Snorkeling Asyik di Pulau Harapan, Menepis Kepadatan Ibukota Jakarta

Pulau Harapan merupakan sebuah daerah kelurahan, tepatnya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Wilayah ini berjarak kurang lebih 60 km dari daratan Jakarta.

Untuk menuju ke tempat ini perjalanan dilakukan dengan kapal selama lebih kurang 2 sampai 3 jam. Pulau Harapan merupakan sebuah pulau yang saat ini difungsikan tempat rekreasi dan konservasi.

Pulau Harapan terdiri dari beberapa pulau yang dibagi menjadi 4 zona, yaitu zona pemukiman, zona pulau wisata, zona inti perlindungan dan zona cagar alam.

Para pengunjung akan menghadapi berbagai macam nuansa wisata yang menantang, mengagumkan, dan penuh edukasi. Rasanya sangat disayangkan jika tidak bisa menikmati semua wahana yang tersedia di Pulau Harapan ini.

1.    Spot Snorkeling di Pulau Harapan

Snorkeling sejatinya menjadi kegiatan wajib bagi para pengunjung selama di berada di Pulau Harapan.

Karena airnya yang jernih dan karangnya yang cukup bagus serta ikan-ikan dari berbagai macam spesies menghiasi indahnya alam bawah laut.

Untuk melakukan snorkeling pengunjung harus menyewa kapal dengan kisaran harga Rp 450.000,00 per hari.

Selain itu juga jika tidak membawa alat snorkeling sendiri di tempat ini tersedia fasilitas penyewaan alat snorkeling mulai dari RP 35.000,00.

2.    Spot-spot Pulau yang Indah

Sangat disayangkan jika perjalanan wisata tidak disertai dengan berkeliling ke pulau-pulau yang indah. Di Pulau Harapan terdapat pulau-pulau yang tidak berpenghuni sehingga masih tampak pemandangan yang asri.

Tempat ini tentu cocok untuk berselfie ria. Pulau-pulau tersebut antara lain: Pulau Macan Gundul, Pulau Gosong Perak, Pulau Perak, Pulau Bira, Pulau Bulat dan Pulau Kayu Genteng.

Pulau-pulau tersebut adalah spot yang menarik, apalagi berselfie ketika matahari terbenam.

3.    Wisata Kuliner

Di Pulau Harapan tersedia makanan ringan yang beragam mulai dari sosis ikan, cumi, ebi, leker, rujak, otak-otak, dan lain-lain.

Setelah perjalanan panjang melewati laut, rasanya tidak lengkap kalau menikmati makanan yang tersedia di sini sambil menikmati minuman segar.

Harganya cukup murah dan bersahabat. Dan ketika makam tiba, yang paling pas adalah mencicipi seafood seperti ikan bakar.

4.    Wisata Edukasi Biota Laut

Pengunjung hanya perlu melewati jembatan kayu yang terhubung ke penangkaran penyu hijau, maka akan sampai ke Taman Biota Laut.

Pulau Harapan termasuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Sebagai Seksi Wilayah II, Pulau Harapan menjadi tempat untuk penangkaran dan pengembangbiakan penyu.

Di tempat ini pengunjung bisa menambah wawasan mengenai cara menetaskan telur-telur penyu dengan intervensi manusia.

Pengunjung juga bisa melihat secara langsung berbagai macam spesies penyu, mulai dari penyu sisik sampai penyu hijau.

Tapi penyu-penyu itu masih anak-anaka (tukik) bukan indukan penyu. Dengan membayar sebesar Rp. 5.000 per orang, pengunjung akan diizinkan masuk ke penangkaran penyu.

5.    Hutan Mangrove

Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan mangrove di Pulau Harapan, tepatnya di ujung Pulau Harapan yang mengarah ke Pulau Kelapa.

Di tempat ini dapat dijumpai hamparan tanaman mangrove yang berjajar di sepanjang sisi pantainya. Lokasi ini sangat cocok untuk spot berfoto terutama saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Tempat wisata Pulau Harapan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti dermaga, puskesmas, homestay, warung makan serta pengelolaan air minum.

Selain itu, pulau ini juga memiliki kantor kelurahan, lapangan tenis, taman bermain, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Pengunjung tidak perlu bingung untuk mencari penginapan karena di sini sudah banyak terdapat penginapan dengan fasitilas yang beragam.

Penginapan di Pulau Harapan dilengkapi dengan fasitlitas seperti AC, televisi, kulkas, wifi, tempat tidur ekstra bed, dan bahkan ada yang menyediakan pemandian air panas.

Di Pulau Harapan terdapat beberapa rumah penduduk yang sengaja disewakan sebagai homestay dan yang pasti harganya tergolong lebih murah.

Tips berkunjung ke Pulau Harapan

Saat berwisata ke Pulau Harapan, ada tips-tips yang perlu diperhatikan, di antaranya :

  • Berkunjung ke Pulau Harapan akan lebih asyik jiga beramai-ramai, maka ajaklah teman, kerabat, keluarga, atau saudara untuk berwisata di Pulau Harapan.
  • Tentukan pilihan wisata yang biasa ditawarkan, baik one day trip atau paket bermalam sesuai dengan alokasi waktu yang dimiliki.
  • Menggunakan Agent Travel yang terpercaya adalah pilihan yang tepat dibandingkan berkunjung sendiri ke Pulau Harapan. Kondisi alam wisata yang luas dan berupa hamparan laut, maka agent travel penting untuk menyusun agenda wisata yang tepat.
  • Selalu mematuhi arahan dari Tour Guide demi keselamatan saat berwisata.
  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan sebelum memulai perjalanan di Pulau Harapan.

baca juga:

Pulau Tiga Banten, Destinasi Wisata Baru yang Lagi Naik Daun

6.    Rute transportasi

Untuk sampai ke Pulau Harapan sudah pasti hanya bisa ditempuh dengan jalur laut. Pengunjung dapat memanfaatkan jasa Kapal Ferry maupun kapal tongkang konvensional dari Pelabuhan Kaliadem, belakang Pasar Ikan Muara Angke.

Kapal-kapal tersebut berangkat sekitar pukul 7 sampai 9 pagi. Ongkos yang diperlukan adalah sebesar Rp 50.000 per orang. Perjalanan menghabiskan waktu lebih kurang 3 jam.

7.    Tiket masuk lokasi

Selain melalui Pelabuhan Kaliadem, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Marina, Ancol.

Waktunya relatif lebih singkat, yaitu hanya sekitar 1 sampai 2 jam saja. Namun ongkosnya yang luar biasa berbeda yaitu sekitar Rp 220.000,00 hingga Rp 270.000,00.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.