Simpan Kisah Kelam, 7 Museum Bersejarah di Nusantara yang Mistis dan Angker

Berkunjung ke museum bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan Anda. Museum memberikan banyak informasi dan pelajaran mengenai sejarah dan kejadian-kejadian di masa lampau.

Ada pula museum yang berisikan koleksi-koleksi unik untuk menambah wawasan. Namun, apakah Anda percaya jika ada museum yang memiliki cerita mistis di dalamnya?

Museum memang menyimpan banyak koleksi barang berharga, salah satunya adalah peninggalan masa lampau.

Bisa saja, peninggalan tersebut masih membawa bagian dari dunia lain yang bisa dibilang “menjaga” barang tersebut. Penasaran? Inilah beberapa museum di Indonesia yang memiliki cerita angker atau mistis. Check this out

1. Monumen Pancasila Sakti – Jakarta

Kandalaska

 

Monumen Pancasila Sakti yang biasa dikenal dengan Museum Lubang Buaya ini memang sanat terkenal di Indonesia.

Inilah saksi nyata betapa bringasnya aksi pemberontakan oleh Partai Komunis Indonesia atau G30S PKI.  Kejadian ini terjadi di tahun 1965, tepatnya pada tanggal 30 Septermber.

Insiden yang sering diingat sebagai insiden setengah bendera hingga saat ini telah merenggut 7 nyawa dari jenderal pahlawan revolusioner yang dikubur dalam lubang buaya.

Kejadian ini pun dikenang dan dibangunlah Monumen Pancasila Sakti lengkap dengan patung-patung replica kejadian di dalam museum ini.

Mistisnya, banyak pengunjung yang mengaku merinding ketika melihat patung-patung sekaligus lubang buaya tersebut. Bagaimana dengan Anda?

2. Museum Pos Indonesia – Bandung

tourbandung.id

 

Sudah pernah berkunjung ke museum ini? Museum yang satu ini berada di belakang Gedung Sate dengan beragam macam koleksi di dalamnya.

Anda bisa menjumpai perangko yang berasal dari seluruh dunia, alat surat-menyurat, bahkan ada juga surat dari raja-raja yang telah berumur ratusan tahun. Lalu, dimana letak cerita mistisnya?

Jika Anda menjumpai patung-patung yang berada di bawah tanah, maka bersiap-siaplah merasa merinding. Ketika pengunjung melihat patung tersebut, seolah-olah patung-patung itu juga ikut menatap para pengunjung.

Bahkan, ada cerita lain mengenai patung-patung tersebut yang bergerak ketika malam hari. Wah, bisa dipercaya?

3. Museum Bahari – Jakarta

BBC

 

Sesuai Namanya, museum yang satu ini memiliki koleksi beruap perahu-perahu yang dulunya sempat menjadi Gudang penyimpanan rempah-rempah oleh VOC serta dari sejarah pelayaran Indonesia.

Museum ini memiliki suasana yang agak lembab dan tergolong bangunan tua. Mistisnya, masyarakat sekitar sering mendengar suara aneh yang berasal dari luar museum ketika malam hari.

Mereka mendengar suara isak tangis, orang tertawa, hingga suara derap langkah pasukan. Tenang, cerita ini tidak berpengaruh pada padatnya pengunjung yang datang. Museum ini juga kerap kali dijadikan lokasi uji nyali.

4. Museum Fatahillah – Jakarta

Wikipedia

Siapa sih yang tidak tahu dengan museum yang satu ini? Dulunya, museum ini merupakan bangunan kantor pemerintahan colonial Belanda.

Bahkan, bangunan ini pula yang menjadi saksi bisu para petinggi Belanda yang menghukum mati leluhur kita. Museum ini dilengkapi dengan penjara bawah tanah.

Penjara bawah tanah ini beraroma lembab dengan berbagai alat penyiksaan yang ada. Konon, museum ini menyimpan ruangan tersembunyi yang hingga kini masih belum ditemukan. Bagaimana? Berani mencari ruangan tersembunyi lainnya?

Baca juga:

Lezat dan Banyak Dihidangkan Restoran, 7 Menu Vegetarian khas Indonesia

 

5. Museum Wayang – Jakarta

travelingyuk.com

 

Sesuai Namanya, Museum Wayang menyimpan banyak koleksi wayang asli dari Nusantara hingga mancanegara. Konon, bangunan ini merupakan makam Belanda yang telah dibuktikan dengan adanya prasasti di dalam museum ini.

Jika Anda bertanya pada penjaganya, ada banyak orang yang mengaku melihat penampakan wayang yang bergerak sendiri. Bagaimana? Berani mengunjungi museum ini sendirian?

6. Museum Brawijaya – Malang

jurnalmalang.com

 

Dari Jakarta kini kita beralih ke Malang, yaitu Museum Brawijaya. Museum ini menyimpan beragam koleksi barang peninggalan yang bersejarah, salah satunya adalah gerbong maut.

Gerbong ini dulunya sempat digunakan untuk mengangkut banyak orang tanpa adanya ventilasi udara yang akhirnya banyak orang yang kehilangan nyawa karena kehabisan bernafas.

Museum Brawijaya sempat menjadi latar syuting “Masih Dunia Lain”. Yakin berkunjung ke sini sendirian? Atau ingin mengadu nyali Anda di malam hari?

7. Museum Keprajuritan – Jakarta

kelompok4ipamm

 

Museum ini terlihat seperti benteng yang dikelilingi oleh danau. Lokasinya berada di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Museum ini memiliki koleksi berharga yang menggambarkan beragam cerita perjuangan rakyat Indonesia ketika berjuang memperoleh kemerdekaan.

Di dalamnya terdapat patung dan replika senjata yang sangat mirip dengan aslinya. Museum ini bahkan mirip sekali dengan adegan yang ada di film Night at The Museum dengan beragam patung replikanya.

Artefak di dalamnya seakan-akan bergerak dan hidup. Meskipun seram dan mistis, bukan berarti cerita tersebut menghilangkan bukti sejarah yang ada di dalamnya.

Museum juga memiliki banyak sekali sejarah bangsa serta perjuangan pahlawan di masa lalu. Di jaman modern ini, museum adalah pilihan yang tepat untuk tetap mengenang sejarah dan perjuangan pahlawan untuk memerdekakan Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.