Siapkan Fisik Anda! 5 Tips Hiking di Camino de Santiago Spanyol yang Perlu Diingat

Camino de Santiago merupakan salah satu rute hiking terpopuler di Spanyol. Perjalanan berawal di jalur yang ditandai oleh panah kuning dari St-Jean-Pied-de-Port di Perancis.

Tepatnya di seberang Santiago de Compostela di Spanyol. Mendaki jejak Camino kuno adalah cara yang seru untuk membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang berlangsung dengan begitu cepat.

Kegiatan hiking di Camino de Santiago akan membuat anda menikmati setiap langkah yang anda ambil dan memperlambat kecepatan untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan menakjubkan di alam Spanyol.

Camino de Santiago merupakan jalur hiking yang cukup panjang dan bisa memakan waktu beberapa hari hingga satu bulan, tergantung dengan pilihan rute yang anda ambil.

Salah satu jalur paling populer adalah Camino Frances, sepanjang 780 kilometer. Rute ini terdiri dari tiga titik utama Perancis; Voie de Tours, Voie de Vezelay, dan Voie du Puy. Rute ini juga tersambung dengan Camino Aragones.

Agar perjalanan lebih nyaman dan anda lebih siap, berikut beberapa tips hiking di Camino de Santiago Spanyol yang perlu anda ketahui.

1. Menyiapkan Packing yang Praktis dan Ringan

Siapkan packing yang seringan mungkin. Yang dimaksud dengan ringan di sini adalah 10 persen dari berat badan anda.

Tas dengan berat 10 kg mungkin tidak akan terasa berat saat masih di tempat penginapan atau awal perjalanan, namun tak akan lama hingga tas anda akan terasa 10 kali lebih berat. Anda akan membawa tas hiking anda selama 30 hari dengan beberapa kali istirahat.

Sebuah tas yang ringan adalah kebebasan utama dalam perjalanan Spanyol anda. Bawa barang yang esensial saja. Seperti tali tambang, kantong tidur, handuk serat mikro yang cepat kering, celana training, sweatshirt, jacket, pakaian dalam ganti, satu pakaian ringan untuk bersantai di penginapan, sepasang sandal, kaos kaki, sarung tangan, dan perlengkapan mandi.

Anda juga mungkin ingin membawa notebook kecil atau obat tertentu. Tak usah terlalu banyak membawa baju ganti, satu dua potong pakaian saja sudah cukup.

2. Perhatikan Kondisi Tubuh

Antusiasme merupakan hal yang baik saat hiking. Namun, memaksakan diri untuk mengeluarkan tenaga lebih pada minggu pertama dalam aktivitas hiking di Camino akan membuat anda lebih cepat lelah. Lakukan perjalanan dengan santai pada minggu pertama untuk membiasakan tubuh anda.

Tips satu ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Bagi anda yang merasa masih baru memulai hobi hiking dan baru pertama kali mencoba rute Camino, anda harus memperhatikan hal ini.

Tak ada salahnya hanya sanggup menyelesaikan rute pendek untuk hari-hari pertama anda dalam perjalanan ini.

Mulailah dengan 15 hingga 20 kilometer setiap hari. Dari situ, anda bisa meningkatkan jarak tempuh secara bertahap sesuai dengan kemampuan anda.

Perhatikan tubuh anda jika ingin berhasil menaklukan jalur ini. Awasi tanda-tanda kelelahan dan luangkan waktu untuk beristirahat. Minum banyak air dan konsumsi suplemen magnesium untuk membantu pemulihan otot.

3. Kaki Anda Adalah Modal Terbesar

Perhatikan kaki anda yang merupakan modal utama bagi anda dalam perjalanan hiking ini. Mulai dengan menginvestasikan budget hiking anda dengan sepasang sepatu hiking yang berkualitas.

Dengan harga yang lebih mahal dan pilihan merek yang tepat, sepatu anda bisa menjadi pendukung utama dalam perjalanan hiking anda di Camino.

Salah satu ketakutan terbesar para pendaki adalah kaki yang lecet. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melindungi kaki anda dari lecet. Anda bisa menggunakan kaos kaki double. Terdiri dari kaus kaki tebal dengan kaos kaki thermal panjang.

Saat makan siang, istirahatkan kaki anda dengan melepas sepatu dan kaos kaki. Begitu juga saat malam, pijat dengan body lotion dan biarkan kaki telanjang dengan menggunakan sandal.

baca juga:

Spektakuler dari Ketinggian! 7 Destinasi Tour Helikopter yang Harus Dikunjungi

4. Mencari Sumber Informasi yang Tepat

Salah satu buku pedoman yang sering bawa oleh para pendaki Camino adalah John Bierley’s Camino guide book. Brierley membagi jalan di Camino de Santiago menjadi 33 tahap, tetapi ingat-ini hanya panduan.

Jangan merasa terdesak untuk berhenti di setiap kota yang direkomendasikan karena ada banyak kota lain yang juga luar biasa indah untuk dikunjungi di jalur Camino.

Anda juga bisa bergabung dengan forum yang memberikan informasi lebih update. Salah satu forum yang direkomendasikan adalah Ivar Revke.

Forum ini merupakan tambah emas informasi seputar informasi mendaki di Camino. Berisi tentang rekomendasi hostel yang pasti akan anda butuhkan.

5. Ciptakan Jalur Camino Anda Sendiri

Camino de Santiago juga memiliki makna tersendiri sebagai jalur peziarah secara spiritual. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi para pendaki lainnya yang hanya mendaki sebagai hobi dan tantang pribadi.

Anda tidak perlu terpaku dengan standar menginap di hostel yang murah dan berjalan kaki sepanjang waktu. Jika anda mampu menginap di resort mewah, itu sebuah keuntungan bagi anda.

Jika anda perlu naik bus karena kaki kram untuk 5 kilometer berikutnya, anda juga masih bisa menaklukkan Camino de Santiago.

Itu tadi beberapa tips hiking di Camino de Santiago Spanyol. Selalu utamakan kesehatan dan keamanan anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.