Snorkeling Terbaik Dunia, 4 Tempat Wisata di Labuan Bajo yang Harus Dituju

Selain Raja Ampat, salah satu tempat snorkeling terbaik di dunia adalah Labuan Bajo. Kini, Labuan Bajo telah dinobatkan sebagai loaksi snorkeling terbaik di dunia yang berada di urutan ke dua setelah Raja Ampat.

Labuan Bajo telah mengalahkan Kepulauan Gala pagos yang ada di Amerika Serikat. Berita ini disampaikan oleh CNN Internasional di tahun 2015 lalu.

Kota yang berada di ujung barat Pulau Flores ini memiliki banyak sekali daya Tarik yang dapat menarik wisatawan hingga mancanegara.

Salah satunya, Anda bisa berlayar dari pulau satu ke yang lainnya di Labuan Bajo. Semua pulau yang ada di Flores meiliki keunikannya masing-masing.

Ada yang letaknya jauh dari pelabuhan, ada yang harus menempuh waktu 2 jam, ada yang sangat dekat, bahkan ada juga yang harus menghabiskan waktu 4-5 jam pelayaran.

Oleh karena itu, Anda tidak akan cukup berlibur dengan waktu 1-2 hari saja di Labuan Bajo. Untuk mengeksplore segala keunikannya, Anda membutuhkan waktu 3-4 hari untuk berlayar.

Tenang saja, seluruh pengunjung bisa menginap di kapal lebih dari 72 jam di lautan. Dengan masa liburan yang cukup lama atau longgar, maka liburan di sini akan terasa menyenangkan.

Namun, bagaimana jika waktu berlibur hanya sedikit? Apa Anda bisa berlibur di beberapa pulau di sini? Tentu saja bisa.

Fasilitas One Day Trip

Di Labuan Bajo terdapat kapal yang menyediakan fasilitas one day trip dan tentu saja biayanya akan jauh lebih murah. Biayanya hanya sekitar 500 ribu rupiah per orangnya daripada paket 3-4 hari yang akan menghabiskan budget sekitar 2,5 hingga 3 juta per orangnya.

Pengunjunng bisa menawar one day trip langsung kepada pemilik kapal yang bisaanya kapalnya disandarkan di area Pelabuhan PELNI. Anda bisa menyiapkan budget sekitar 700 ribu hingga 1,5 juta per kapal nya dari pagi hingga matahari terbenam.

Dengan harga yang jauh lebih murah dan hari yang sedikit tentu saja membuat perjalanan jauh lebih cepat, dan pulau yang dikunjungi juga sedikit. Tapi, Anda tetap tidak akan rugi meski hanya mengunjungi beberapa pulau saja

Lalu, pulau apa saja yang bisa dikunjungi dalam waktu sehari saja?

1.    Pulau Kelor

Pulau Kelor adalah lokasi terdekat yang bisa dijangkau dari Labuan Bajo. Uniknya, pulau ini memiliki dataran yang kecil serta bukit dengan bentuk mirip kerucut di tengah datarannya. Setelah mencapai pulau ini, Anda bisa melakukan tracking menuju puncak bukit ini.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Meski tidak terlalu tinggi, tapi track nya licin dan juga terjal. Bahkan, kemiringannya mencapai 60 derajat.

Jangan dianggap remeh karena butuh usaha yang juga keras. Ketika sudah sampai di area puncak, lelah akan terbayar dengan keindahan dari Pulau Kelor. Anda dapat melihat Pulau Menjaga yang terlihat seperti tumpukan segitiga.

Pulau ini masih belum berpenghuni. Bawalah tenda dom jika ingin menginap di sini. Tak hanya tracking dan berkemah, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan snorkeling. Anda akan dimanjakan dengan koral yang warna warni serta ikan yang beragam jenis.

2.    Pulau Rinca

Jika Pulau Komodo adalah pulau terbesar di Taman Nasional Komodo, maka Pulau Rinca ada di kedudukan kedua. Di sini, Anda dapat menemukan spesies reptile raksasa yaitu Komodo.

Pulau yang juga disebut dengan Loh Buaya ini dihuni oleh ribuan komodo. Untuk mengunjungi mereka, ANda harus melakukan tracking yang memiliki 3 jarak. Short track hanya berjarak 2 km saja, medium 4 km, sedangkan long tracking sejauh 7 km.

Tak hanya komodo, spesies hewan liar seperti rusa, kerbau, dan babi hutan juga hidup bebas disini. Namun, Anda dilarang memberi makanan kepada mereka apalagi membawa makanan dengan aroma yang menyengat. Tiketnya hanya 90 ribu saja, untuk turis asing dihargai seharga 300 ribuan.

Baca juga:

Banyak yang Nyeleneh, Anda Wajib Coba 9 Hotel Terunik di Jepang

 

3.    Pulau Kanawa

Berkunjung ke pulau ini kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi resornya yang sangat eksotis. Resor ini dikelola oleh orang asing, namun jangan segan untuk mengunjunginya bahkan hanya untuk sekedar berfoto.

Pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih dengan jutaan terumbu karang serta ikan yang beragam di dalamnya.

4.    Pulau Bidadari

Kecantikannya yang alami membuat pulau ini wajib untuk dikunjungi. Pulau ini juga menjadi spot favorit untuk aktivitas snorkeling. Bahkan ikan dan terumbu karangnya sama cantiknya dengan Pulau Kanawa dan Kelor.

Lokasinya yang dekat dengan Labuan Bajo membuat Pulau Bidadari sering dikunjungi wisatawan. Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam saja dengan kapal untuk mencapai daratannya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.