Wisata Snorkeling Air Tawar di Umbul Ponggok Klaten

Kabupaten Klaten, Jawa Tengah banyak dikenal wisatawan karena salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yaitu kompleks Candi Prambanan berada di sana. Rupanya tak hanya menawarkan wisata sejarah, kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat ini juga memiliki sebuah obyek wisata lumayan baru yang patut dikunjungi. Ya, wisata air tawar Umbul Ponggok coba menawarkan sesuatu yang berbeda kepada pengunjung. Seperti apa sih wisata Umbul Ponggok ini? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Destinasi wisata di Klaten yang satu ini sedang nge-hits di berbagai kalangan terutama kawula muda. Nama Umbul Ponggok terdiri dari dua kata yaitu Umbul yang artinya mata air dan Ponggok yang diambil dari nama sebuah desa. Jadi jika digabungkan nama Umbul Ponggok berarti mata air yang berada di desa Ponggok. Lokasi Umbul Ponggok sendiri tepatnya berada di Jalan Ponggok, Polanharjo, Klaten.

Lokasi dan akses transportasi

Untuk mencapai tempat wisata di Klaten ini, wisatawan yang berangkat dari Jogja langsung saja mencari jurusan ke Klaten. Setelah melewati kota Klaten, carilah Terminal Penggung yang ada di kanan jalan. Setelah sampai pada simpangan traffic light, ambil arah ke desa Ponggok. Anda ambil saja jalan arah ke kiri lalu lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil disebelah kiri jalan. Dari pertigaan tersebut Anda belok kanan, dan kembali mengikuti jalan. Sekitar 2 kilometer, Anda akan menemukan Umbul Ponggok yang berada dipinggir jalan. Yang tidak mau ribet, Anda bisa langsug mengakses google maps dari gadget Anda.

Asyiknya snorkeling di mata air alami Umbul Ponggok

Jika ada beberapa mata air yang dibiarkan alami, mata air Umbul Ponggok disulap menjadi kolam besar yang bisa digunakan untuk snorkeling, diving atau hanya sekedar berenang saja. Jangan takut jika Anda tak memiliki peralatan sendiri karena disini terdapat fasilatas persewaan alat yang lengkap, seperti kaki katak, snorkel dan juga pelampung. Snorkeling di Umbul Ponggok tak kalah menariknya loh dengan snorkeling di laut. Tempat wisata di Klaten ini menawarkan keindahan bermacam-macam ikan, tentu saja ikan air tawar ya. Untuk menambah keindahan dasar kolam, ditempatkan pula beberapa batu dan pasir di kolam sedalam kurang lebih 2,5 meter ini. Karena airnya yang jernih, Anda bisa dengan bebas menikmati keindahan pemandangan di bawah air.

Fasilitas untuk pengunjung

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, Tempat wisata di Klaten, Umbul Ponggok juga terdapat persewaan loker untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda saat ditinggal terjun ke air serta ada pula persewaan bungkus/casing tahan air bagi Anda yang ingin membawa serta gadget kesayangan saat menyelam. Bagi pecinta foto yang lupa membawa kamera, Anda juga tak perlu risau. Tempat wisata di Klaten ini juga menyediakan persewaan kamera underwater untuk mengabadikan indahnyanya bawah air Umbul Ponggok.

Foto Prewedding di dalam air murah

Yang tak kalah seru, di Umbul Ponggok Anda bisa juga melakukan sesi foto pre-wedding di dalam air dengan mnggunakan properti-properti unik seperti sepeda, TV beserta stik playstation. Jika Anda berminat, sediakan budget sekitar 1,5 juta dan juga pakaian pribadi sebab dana itu belum termasuk sewa kostum. Waaah, menarik sekali bukan?  

Harga tiket masuk

Berapa sih tiket yang dipatok untuk menikmati keindahan bawah air tempat wisata di Klaten, Umbul Ponggok? Ternyata cukup murah loh, hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Biaya sewa keperluan alat-alat juga relatif murah, yakni 10 ribu untuk masker/snorkel, 5 ribu untuk pelampung atau kaki katak. Untuk kamera underwater, Anda dikenakan tarif sewa sebesar 60 ribu per 30 menit dan 100 ribu per satu jam.  

Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Klaten, Umbul Ponggok? Bagaimana tidak, tempat wisata di Klaten ini menawarkan wisata yang tak kalah menarik dengan wisata mancanegara, seperti Phuket contohnya.
Daripada jauh-jauh ke Thailand, datang dan berlibur saja ke tempat wisata di Klaten, Umbul Ponggok Klaten yang murah meriah ini. Letaknya yang tak jauh dari Jogja pun bisa mendatangkan manfaat tersendiri. Jika Anda kebetulan berlibur ke Jogja, Anda bisa sekalian mengagendakan Umbul Ponggok sebagai salah satu tempat wisata di Klaten yang akan Anda kunjungi karena sensasi wisata snorkeling air tawar mungkin hanya bisa Anda temui di sini. Dijamin enggak akan menyesal setelah mencoba! (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *