Skip Roma dan Venesia, Saatnya Kamu Mengagumi Pesona Calabria di Italia

Calabria merupakan region yang berada di sebelah selatan Italia. Calabria juga sering disebut sebagai “Tip of Boot”, nama itu sesuai dengan letak geografisnya yang berada di ujung daratan Italia. Meskipun Calabria tidak se-populer Roma dan Venesia, namun Calabria memiliki banyak harta tersembunyi yang tidak Anda temukan di Roma maupun Venesia. Apa saja pesona Calabria yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan dan traveler? Simak berikut ini.

1.    Tropea

Tropea merupakan destinasi wisata utama ketika wisatawan berkunjung ke Calabria. Uniknya, pantainya berbentuk seperti bulan sabit dengan warna air laut yang biru cerah serta pasir putih yang indah. Warna pantai akan berubah warna menjadi sedikit tosca dan silver ketika cahaya matahari mulai meredup kala sore tiba.

Selain pecinta pantai, Tropea menjadi lokasi favorit bagi Anda yang suka berwisata kuliner dan ingin memanjakan lidah. Tropea memiiki beragam kuliner khas yang tersaji di sepanjang kota tua.

2.    Parco Nazionale Della Sila

Selanjutnya ada Silla National Park, salah satu taman nasional yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi ketika berada di Calabria. Taman nasional ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati alam, terutama para pendaki. Tak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa taman nasional ini kurang terawatt. Meskipun begitu, tetap saja tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang keren di Italia.

3.    Scilla

Scilla merupakan destinasi yang sering mendapatkan sebutan Venesia di Selatan. Ada juga yang menyebut tempat ini sebagai “Little Venice”. Memang benar, keindahannya sangat mirip dengan yang ada di Venecia. Selain itu, Anda bisa menemukan beberapa nelayan yang beraktivitas di sini menggunakan jaring tradisionalnya. Tak sedikit turis yang mencoba memancing sendiri.

Scilla memiliki suasana yang tentram dan indah. Pemandangan dari rumah-rumah yang sangat berwarna juga menarik untuk dilihat.

4.    La Riviera Dei Cedri

Selanjutnya ada La Riviera Dei Cedri, sebuah kawasan pesisir dengan pesona tebing yang sangat indah. Sebelum mencapai kawasan pantai, Anda harus melewati sebuah desa tua yang memiliki tradisi yang kental serta peninggalan peradaban Bizantium. Di sini ada banyak turis yang menghabiskan waktu untuk menyusuri tanjung Policastro yang menakjubkan. Ada juga yang berwisata sejarah sambil menjelajahi beberapa kapel lama dan gereja.

5.    Parco Della Lavanda

Parco Della Lavanda merupakan kebun bunga lavender yang berada di provinsi Cosenza, tepatnya di sebuah kota di Lembah Crati. Lembah ini menyuguhkan indahnya pemandangan pegunungan serta dataran tinggi Sila, Savuto, dan Pollino yang berdiri di sekitarnya. Kebun ini sangatlah instagenic dan menjadi sasaran para turis yang berburu foto. Tempat ini juga sangat indah dan menenangkan ketika dinikmati secara langsung.

6.    Pentedattilo

Kota Pentedattilo berada di patahan Melito Porto Salvo, provinsi Regio Calabria. Kota ini berada di tebing pegunungan Calvary yang sangat memukau. Pemukimannya terlihat seperti hinggap di atas bebatuan cadas.

Ada sebuah legenda pembunuhan masal yang terjadi di masa lampau pada tempat ini. Selain itu, tempat ini juga semakin misterius karena sudah ditinggal oleh semua penduduknya. Tempat ini menjadi kota hantu yang sangat menarik di mata wisatawan.

7.    Gambarie d’Aspromonte

Calabria identic dengan lautan dan pantai. Ternyata, destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi tak hanya melulu soal air. Gambarie contohnya. Wilayah ini merupakan sebuah pegunungan yang berubah menjadi pegunungan salju untuk olahraga ski ketika musim dingin tiba. Sedangkan di musim panas, pegunungan ini menjadi sasaran para pendaki karena cukp mudah didaki seperti hutan tropis.

8.    Castello di Santa Severina

Santa Severina merupakan salah satu kota di Crotone dengan julukan “the stone ship”. DI dalamnya terdapat satu kastil sekaligus menjadi katedral yang hingga kini tetap berdiri kokoh. Kastil ini juga menjadi bukti nyata dari peninggalan Kekaisaran Bizantium di Eropa.

Lokasinya berada di antara Laut Ionian serta Pegunungan Sila. Dari kejauhan, kawasan ini terlihat seperti kapal yang terbuat dari bebatuan.

9.    Cattolica di Stilo

Ada juga sebuah gereja peninggalan Bizantium lainnya yang berada di kaki Gunung Consollino, yaitu Cattolica di Stilo. Kota Stilo memang menyimpan banyak nilai seni dan sejarah yang patut Anda ketahui. Selain itu, gereja ini memiliki desain bangunan yang berbeda dan tetap berdiri kokoh hingga kini. Bangunannya sangat mencolok dibandingkan dengan bangunan lama lainnya yang berdiri di sekitarnya.

Ketika berlibur ke Italia, pastikan diri Anda untuk berkunjung ke Calabria untuk menguak segala pesona yang tersembunyi di Italia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.