Suka Mendaki Gunung? Ini 7 Destinasi Pendakian di Jateng yang Seru Untuk Liburan Berikutnya

Kebisingan dan hiruk pikuk perkotaan bisa jadi memberikan tekanan pada pikiran. Masyarakat urban yang modern dan punya ritme aktivitas yang sibuk sangat rentan terkena stres dan butuh pelarian untuk menghadapi tekanan agar bisa sedikit rileks.

Salah satu cara mudah menghibur pikiran agar sejenak lupa dengan masalah adalah mendaki ke gunung. Tempat yang tenang dan sejuk akan memberikan relaksasi ketika syaraf dan otot tubuh sedang stres atau tegang.

Oleh karena itu, berikut kami sajikan 8 destinasi pendakian gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk liburanmu berikutnya:

Gunung Sindoro – Temanggung

temanggungan.com

 

Gunung setinggi 3.150 meter di atas permukaan laut ini membutuhkan waktu pendakian sekitar 5-6 jam. Pemandangan indah yang tersaji di depan mata semakin menambah keteduhan hati dan penglihatan. Bunga – bunga edelweis putih yang tangguh terbentang seperti karpet alami membentuk savanna yang luar biasa.

Gunung Sumbing – Wonosobo

pergiyuk.com

 

Berketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut, Gunung Sumbing di Wonosobo menyimpan cerita indah tersendiri. Selain tempat yang indah, pendaki biasanya memiliki kebanggan tersendiri saat mampu menggapai puncak ketiga di Pulau Jawa ini.

Gunung Ungaran – Semarang

Indahnya kota Semarang, bisa dinikmati dari atas gunung Ungaran yang berketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Hebatnya lagi, gunung ini menjadi tuan rumah untuk berbagai jenis satwa langka dan dilindungi seperti elang bondol, kijang, trenggiling dan sebagainya.

Gunung Prau – Wonosobo

Wonosobo juga memiliki jalur pendakian Gunung Prau yang menantang. Ketinggiannya ada di angka 3.000 meter di atas permukaan laut. Selama pendakian, para pengunjung akan disuguhi keindahan bukit – bukit hijau yang mirip seperti bukit di serial anak Teletubbies.

baca juga:

Jelajah Alam Rimba, 6 Bukit Ini Bakal Ubah Pandanganmu Tentang Liburan

Gunung Andong – Magelang

Tak terlalu sulit mendaki Gunung Andong, pasalnya pendakian bisa ditempuh sekitar 2 jam hingga 3 jam. Berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Jalur pendakian yang lumayan pendek, dan singkat sangat cocok untuk tipe pendaki pemula atau yang baru mencoba pertama kali hiking alias mendaki gunung. Pemandangannya pun tak kalah keren, terutama saat berada di puncaknya.

Gunung Lawu – Karanganyar

Salah satu gunung angker yang ada di Jawa Tengah ini memiliki berjuta cerita dan mitos misteri yang melingkupinya. Pada masa penjajahan kolonial Belanda, jalur gunung Lawu menjadi salah satu rute para pejuang pribumi untuk mencari jalur gerilya dan bersembunyi.

Tak pelak, di sekitar rute pendakian Gunung Lawu terdapat banyak goa – goa yang dibuat ataupun alamo bekas persembunyian para warga pribumi di masa lalu. Selain itu, pada masa sekarang masih kerap di pakai untuk bertapa atau bermeditasi bagi masyarakat tertentu (penganut kepercayaan jawa) yang ingin mencari pesugihan atau kekayaan.

Di puncak Gunung Lawu, pendaki bisa menyaksikan kota – kota di Jawa Timur seperti Magetan, Nganjuk dan sebagainya. Bahkan, puncak gunung Semeru juga terlihat dari kejauhan. Jalur pendakian bisa dimulai dari rute Cemoro Sewu di Magetan, Candi Cetho, dan lain – lain.

Di Jawa Tengah, gunung yang memiliki ketinggian 3.645 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Pada tanggal 1 Suro atau tahun baru pada penanggalan Jawa banyak warga lokal yang menganut kepercayaan tertentu melakukan ziarah atau pendakian hingga puncak gunung semeru seperti yang dilakukan oleh nenek moyang mereka dan terinspirasi dari para pejuang gerilya seperti Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman.

Yang lebih eksotis lagi, para pendaki bisa menyaksikan di depan mata, matahari terbit yang mulai tersenyum dari puncak Gunung Lawu dengan begitu jelas yang akan menjadi momen emas tak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Gunung Merapi – Boyolali

Siapa yang tak tahu gunung Merapi? Sempat booming pada era 80 hingga 90-an karena diangkat menjadi sebuah film layar lebar yang bertema mitos dan legenda yang terjadi di sekitar Gunung Merapi. Di wilayah gunung Merapi, masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai petani sayuran karena tanah yang sangat subur dan mengandung mineral tinggi.

Gunung yang berketinggian hingga 2.930 meter di atas permukaan tanah ini melingkupi beberapa wilayah. Antara lain, Surakarta, Boyolali, Klaten, Magelang, Sleman, Yogyakarta. Di sekitar Gunung Merapi, masyarakat bisa menyaksikan sebuah museum bekas sisa – sisa keganasan Wedhus Gembel atau awan panas akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.

***

yuk, kemasi ranselmu dan berangkat liburan..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *