Sumpek dan Stres di Jakarta, Sejukkan Pikiran di 6 Hutan Ini yuk..

Sering terjadi kemacetan lalu lintas, padat penduduk, tekanan kerja atau kebisingan kota, membuat banyak orang dilanda stres. Pikiran yang stres jangan dibiarkan begitu saja. Karena, dalam kasus yang serius, stres bisa berakibat depresi hingga gangguan penyakit lain.

Cara melarikan diri saat stres melanda di ibukota tak sulit kok. Terlebih lagi, sekarang tidak perlu jauh – jauh ke Kalimantan hanya untuk menemukan kesejukan belantara yang indah. Temukan kedamaian dan keteduhan pikiran di dalam belantara sejuk yang tepat berada di sekitar kota Jakarta.

Yuk, tengok beberapa destinasi sejuk dengan nuansa hutan yang ada di ibukota metropolitan:

Hutan Kota Sangga Buana

Wilayah bantaran kali Pesanggrahan dahulunya juga kurang terawat dan seringkali kotor karena menjadi pemukiman kumuh. Saat ini, pemerintah setempat mencanangkan Kali Pesanggrahan sebagai hutan kota yang dilestarikan keindahan alamnya.

Selain mendapatkan udara bersih, segar dan sejuk, dalam hutan kota, pengunjung juga dapat menjumpai adanya peternakan hewan, serta kebun sayuran dan buah organik. Hutan kota Sangga Buana juga memiliki tempat pengolahan sampah yang inovatif.

Jadi, sewaktu bersantai di dalam hutan kota Sangga Buana, kamu bisa sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang pelestarian alam dan peternakan atau perkebunan. Keren, kan!

Hutan Kota Kemayoran

traveltipy.com

 

Di tengah kebisingan kota yang penuh dengan tekanan dan membuat banyak orang stres, hutan kota Kemayoran hadir di tengah masyarakat untuk memberikan kesejukan. Sebuah lahan bekas bandara Kemayoran, hutan kota memberikan pemandangan segar dan menyejukkan mata.

Masih di dalam hutan kota, terdapat banyak satwa liar seperti angsa, burung, serta serangga. Adanya habitat alam bebas di tengah kota ini seolah menciptakan oase atau wadi di tengah kegersangan hiburan penuh nuansa kesejukan bagi masyarakat urban.

Hutan Kota Tebet

rumahijau.web.id

 

Perbedaan signifikan bisa dilihat di hutan kota Tebet. Padahal, dahulunya tempat ini merupakan lokasi pemukiman padat penduduk dan terkesan kumuh tak beraturan. Setelah, pemprov DKI merenovasi, kini hutan kota Tebet menjadi lokasi favorit warga Tebet untuk bersantai atau berolahraga.

Yang pasti kesegaran dan kesejukan hutan kota Tebet tak kalah dari hutan rimba. Selain itu, di dalamnya sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari trek khusus untuk berjalan kaki atau jogging dan lari, kemudian taman untuk refleksi telapak kaki, arena bermain anak – anak dan plaza untuk duduk – duduk atau piknik. Dijamin betah deh menikmati kesejukan di tengah kota ini.

Hutan Kota Universitas Indonesia

wisatajakarta.net

 

Proyek hutan buatan di ibukota juga bisa dijumpai di sekitar wilayah Kampus Universitas Indonesia. Tempat yang sering dijadikan tempat penelitian mahasiswa ini berada di pinggir kota metropolitan dan terbuka untuk kalangan masyarakat umum.

Di dalam hutan kota Universitas Indonesia, ada jalur khusus untuk sepeda down hill yang lintasannya cukup menggetarkan adrenalin. Ada juga danau buatan yang biasanya dipakai untuk memancing ikan.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

blogspot.com

 

Berada di sekitar pantai, tak heran jika di kawasan Pantai Indah Kapuk bisa dijumpai hutan berupa mangrove atau hutan bakau.

Umumnya, wisatawan lebih mengenal kep. Seribu atau plesiran ke Pulau Bidadari untuk menjumpai mangrove. Tetapi, tak perlu jauh – jauh dari pusat kota Jakarta, karena di sisi Pantai Indah Kapuk, pengunjung bisa mengakses hutan mangrove dengan menumpang kapal cepat atau perahu.

Baca juga:

Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Mangrove Pesisir Jakarta

 

Hutan Kota Srengseng

hlmwaton

 

Melihat keasrian hutan kota Srengseng, siapa yang menyangka jika hutan ini dahulunya adalah tempat pembuangan sampah. Bertahun – tahun tak pernah dilirik wisatawan sekali pun, kini lokasi ini disulap menjadi tempat yang berpanorama hijau meneduhkan hati.

Pepohonan yang rimbun dan rindang, membuat banyak orang senang berlama – lama menghabiskan waktu untuk bersantai atau berolahraga. Tepat di tengah hutan kota Srengseng, ada sebuah danau buatan yang menimbulkan suasana air gemericik menghilangkan rasa suntuk dan stres.

Untuk menambah kenyamanan, di hutan kota Srengseng, pengunjung anak – anak bisa mencoba arena tempat bermain atau playground sebagai hiburan si kecil. Jadi, saat orang tua sedang santai atau olahraga, anak – anak tidak akan pernah bosan bermain.

***

Gimana, siap liburan akhir pekan ini? Have a nice travelling ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *