Street Food ala Turki Terbaik yang Belum Kamu Ketahui

Masakan Turki sangat beragam dan bervariasi, dari hidangan Ottoman yang sengaja diperkenalkan kembali hingga banyak resep dari banyak daerah di negara Kaisar Ottoman.

Tentu saja, salah satu kategori makanan yang paling digemari di Turki juga adalah makanan jalanan yang lezat. Meskipun, seringkali dijual saat malam hari, soal citarasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Selain itu, bagi wisatawan muslim yang ingin memastikan kehalalannya, beberapa makanan jalanan Turki insya alloh terjamin aman.

Simit

grandturkishbazaar

Hidangan utama saat sarapan di Turki adalah Simit. Kue ini berbentuk bundar yang seluruhnya dilapisi biji wijen. Kue ini telah menjadi semacam ikon dalam hal makanan jalanan Turki.

Pembeli bisa meminta tambahan pasta zaitun dan segelas teh Turki untuk melengkapi menu makan pagi.

Balık Ekmek

yemektekeyifvar

Makanan jalanan yang populer dari Istanbul, terutama di lingkungan Eminönü.

Balık ekmek adalah fillet ikan panggang segar yang dikemas dalam setengah roti putih dengan banyak bawang, tomat, salad, dan rempah-rempah.

Kağıt Helva

alniaciklar

Hampir setiap orang Turki memiliki memori masa kanak-kanak ketika dimasakkan menu ini oleh sang ibunda. Atau, mungkin ibunda pernah membelikan kağıt helva ketika berjalan-jalan di kota.

Sajian lezat ini menampilkan wafer tipis tipis yang diisi dengan lapisan susu kental.

Islak Burger

wp

Camilan larut malam yang terkenal, islak hamburger (secara harfiah diterjemahkan sebagai “hamburger basah”) adalah burger dengan banyak saus yang dikukus selama berjam-jam.

Ini adalah camilan kenyal yang lezat yang cocok dengan ayran (minuman yogurt).

Dürüm

tripadvisor

Sebagai makanan jalanan, versi terbaik dari döner ada di dalam dürüm. Menu ini berarti irisan tipis daging dari ludah yang berputar digulung dalam roti lavash. Kemudian, diisi dengan salad dan terkadang keju kaşar yang meleleh.

Midye Dolma

cnnturk

Kerang berisi nasi herba, kismis, dan kacang pinus adalah jajanan kaki lima klasik lainnya.

Penjual akan terus memberikan Anda yang baru dengan sedikit lemon sampai Anda merasa puas dan kekenyangan.

Baca juga:

Budget Travelling Mepet, Ini Aktivitas Pengganti yang Tak Kalah Seru

Kestane dan Mısır

pikist

Tentunya beberapa pilihan yang lebih sehat dalam campuran berbagai kombinasi pelengkap. Di musim dingin, chestnut panggang adalah salah satu makanan jalanan paling popule.

Tentunya salah satu yang paling hangat, sementara jagung rebus yang direbus dengan susu atau dipanggang juga cukup enak.

Kokoreç

turkishfoodie

Jajanan pinggir jalan ini memiliki rasa yang sedikit didapat. Karena berupa usus domba panggang berminyak yang dipotong, dibumbui dengan rempah-rempah, dan ditempatkan ke dalam sandwich.

Tavuk Pilav

yemek

Salah satu jajanan pinggir jalan yang paling nyaman, Tavuk Pilav hanyalah nasi mentega dengan buncis di atasnya dengan dada ayam. Banyak orang juga suka menambahkan saus tomat ke dalamnya.

 

Kumpir

Move 2 Turkey

Kentang panggang yang diisi dengan segala sesuatu yang bisa dibayangkan adalah makanan jalanan yang cukup enak. Pastikan untuk mendapatkan beberapa sosis dan Rus Salatası (salad mayones dengan kentang, wortel, kacang polong, dan acar).

 

Kopi Turki

allturkey

Turki juga terkenal akan cita rasa kopi yang mantap. Uniknya, kopi di Turki bisa menjadi salah satu sarana yang menghibur bagi wisatawan. Sebab, cangkir kopi Turki dibuat sebagai permainan meramal nasib yang sangat populer.

Caranya, adalah melihat bubuk kopi yang berada di bagian dasar cangkir sebagai cerminan masa lalu dan masa depan si peminum. Setelah selesai minum kopi, lapisan residu kopi bubuk yang tebal akan mengendap di bagian dasar cangkir. Segera tutup cangkir dengan tatakannya, lalu balikkan.

Ketika cangkir sudah dingin, bentuk daun yang ada di sisi cangkir akan diterawang oleh Falci atau si peramal.

 

Kopi Termasuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO

istanbultravelguide

Pembuatan kopi Turki telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Budaya Tak Berwujud Unesco pada tahun 2013. Tradisi ini sendiri juga telah diakui sebagai simbol keramahtamahan dan persahabatan.

Karena, dengan kopi, masyarakat bisa saling bertemu di kedai kopi untuk bercakap-cakap.

Kopi ditawarkan kepada pengunjung sebagai tanda menyambut tamu. Pentingnya minuman dalam acara-acara sosial juga merupakan faktor penting penyajian kopi. Biasanya, kopi disajikan selama liburan dan upacara pertunangan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.