Situ Patenggang Bandung, Pesona Alam yang Tenang dan Bikin Nagih

Lokasi dan Akses Menuju Situ Patenggang

Siapa yang tak kenal Bandung? Kota dengan sejuta pesona alam yang membuat siapa saja betah berlama-lama melancong disana. Situ Patenggang, mungkin tidak asing lagi mendengarnya. Terkenal akan pemandangannya yang indah, bisa menjadi tujuan destinasi wisata anda ketika berkunjung ke Bandung. Jika berangkat dari Bandung, anda harus memalui Jl. Raya Ciwidey-Patengan dengan jarak sekitar 52,7 kilometer dan waktu tempuh 2 jam 36 menit. Situ Patenggang terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk menghindari macet yang sering terjadi, anda bisa lewat jalur alternatif. Hati-hati pula bila menggunakan kendaraan pribadi, karena akses jalan yang kecil dan berbeok-belok menanjak. Jika menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang, anda dapat menuju Terminal Ciwidey. Sesampainya di Terminal Ciwidey, anda dapat menaiki angkot yang megarah ke Situ Patenggang.

Yang Ditawarkan Oleh Situ Patenggang

Luas Situ Patenggang mencapai 45.000 hektar. Kalau anda wisata ke kawah putih, sempatkan untuk berkunjung kesini karena jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dan membutuhkan kurang lebih 10 menit saja. Tiket masuk area wisata ini sebesar Rp 18.000 untuk satu orang ketika hari kerja dan menjadi Rp 20.500 per orang saat akhir pekan. Jika anda datang bersama rombongan akan dikenakan biaya parkir bis Rp 22.000 tiap bis, namun jika menggunakan mobil cukup membayar Rp 11.000 per mobil dan Rp 3.500 untuk motor.

Baca juga: Cantiknya Situ Patenggang di Antara Hijaunya Kebun Teh Ciwidey

Situ Patenggang dekat dengan perkebunan teh Rancabali, sehingga anda bisa mampir untuk sekedar jalan-jalan atau memetik buah strawbery. Ada sebuah spot yang menjadi favorit pasangan yang datang kesini, yakni Bukit Cinta. Menurut cerita yang bereda, bila datang bersama pasangan kesini maka hubungan akan awet. Percaya atau tidak, wajib anda kunjungi agar perjalanan wisata ke Situ Patenggang terasa lebih lengkap. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan disana adalah memancing, mengunjungi batu cinta atau mengelilingi Pulau Asmara.

Fasilitas yang ada disini berupa tempat parkir yang luas, toilet, dan mushulla. Bila lelah, beberapa gazebo yang telah disediakan bisa menjadi tempat beristirahat. Untuk anda yang ingin menginap, tersedia pula penginapan yang dikelola oleh Perhutani dengan harga Rp 600.000 satu malam.  

Tips Untuk Anda Yang Ingin Ke Situ Patenggang

Menyewa Perahu Atau Bermain Sepeda Air

Hal lain yang dapat anda lakukan selain menikmati pemandangan sekitar yang indah, anda bisa menyewa perahu atau sepeda air untuk berkeliling di areal danau. Ada pula perahu berbentuk angsa dan perahu warna-warni. Lucu ya! Harga sewa perahu bermacam-macam, untuk perahu biasa biaya perorang cukup terjangkau yakni 15.000 rupiah dan Rp 150.000 satu perahu. Harga perahu angsa berbeda lagi, yakni Rp 40.000 satu perahu.

Kunjungi Situs Resmi Situ Patenggang

Objek wisata ini cukup unik karena sudah memiliki situs web sendiri. Selain sebagai media promosi, di situs resmi itu anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai objek wisata tersebut termasuk pula urusan akomodasi yang bisa menjadi rekomendasi. Jadi bila masih ragu untuk kesana, cek dulu yuk website resmi Situ Patenggang.

Mampir Membeli Cinderamata

Di area sekitar Situ Patenggang ada kios-kios yang menjual aneka cinderamata khas Bandung. Lumayan bisa menjadi oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Di antaranya seperti makanan ringan atau minuman bandrek yang sudah dikeringkan semacam bubuk. Camilan berupa keripik buah – buahan, dodol manis, roti bolen, roti pisang, sale dan sebagainya.

Yang paling diminati tentu saja barang – barang fashion yang murah dan berkualitas. Anda bisa menjumpai jaket atau sepatu terbuat dari bahan kulit dengan harga yang terjangkau, bahkan bisa dinego. Selain itu, masih ada tas, topi, ikat pinggang, dompet dan berbagai barang fashion lainnya.

Kuliner

Warung  atau kedai makanan di sekitar area lokasi juga menyediakan makanan dan minuman untuk mengisi perut pengunjung. Menu yang ditawarkan masih seputar makanan khas Jawa Barat. Di antaranya seperti ayam goreng + lalapan dan sambal, ikan goreng, dan lainnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *