Sudah Pernah Coba Snorkeling? Selami 7 Spot Diving Favorit di Indonesia Ini

Saat liburan panjang tiba, mengunjungi berbagai tempat wisata alam merupakan pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan suasana damai dari alam dapat membuat pikiran fresh dan kembali tenang.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan snorkeling. Snorkeling sendiri merupakan suatu aktivitas melihat pemandangan alam di dasar laut. Kegiatan ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental karena melihat indahnya pemandangan dasar laut.

Untuk melakukan snorkeling, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri karena Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk snorkeling. Yuk intip di mana saja tempatnya.

Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tengah

Destinasi nasional Taman Nasional Wakatobi yang berada di Sulawesi Tengah ini merupakan taman laut terbesar kedua di Indonesia yang telah diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1996.

Taman Nasional Wakatobi ini memiliki berbagai keragaman kekayaan alam yang tentu sangat indah di dasar laut. Perlu diketahui, ternyata Wakatobi merupakan singkatan dari Wangi-wangi, Kaledupa,Tomia dan Binongko.

Salah satu tempat terbaik untuk snorkeling di Taman Nasional Wakatobi ini adalah Tomia. Ketika kamu berenang dan menyelam ke dasar laut kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah seperti terumbu karang dan ikan warna-warni. Seperti melihat surga dasar laut ya.

Pantai Tangsi di Pulau Komodo

Pantai Tangsi yang terletak di Pulau Komodo ini terkenal dengan keindahan dan pasir berwarna pink yang sangat unik.

Selain keindahan pantainya, pemandangan lautnya juga tidak kalah menarik. Di dasar laut dari Pantai Tangsi ini, terdapat berbagai macam terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan dan biota laut yang cantik.

Bahkan lautnya memiliki ombak yang tenang sehingga Anda juga dapat melakukan snorkeling dengan nyaman dan tenang di pantai ini.

Pulau Menjangan di Bali

Pulau Menjangan yang terletak pada Taman Nasional Bali Barat ini menyuguhkan keindahan pemandangan bawah laut.

Di pulau ini terdapat berbagai Rusa liar yang dapat Anda saksikan. Akses menuju pulau ini pun tak sulit yaitu hanya berjarak 15 Km saja dari pelabuhan Gilimanuk Bali.

Tentunya saat kamu snorkeling kamu akan menemukan pemandangan bawah laut yang cantik dan berbagai jenis terumbu karang.

Karimunjawa di Jawa Tengah

Karimunjawa yang berada di Jawa Tengah ini seringkali disebut-sebut sebagai tempat snorkeling terbaik di Indonesia.

Snorkeling menjadi aktivitas utama di Karimunjawa. Selain snorkeling, Anda juga dapat menikmati pantainya karena masih bersih dan indah.

Dengan pemandangan lautnya yang luar biasa, Anda akan menemukan berbagai ikan berbagai macam warna yang cantik serta terumbu karang yang dilindungi.

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan ini terletak di Kalimantan Timur dan sering disebut sebagai surganya Pulau Kalimantan. Hal ini dikarenakan, berbagai pemandangan indah akan kalian temukan saat berkunjung ke tempat ini.

Bagi para turis yang berkunjung, hamparan pasir putih serta pemandangan bawah laut yang cantik menjadi salah satu daya tariknya.

Bila ingin mendapatkan spot terbaik untuk snorkeling di kepulauan ini, Anda dapat mencoba untuk datang ke Pulau Sangalaki yang didalamnya terdapat penyu dan ikan pari raksasa.

baca juga:

Serunya Island Hopping Trip Ujung Kulon: Sensasi Liburan Ala Selebriti di Pulau Pribadi

 

Pulau Weh di Sumatera

Pulau Weh atau yang sering dikenal dengan nama Sabang ini merupakan pulau vulkanik kecil yang berada di barat pulau Sumatra.

Dengan menggunakan kapal feri, dari Banda Aceh menuju pulau Weh hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Lamanya perjalanan menuju pulau Weh tidaklah sebanding dengan keindahan alam laut yang disuguhkan.

Pulau Weh adalah ekosistem laut yang sangat kaya. Karena terkenal akan kehidupan lautnya, pemerintah Indonesia sangat melindungi kelestarian yang ada di pulau Weh.

Beberapa spesies batu koral langka bisa ditemukan di pulau ini.

Pulau Bunaken di Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken menjadi tempat favorit para penyelam dari beberapa belahan dunia karena adanya aneka ragam kehidupan laut yang dapat dijumpai di sana.

Air lautnya juga sangat jernih sehingga sangat mudah melihat ikan berenang. Di pulau ini terdapat dari lebih 70 jenis terumbu karang, 5 jenis kura-kura, dan juga beberapa hiu karang.

Bahkan buaya air asin juga bisa dilihat di Taman Laut Bunaken. Pulau Bunaken sudah tenar ke seluruh dunia sebagai spot diving dan snorkeling terbaik di planet bumi.

Itulah beberapa destinasi wisata untuk snorkeling yang wajib kalian datangi terutama untuk Anda yang senang melakukan snorkeling. Jadi tempat manakah yang menjadi tujuan pertama Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.