Spektakuler! 7 Tips Wisata ke Pulau Kei di Maluku Tenggara, Surga Liburan yang Tersembunyi

Lokasi yang indah dan terpencil mungkin membuat sejumlah pelancong bertanya  – tanya seperti apakah perjalanan ke Pulau Kei yang masih sepi pengunjung. Berada di provinsi Maluku Tenggara, Pulau Kei ibarat sebuah surga liburan yang tersembunyi.

Bentangan alam pasir pantai yang putih dan halus, bersentuhan langsung dengan pantai yang jernih bergradasi biru tosca. Belum lagi, sejuknya angin semilir yang berhembus membelai para wisatawan. Seolah menyambut kedatangan pelancong dengan suka cita dan penuh keramahan.

Jangan takut melancong ke Pulau Kei! Anda hanya perlu menyimak beberapa tips berikut untuk memaksimalkan liburan ke surga eksotis di tanah Mutiara Hitam dari Timur ini

1. Memilih Penerbangan

wallpaperstudio10.com

Memang sejauh ini belum ada penerbangan langsung dari ibukota Jakarta atau dari kota lain yang menjadi pusat kunjungan turis seperti bandara Denpasar Ngurah Rai. Akan tetapi, pelancong yang memilih jalur transportasi udara masih bisa menggunakan bandara di Ambon atau Makassar sebelum menuju ke Maluku.

2. Memilih waktu berkunjung

dantoadityo.com

Di bagian timur Nusantara, masyarakat mengenal musim barat dan musim timur. Sebaiknya pilihlah musim barat jika akan berkunjung ke Pulau Kei. Pasalnya, pada musim barat cuaca relatif sangat buruk dengan intensitas hujan yang tinggi bahkan bisa terjadi badai atau angin kencang. Meskipun tarif liburan bisa lebih murah, tapi apa gunanya bila Anda hanya bisa berdiam di hotel tanpa banyak aktivitas di luar ruangan karena terganggu cuaca buruk.

3. Menyewa kapal atau speed boat

bp.blogspot.com

Untuk mengunjungi pulau Kei, pelancong harus menyewa speedboat agar bisa island hopping. Nah, di sinilah manfaatnya jika memiliki liburan rame – rama atau bergaya share cost. Dana untuk menyewa perahu atau speed boat bisa dibuat patungan beramai – ramai. Misalnya, satu hari sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta. Bila dibagi dengan teman sesama pelancong 5 orang, masing – masing hanya merogoh kocek sekitar 200 ribuan. Bila datang sendiri, coba carilah teman sesama wisatawan yang akan menaiki atau menumpang kapal untuk menghemat budget.

Baca juga:

Asyik, Ini 4 Tempat Wisata di Riau yang Murah dan Instagenik Buat Liburan

 

4. Memilih transportasi umum lokal

jadiberita.com

Di Pulau Kei sendiri sudah banyak angkutan umum lokal yang mengantarkan para masyarakat umum atau pelancong. Bila dirasa lebih mudah, tak ada salahnya menyewa angkutan umum untuk menuju beberapa tempat atau atraksi wisata pilihan yang menarik di dalam pulau via jalur darat yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

5. Pilih lokasi Kei Kecil atau Kei Besar

obs.line-scdn.net

Bagi kalangan wisatawan, umumnya pulau Kei Kecil lebih populer dengan berbagai atraksi wisata yang memukau. Seperti Patung Yesus di atas bukit, Gua Hawang, Pantai Pasir Panjang serta Ngurtavur.

Sementara itu, Kei Besar memiliki liburan yang lebih menantang untuk pecinta petualangan out door. Seperti hiking perbukitan dan trekking ke air terjun yang menyegarkan pikiran. Bisa liburan sembari berolahraga.

6. Mempersiapkan alat komunikasi

www.travelagent.co.id

Sebagai pelancong, alat komunikasi seperti HP memang sangat dibutuhkan. Terutama untuk menghubungkan dengan sanak saudara, kerabat atau teman – teman sesama pelancong. Nah, di pulau Kei sinyal komunikasi memang masih minim. Hanya ada satu jaringan komunikasi yang berfungsi yaitu Telkomsel. Jadi, persiapkan saja sedari awal dengan membeli kartu tersebut agar komunikasi tetap lancar untuk menjadikan perjalanan lebih menyenangkan.

7. Belanja oleh – oleh di Kota Tual

dantoadityo.com

Sebagai pelancong yang mengunjungi tempat baru, tak lengkap rasanya tanpa membeli oleh – oleh untuk cinderamata atau buah tangan keluarga di rumah. Sayangnya, di pulau Kei sendiri masih terasa sulit untuk mendapatkan oleh – oleh yang praktis dan terjangkau. Kebanyakan berupa hasil tangkapan laut segar seperti ikan. Namun, pelancong bisa bertolak ke kota Tual yang berada di dekat pusat kota untuk mendapatkan berbagai jenis oleh – oleh khas Maluku. Seperti kerajinan tangan atau camilan lokal.

Pilihan oleh – oleh khas Pulau Kei seperti kepiting, seafood yang bisa dikemas dengan baik dan praktis untuk dibawa bepergian. Kepiting berukuran sekitar 2 kg, dihargai Rp 100 ribuan. Hmm… nyam… nyam..

Nah, sudah tak sabar ingin melancong ke Pulau Kei? Pastikan dulu Anda sudah memesan paket wisata ke Maluku Tenggara bersama agen travel wisata terpercaya dan profesional, Jari Adventure. Okei, sekarang berangkat yuk ke Pulau Kei..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.