Surga Petualangan Ujung Papua Selain Raja Ampat, Ada Apa Saja?

Raja Ampat adalah surga bagi pecinta diver dan penggemar aktivitas snorkeling dengan keindahan alam bawah laut yang luar biasa bahkan sudah diakui oleh seluruh dunia. Meskipun menuju Raja Ampat masih terbatas namun sayang untuk melewatkannya.

Raja Ampat sendiri terletak di Papua Barat yang memiliki empat pulau besar dengan gugusan pulau kecil yang mempesona.

Untuk menuju pulau ini kamu harus terlebih dulu menggunakan jalur transportasi udara lalu dilanjutkan dengan jalur laut untuk mengakses pulau kecil lainnya. Selain itu kamu bisa melihat terumbu karang yang cantik.

Berikut tempat-tempat yang harus dikunjungi salah satu kota yang ada di Papua Barat.

 

1.  Berpetualang dan menjelajahi keindahan Misool

Kalau ke Raja Ampat, berarti kamu harus berkunjung ke Misool. Karena dari perjalanan dan petualangan ke Indonesia Timur.

Keindahan Misool ini sudah termasuk ke dalam daerah segitiga karang dunia dengan ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai sehingga banyak wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut.

Terutama di bagian selatan Misool memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus dan pari manta.

Selain itu Misool mempunyai Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan dan indah. Dan tak jauh dari Puncak Harfat terdapat laguna indah yang bisa kamu lihat dari atas Puncak Love.

Ditambah lagi ada untuk kamu yang suka berwisata sejarah akan melihat dinding batu karang ada cap tangan yang berumur 50 ribu tahun dan memperlihatkan rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara.

 

2.  Star Lagoon, Laguna Indah dengan tempat yang luar biasa

Laguna indah ini terdapat di pulau Pianemo dengan pemandangan dari bukit karang yang begitu indah sehingga memperjelas panorama bawah laut sehingga membuat wisatawan tidak kehilangan minat untuk berwisata ke Star Lagoon.

Kepulauan Pianemo ini sering dijuluki miniaturnya Pulau Wayag karena memiliki pemandangan pulau yang sangat mirip dengan pulau wayang tapi bedanya untuk mengunjungi pulau kecil ini kamu harus berjuang naik ke pulau ini. Disini kamu bisa melihat gugusan pulau berwarna hijau diatas air laut.

 

3.  Pulau Wayang

Tak heran bila Kabupaten Raja Ampat dianggap sebagai surganya dunia karena memiliki pulau yang berjajar indah dengan warna hijau dan laut yang biru bersih.

Bahkan Pulau Wayang dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia dan menjadi icon Raja Ampat.

Di Pulau Wayang, kamu akan terpesona dengan keindahan bawah laut yang indah dengan gugusan karang dan ratusan jenis ikan laut yang susah di deskripsikan dengan kata-kata saking indah.

 

4.  Pulau Salawati

Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat dengan pasir putih sehingga diminati oleh wisatawan.

Terlebih lagi, Pulau ini menjadi tempatnya ikan pelangi yang sudah jarang ditemui di dunia. Selain itu masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat, terbukti ketika wisatawan datang mereka selalu menyambut dengan tarian wor khas Raja Ampat.

Di Pulau Salawati ini kamu bisa menjumpai kapal-kapal perang dunia II yang sudah karam dengan cara menyelam sehingga kamu tidak dapat melupakan menyelam ke dalam kapal bekas peninggalan Perang Dunia II.

 

5.  Menyelam di Pulau Kri

Kamu mencari tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat, maka jawabannya adalah Pulau Kri. Disini kamu akan mendapatkan 374 spesies ikan saat menyelam karena banyak barakuda, jacks, batfish dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil-kecil, hiu, ikan kerapu sampai kura-kura.

Kamu tidak akan menemukan arus yang kuat tetapi akan menemukan karang yang sangat indah sehingga sayang untuk dilewatkan.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, kamu tak perlu khawatir karena ada resort bernama Kri Eco Resort Raja Ampat.

 

6.  Teluk Kabui

Lokasi Teluk ini tak kalah indahnya dengan Pulau Wayag dan Pianemo yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Teluk Kabui ini berada di Pulau Waigeo dan Pulau Gam, untuk mencapai teluk pengunjung harus mencapai dulu ke pelabuhan Waisai.

Air teluk kabui ini sangat jernih sehingga kamu bisa melihat dunia bawah lautnya tanpa harus berenang ataupun snorkeling.

Nah apabila kamu berkunjung disaat terik, kamu pasti bisa melihat terumbu karang secara langsung. Selain itu pulau-pulau dan keindahan bawah laut, teluk ini juga memiliki pulau karang yang banyak terdapat gua.

Di mana dalam mulut gua ini kamu akan mendapatkan tulang tengkorak manusia sehingga akan terkesan mistis bagi pengunjung.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.