Siapa Bilang Puasa Tak Boleh Berwisata? Coba 7 Liburan Tanpa Capek Berikut ya

Kini kita telah memasuki bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Saatnya umat muslim berpuasa sebulan penuh lamanya.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan tubuh serta pikiran Anda agar puasa lebih lancar tanpa ada kendala seperti sakit dan semacamnya.

Berpuasa membutuhkan asupan gizi yang cukup terutama air agar Anda tidak mudah dehidrasi.

Untuk terhindar dari pikiran yang stress, maka salah satu caranya adalah dengan berwisata. Bulan Ramadhan biasanya sering libur panjang karena waktunya orang-orang untuk mudik.

Liburan Ramadhan ini bisa Anda manfaatkan untuk berwisata. Jika Anda memiliki budget lebih, maka luar negeri bisa menjadi pilihan Anda.

Dengan begitu, Anda akan merasakan suasana Ramadhan yang berbeda dan mungkin saja menantang. Ketika sudah sampai di kota tujuan, maka kunjungi wisata-wisata yang ada di sana.

Mari kita simak beberapa rekomendasi tujuan wisata ketika bulan puasa berikut ini.

1.    Masjid Ber-arsitektur Unik

Sebagai negara dengan populasi umat muslim tertinggi, Indonesia tentunya memiliki banyak sekali masjid dengan arsitektur yang berbeda di setiap daerahnya.

Di bulan puasa, masjid dengan arsitektur yang unik tentu bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Sembari beribadah, nikmati pula arsitektur yang terpampang di masjid tersebut.

Beberapa masjid dengan arsitektur unik di Indonesia antara lain Masjid Menara Kudus dengan arsitektur khas Bali yang ada di Kabupaten Kudus, hingga Masjid Muhammad Cheng Ho dengan arsitektur khas Cina yang kental.

Jika Anda berlibur ke luar negeri, maka akan lebih menarik lagi. Carilah masjid-masjid besar dan terkenal yang ada di lokasi Anda untuk dieksplore.

2.    Makam Tokoh Islam

Poin kedua ini bukanlah hal yang baru lagi. Ziarah ke makam tokoh Islam terkenal sering dilakukan oleh banyak orang apalagi ketika bulan Ramadhan.

Ketika bulan suci Ramadhan tiba, tokoh islam yang terkenal dengan pengaruhnya yang besar saat penyebaran dan perkembangan Islam akan banyak dikunjungi wisatawan.

Beberapa tokoh yang bisa Anda kunjungi adalah 9 Wali Songo, serta Gusdur.

Kalaupun Anda berkunjung ke negara dengan penduduk Islam yang besar, maka mungkin akan mudah menemukan destinasi yang satu ini.

3.    Perpustakaan

Di jaman yang telah maju ini, perpustakaan hanya dikunjungi oleh orang-orang yang cinta dengan buku. Sebagian orang menganggap buku yang ada di perpustakaan sudah ketinggalan zaman.

Namun, perpustakaan bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi liburan karena tidak akan menguras tenaga yang lebih.

Anda bisa mengulik lebih dalam setiap buku lama yang ada di perpustakaan agar pengetahuan semakin bertambah. Biasanya perpustakaan telah difasilitasi dengan pendingin ruangan.

Jadi, berwisata ke perpustakaan akan menjadi lokasi yang sangat diidamkan.

4.    Museum

Selanjutnya adalah wisata ke museum yang akan memberikan Anda pengetahuan lebih dalam mengenai sejarah. Indonesia memiliki banyak museum unik seperti Museum Geologi yang ada di Bandung.

Ada juga museum Kayu Tuah Himba yang ada di Tenggarong dengan koleksi bangkai buaya pemakan manusia yang telah diawetkan hingga jenis kayu khas Kalimantan.

Bagi pecinta novel, Anda dapat mengunjungi meseum Kata karya dari penulis Laskar Pelangi. Beragam museum menarik bisa Anda coba kunjungi apalagi tidak akan menghabiskan banyak tenaga.

Baca juga:

Kuil Payudara Hingga Kejantanan, Temukan 9 Kuil Terunik di Jepang yang Bikin Tercengang

 

5.    Taman Kota

Jika budget sedang terbatas dan ingin sekali liburan, maka wisata saja ke taman kota. Carilah spot yang rindang sambil duduk santai.

Nilai plusnya, wisata taman kota tidak dipungut biaya apapun.

6.    Pasar Malam atau Bazaar

Biasanya, ada banyak kota yang menggelar bazar dan pasar malam di Indonesia seperti kota Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Di bazaar ini biasanya dijual banyak jenis makanan, minuman, pakaian, hingga aksesoris.

Kunjungi bazaar ketika sore hari sambil ngabuburit Bersama teman. Ketika waktu berbuka tiba, maka Anda bisa memilih berbagai makanan yang dijual di sana.

7.    Bioskop dan Taman Bermain

Poin ke 7 ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan keluarga tapi low budget. Lakukan saja movie marathon Bersama keluarga di bioskop kesayangan Anda.

Namun, pastikan untuk lebih selektif dalam memilih jenis film di bulan puasa.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi taman bermain yang terkenal seperti Dunia Fantasi, Trans Studio, hingga Taman Mini Indonesia Indah. Namun, perhatikan tingkat kelelahan Anda agar tubuh tidak dehidrasi.

Setelah membaca 7 rekomendasi di atas, wisata yang mana dulu yang ingin Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.