Surga Sisi Timur Pulau Madura!! Pulau Kangean yang Bikin Kangen

Jawa Timur sering disebut miniatur Indonesia karena melingkupi berbagai keanekaragaman pulau dan menyimpan eksotisme yang unik dan mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain.

 

Pulau Kangean di wilayah Kepulauan Kangean dengan luas Pulau Kangean 188 km. Secara administrasi berada kabupaten Sumenep dan kalau menuju Pulau Kangean harus menempuh dengan kapal laut. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju Pulau Kangean antara 9 sampai 10 jam dari Pelabuhan Kalianget Sumenep menuju Pelabuhan Batu Gulok Kangean.

 

Ada dua jenis kapal yang melakukan penyebrangan dan masing-masing kapal memiliki jarak waktu yang berbeda. Pertama kapal laut milik pemerintah dan perusahaan swasta bisa ditempuh selama 3,5 sampai 4 jam perjalanan.

 

Memiliki bahasa tutur yang beraneka ragam menjadi ciri khas masyarakat Pulau Kangean. Ada bahasa bajo, mandar, Makassar bahkan ada beberapa bahasa daerah lain dari Sulawesi. Banyak orang mengira kalau bahasa tutur masyarakat Kangean adalah Bahasa Madura tetapi kenyataannya sebagian orang Madura tidak memahami bahasa Kangean.

 

Berwisata di Pulau Kangean maka kamu akan banyak menjumpai wisata alam diantaranya pemandian celgung, jembatan ajaib, pemandian olbek dan goa kuning.

 

1.   Pemandian Celgung

Kawasan yang satu ini menjadi andalan masyarakat Pulau Kangean yang terletak di desa Panian. Pemandian Celgung memiliki keunggulan tersendiri karena terdapat mata mata air alami dari bawah tanah selain itu wisata ini terjangkau bagi wisatawan lainnya. Untuk menikmati keindahan mata air ini pengunjung dibebankan tarif parkir dan masuk kurang dari Rp. 25.000 saja. Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan yang mempesona keunikan yang terjadi ketika air laut sedang pasang. Perpaduan mata air sumber dengan air laut ini tidak bisa menyatu sama dengan fenomena air laut di kawasan Timur Tengah.

 

2.   Jembatan Ajaib

Menurut cerita jembatan ini dibekali dengan cerita misteri. Pasalnya, jembatan Ajaib di Kangean muncul dengan sendirinya setelah seorang warga melihat kilatan cahaya di sekitar laut. Munculnya jembatan bersamaan dengan keberadaan batu karang di perairan Bangkalan. MAdura.

 

Sampai sekarang Jembatan Ajaib ini masih menjadi ikon fenomenal di Kangean. Bahkan banyak wisatawan yang berkunjung tak pernah lewat untuk menyaksikan jembatan ini. Sedangkan batu karang yang berada di sekitar perairan Bangkalan menyerupai batu tangkis yang melindungi makam di kawasan ini.

 

3.   Permandian Olbek

Pemandangan di sekitar tempat wisata ini cukup sejuk karena terdapat pepohonan rindang dan udara yang terasa di sekitar kawasan permandian ini lebih dingin jadi ketika berkunjung kesini sebaiknya menggunakan pakaian sedikit tebal.

 

Permandian Olbek ini menjadi wisata populer untuk para wisatawan karena konon khasiat air bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

 

baca juga:

Atasi Sindrom “I Hate Monday” Sepulang Liburan, Ikuti 10 Tipsnya

 

4.   Pulau Mamburit

Pulau ini cocok untuk menikmati pemandangan dari ujung pulau Kangean. Keindahan pulau ini terlihat jelas dan menyisakan pengalaman liburan terbaik untuk wisatawan. Selain jarang disitu wisatawan dan masih asri. Puali ini termasuk tempat wisata dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Bagi pengunjung yang ingin melakukan snorkeling atau diving sudah tersedia alat untuk disewakan. Tidak hanya itu kamu juga bisa menikmati buah sukun yang sering menjadi incaran wisatawan

 

5.   Goa Kuning

Ternyata goa kuning ini merupakan goa buatan manusia namun tempat ini paling laris dikunjungi saat musim liburan. Goa kuning menyimpan sejarah yang panjang karena termasuk tempat persembunyian di masa penjajahan Belanda.

 

Bahkan di dalam goa masih banyak tersimpan perabotan rumah tangga yang terbuat dari batu sehingga kemungkinan besar, para warga bersembunyi dalam waktu lama.

 

Goa kuning berada di dusun Nyamplong Undung, Desa Kalikatak, Arjasa, Kangean dan mudah dijangkau oleh wisatawan dengan bebatuan berwarna dominan kuning sehingga membuat nuansa goa tampak menawan. Di sekitar goa sendiri terdapat lokasi untuk bersemedi hingga nuansa mistis yang masih kental.

 

6.   Pantai Batu guluk

Menyajikan pemandangan alam yang memukau mata dengan gradasi air laut yang menyatu dengan warna langit membuat pemandangan pantai Batu Guluk ini sungguh mempesona. Pantai ini berada di desa Bilis-bilis, kecamatan Arjasa. Dekat dengan pelabuhan Batu Guluk yang tidak lain adalah akses utama menuju Madura melalui pelabuhan Kalianget.

 

Beberapa deretan objek wisata yang indah dalam kawasan pulau Kangean Madura Jawa Timur. Jadi bagaimana liburan kali ini, tentunya Pulau Kangean ini akan jadi list liburan kamu kan!!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.