Tak Tergantikan! Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Tempat yang diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO biasanya menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi.

Destinasi dengan gelar Situs Warisan Dunia UNESCO pastinya memiliki keunikan dan sejarah yang telah diakui. Pasti akan sangat sulit untuk menemukan penggantinya di tempat lainnya.

Selain itu, Situs Warisan Dunia juga terbagi menjadi dua, yakni alam dan juga budaya. Bila sebuah destinasi menyandang Situs Warisan Budaya maka situs tersebut dibangun oleh tangan manusia.

Sedangkan Situs Warisan Alam berarti terbentuk secara alami tanpa bantuan manusia.

Kali ini, kita akan membahas beberapa negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak di dunia. Negara di bawah ini tak hanya menyimpan sejarah perabadaban yang panjang. Namun, keindahan alam yang tak ada duanya. Apa saja?

 

  1. Italia

wartaekonomi

 

Negara Italia menduduki posisi pertama dalam Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak Bersama Tiongkok. Italia dikenal sebagai pusat kerajaan Roma, dimana tempat ini menjadi salah satu peradaban awal manusia. Bahkan, Italia memiliki 55 situs yang terdaftar dalam UNESCO.

Pantas saja, banyak sekali peninggalan peradaban manusia yang ada di negara ini, seperti Menara miring Pisa, Kota Venesia, hingga Roma dan pusat sejarahnya.

 

  1. Tiongkok

forbesimg

Negeri Tirai Bambu, Tiongkok juga memiliki 55 situs yang terdaftar dalam UNESCO. Di Tiongkok menyimpan peradaban yang juga dimulai ribuan tahun silam.

Anda bisa menemukan banyak sekali situs seperti Tibet dan Macau, serta 37 situs warisan Budaya seperti Kota Terlarang dan Tembok Besar.

Totalnya, Tiongkok juga menyimpan 14 situs warisan alam, yakni penangkaran Panda, Sichuan, hingga Pegunungan Huangsan yang masuk dalam campuran wisata alam dan budaya.

 

  1. Spanyol

shrm

Posisi selanjutnya diduduki oleh Spanyol dengan jumlah 48 situs warisan dunia. Spanyol dulunya diduduki oleh banyak kerajaan, sehingga Spanyol memiliki bangunan dengan arsitektur yang tak kalah beragam.

Anda dapat menemukan bangunan dengan gaya arsitektur gotik, renaissance, pre-romansque, Islam, hingga modern.

Spanyol juga melahirkan salah satu arsitek ternama di dunia yakni Antoni Gaudi, dimana seluruh karyanya masuk dalam list situs warisan dunia UNESCO.

Salah satunya ialah Sagrada Familia, meski hingga kini masih dalam tahap pengerjaan.

 

  1. Jerman

Pinterest

Jerman sering menjadi incaran wisatawan saat menjelang Oktoberfest. Padahal, Jerman memiliki 46 situs warisan dunia yang dapat dikunjungi, mulai dari bangunan kuno hingga modern.

Berlin Modernist Housing Estates adalah salah satunya. Ada juga sekolah seni Bauhaus yang sangat berpengaruh di abad 20.

 

  1. Prancis

dw

Bukan rahasia lagi jika Prancis sangat popular di kalangan wisatawan. Prancis menyimpan 44 situs yang bisa Anda kunjungi, salah satunya gereja Notre Dame, Paris.

Salah satu situs yang bisa Anda kunjungi ialah kepulauan Antartika yang ada pada belahan bumi lainnya di Prancis. Kepulauan ini menjadi rumah beberapa paus yang dilindungi.

 

baca juga:

Instagenik dan Viral! Inilah 6 Negara yang Paling Sering Difoto Wisatawan

 

  1. India

allnepal

India menyimpan peradaban yang cukup tua, dengan 38 situs warisan budaya dunia. Tak hanya Taj Mahal, India juga memiliki situs warisan budaya lainnya yakni Pemakaman Humayun dan Benteng Agra.

Situs warisan alamnya juga cukup banyak, apalagi India berbatasan langsung dengan pegunungan Himalaya.

Beberapa situs seperti Great Himalayan, Taman Nasional Nanda Devi, serta Penangkaran Manas bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya.

 

  1. Meksiko

pcdn

Meski jarang masuk dalam daftar destinasi wisata popular dunia, Meksiko nyatanya memiliki 35 situs warisan dunia UNESCO yang dapat dikunjungi. Situs tersebut kebanyakan peninggalan suku asli Amerika yakni Zapotec, Maya, dan Mixtec.

Beberapa diantaranya seperti Monte Aban, Chichen-Itza, Oaxaca City, serta Palenque. Ada juga kota tua Guanajuato, peninggalan modern yang dulunya kota tambang.

 

  1. Inggris

wsj

Kediaman Ratu Elizabeth, Inggris menyimpan banyak sekali istana dan kasti yang terawatt dengan baik. Di Inggris sendiri memiliki 32 situs warisan dunia yang terkenal, seperti Stonehenge.

Stonehenge diyakini masuk dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Situs ini masih diperdebatkan oleh peneliti dengan berbagai argumen, mulai dari pemakaman hingga pemujaan leluhur.

 

  1. Rusia

siapliburan

Rusia memiliki 29 situs warisan dunia, 18 adalah warisan budaya dan 11 lainnya ialah wrisan alam. Yang paling popular di kalangan wisatawan ialah Saint Petersburg, Lapangan Merah, dan Kremlin.

Negara ini cukup luas, maka sangat wajar bila Rusia menyimpan situs alam yang beragam. Mulai dari pegunungan, hutan, hingga danau.

 

Beberapa negara di atas bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya setelah pandemi berakhir. Selain menyimpan banyak situs unik, negara di atas juga sangat kaya akan keindahan alam.

Manakah yang akan Anda kunjungi lebih dulu?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.