Siapkan Jaket dan Selimut Tebal! Menengok Keunikan Desa Terdingin di Dunia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki iklim tropis. Anda yang tinggal di Indonesia mungkin sudah terbiasa dengan hawa yang hangat atau panas di siang hari dan sedikit dingin di malam hari. Hawa dingin di Indonesia pun tidak sampai menyentuh angka minus derajat celcius, hanya kisaran belasan sampai puluhan derajat saja.

Beberapa negara di dunia bukanlah negara dengan iklim tropis, sebagian dari anda yang berkunjung ke negara yang bersuhu dingin mungkin agak sulit untuk menyesuaikan, namun rasa dingin itu pasti bisa anda atasi, karena derajat celsius yang ditunjukkan masih diambang wajar.

Apa jadinya bila ada sebuah wilayah di dunia yang suhunya mencapai -62° C?  Akibat suhunya yang sangat ekstrem ini, wilayah ini diberi julukan “ Desa Terdingin di Dunia” . Desa Oymyakon namanya. Desa ini selalu diselimuti salju tebal setiap harinya.

  • Lokasi

Desa Oymyakon ini terletak di Republik Sakha, Rusia. Wilayah ini berada di bagian timur negara itu dan bermuara di sungai Indigirka. Pada tahun 2001, penduduk nya hanya mencapai 521 jiwa.

Desa ini bisa ditempuh dengan cara berkendara selama dua hari dari pusat kota, Yakutsk. Nama Desa ini punya arti “Air yang tidak membeku ikan hidup”, karena ada mata air panas disana.

Dulu, pada tahun 1920an dan 1930 an wilayah ini merupakan tempat bersinggahnya kawanan rusa-rusa kutub untuk minum saat musim semi.

Pada tahun 1933, pemerintah soviet (yang sekarang rusia) melakukan transformasi wilayah dengan menjadikan desa terdingin ini sebagai tempat tinggal.

  • Keunikan

Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata desa? Pepohonan rindang, sawah yang luas, lingkungan yang asri, suasana yanng tentram? Buang jauh-jauh pemikiran anda mengenai desa bila anda berkunjung ke desa Oymyakon ini.

Desa ini pernah memiliki titik dingin sekitar -71,2° C. Di suhu yang sedingin ini, jarang ada tumbuhan hijau yang bisa tumbuh disana. Penduduk di sana harus biasa mengkonsumsi daging rusa atau kuda sebagai makanan sehari-hari.

Bahkan ketika mengendarai kendaraan bermotor, mesin tetap dibiarkan menyala, tujuannya agar tidak sulit untuk dihidupkan kembali.

Aktivitas penduduk setiap hari dihabiskan dengan berada di dalam ruangan. Suasana sekitar tampak sepi dan berkabut tebal. Saat musim dingin pada bulan Desember, matahari hanya bersinar selama tiga jam.

Namun musim panas juga masih menyambangi Oymyakon setiap bulan Juni. Suhu udara bisa naik menjadi 22 derajat celsius, dengan matahari yang bersinar selama 21 jam.

  • Pengalaman orang yang pernah berkunjung

Ada seorang fotografer yang bernama Amos Chapple yang memutuskan untuk berkelana mengunjungi Desa Oymyakon. Menurutnya, saat pertama kali sampai di tempat ini, suhu hanya berkisar -47° C, ketika itu ia hanya mengenakan pakaian terusan yang tidak terlalu tebal.

Rasa dingin langsung menyerang mulai kakinya hingga merayap menuju ujung kepala. Ia mengaku terkejut karena dalam waktu yang relatif singkat, air liurnya membeku dan bibirnya mendadak kaku.

Tidak hanya itu saja, bulu matanya pun jadi dipenuhi butiran salju yang lumayan tebal. Suhu yang semakin mendingin rupanya mampu membuat termometer digital berhenti bekerja.

Baca juga:

Pantai Pink Hingga Planet Krypton Superman, 6 Tempat Wisata Indonesia Rasa “Luar Negeri”

 

Selama ia berada di Desa Oymyakon, ia mengambil gambar-gambar yang menakjubkan, yang menampilkan sisi-sisi aesthetic desa ini.

Di malam hari, hamparan salju di beberapa daerah membuat tampilan desa ini begitu mengagumkan. Sesekali langit yang gelap tampak bersih dipenuhi bintang-bintang. Potret saat fajar pun amatlah sayang bila dilewatkan.

Sebagai penduduk Indonesia, anda sudah sepatutnya bersyukur. Indonesia merupakan negara yang amat kaya dan beriklim tropis.

Bayangkan bila anda harus tinggal di tempat yang sangat dingin, untuk beraktivitas saja mungkin akan banyak menemui hambatan.

Ingin merasakan sensasi desa terdingin di dunia? Ayo segera atur jadwal liburanmu ke Desa Oymyakon, pastikan kamu membawa pakaian tebal dan jaket berlapis-lapis yang cukup untuk persediaan.

***

Gunakanlah Agen Perjalanan Jari Adventure sebagai partner wisata Anda. Jari Adventure  sudah berpengalaman menangani berbagai wisata domestik maupun mancanegara. Tunggu apalagi, segera gunakan paket perjalanan di Jari Adventure ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.