sangat disarankan warna hijau karena mirip dengan warna daun.
  4. Jangan menggunakan wewangian seperti parfum apalagi sangat kuat. Burung Cendrawasih adalah burung yang sangat peka sehingga bau yang tidak umum dapat membuat mereka menjauh.
  5. Bersabar dan siapkan stamina. Hanya diam ditempat sambil menunggu dan mengamati burung cendrawasih membutuhkan tingkat kesabarann yang tinggi. Apalagi bisa-bisa Anda melakukan itu selama berjam-jam.
  6. Tak perlu jenuh, suara dari burung cendrawasih sangatlah indah sehingga Anda akan terhibur hanya dengan mendengar suaranya saja.

Bagaimana, berani jelajahi pedalaman Papua di Hutan Tambrauw?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.