Sungai Ular, Menelusuri Segarnya Wisata Sungai di Tanjung Pinang

Sungai Ular – Mengingat tentang Kepulauan Riau pasti yang terbesit di pikiran kita adalah wisata pantai yang begitu memukau. Karena berkunjung ke Kepulauan Riau memang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata baharinya. Selain pantainya Tanjung Pinang juga terkenal dengan sungainya yang eksotis dan unik. Salah satu ciri khas yang membuatnya unik adalah alurnya yang berkelok – kelok menyerupai ular. Sungai tersebut adalah Sungai Ular. Informasi lebih lengkapnya tentang Sungai Ular dapat Anda simak dibawah ini.

Wisata Sungai Di Tanjung Pinang

Sebuah kota tua, yah itu salah satu gambaran jika Anda berkunjung ke Negri Gurindam ini. Kota ini yang menjadi ibukota di Kepulauan Riau. Jajaran toko beraksitektur zaman dahulu pun masih melekat di kota ini. Kota yang nyaman dan tenang ini akan membuat anda semakin betah untuk menjelajahi wisata bahari ataupun kulinernya. Tanjung pinang memiliki pesona yang menarik dengan baragam budaya dan suku bangsa dari seluruh Indonesia. Bahasa Melayu di kota ini tergolong klasik dan sedikit unik terdengar di telinga orang – orang dari luar kota. Selain itu Tanjung Pinang memiliki cukup banyak area wisata, mulai dari Pulau Penyengat yang hanya berjarak kurang lebih satu mil  atau sekitar 1,6 km dari pelabuhan laut Tanjung Pinang dan hutan bakau Sungai Dompak. Tak ketinggalan juga wisata sungai yang begitu unik disini, salah satunya adalah Sungai Ular.

Baca juga: Uniknya Obyek Wisata Pasar Terapung Lok Baintan di Banjar

Tanjung Pinang terdiri dari 4 kecamatan. Letaknya yang strategis membuat pulau ini mudah dicapai baik oleh wisatawan domestic maupun wisatawan asing, dengan menggunakan transportasi laut maupun udara. Untuk jalur udara Tanjung Pinang mengandalkan Bandara Raja Haji Fisabilillah yang terus melakukan perbaikan insfraturtur. Bandara ini terletak sekitar 10 km dari Tanjung Pinang.

Lokasi Sungai Ular

Sungai ini berada berseberangan dengan pusat kota Tanjung Pinang. Untuk mencapai lokasi ini pengunjung dapat menggunakan jasa pompong atau perahu yang bisanya digunakan oleh warga sekitar dengan biaya Rp 50 ribu per orang dari pelabuhan rakyat Pelantar II dengan jarak tempuh sekitar lima belas menit.

Bermain Ke Sungai Ular

Tunggu dulu ya, jangan mengira bahwa sungai ini terdapat banyak ular yang tinggal atau sebagainya, tapi sebenarnya nama itu hanya menggambarkan bentuk sungai yang berliku – liku mirip seperti ular. Sungai yang berliku – liku ini banyak ditumbuhi bakau. Di hulu sungai terdapat kuil Budha berumur sekitar 300 tahun. Pada dinding kuil ini terdapat lukisan lama yang menggambarkan kehidupan neraka bagi orang – orang yang tidak berbudi luhur dalam hidupnya.

Singgah ke Sungai Ular

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Sungai Ular tidak perlu khawatir untuk memikirkan tempat untuk istirahat. Pasalnya di sekitar kawasan Sungai Ular ini terdapat fasilitas penginapan seperti hotel yang telah tersedia ataupun penginapan yang disediakan warga.

Wisata di sekitar Sungai Ular

Pengunjung tidak hanya akan melihat sungai disini, terdapat juga hutan bakau yang banyak tumbuh di sepanjang sungai ini, jadi pengunjung yang melintasi sungai ini dengan menggunakan pompong dapat menikmati pemandangan bakau sekaligus. Tidak hanya itu di dekat sungai Ular ini tepatnya di kampung Bugis terdapat sebuah Klenteng bernama Klenteng Anio. Klenteng ini dipercaya orang cina, yaitu apabila seseorang belum mendapatkan jodoh, sembahyang di klenteng ini akan segera mendapat jodoh. Walaupun usia klenteng ini sudah mencapai sekitar 200 tahun, tetapi keadaannya sampai sekarang masih terawat dengan baik.

Tips Wisata ke Sungai Ular

  1. Perhatikan musim

Wisata mengunjungi sungai memang menyenangkan, namun alangkah baiknya jika para pengunjung tetap memerharikan keselamatan di sekitarnya. Terutama di bulan penghujan, maka dari itu sebaiknya hindari mengunjungi sungai pada musim penghujan. Dikhawatirkan sungai akan meluap

  1. Menjaga keamanan

Pastikan membawa peralatan untuk pribadi seperti pelampung atau ban untuk berjaga – jaga disaat kondisi darurat.

  1. Waktu

Sebaiknya jika bermain di Sungai Ular tidak sampai terlalu malam. Pasalnya disekitar sungai terdapat hutan bakau yang rimbun. Dan pada malam hari jarak pandang terbatas dengan kondisi yang gelap

  1. Menjaga lingkungan

Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan agar ekosistem yang terdapat didalamnya tetap tumbuh dengan baik.

Semoga artikel ini dapat membantu para wisatan berlibur. terimakasih

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *