Loksado, Serunya Wisata Alam Pegunungan dan Bamboo Rafting

LoksadoJalan-jalan ke Kalimantan Selatan kurang lengkap rasanya tanpa mengunjungi Loksado, sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menyimpan segudang obyek wisata. Berwisata ke Loksado berarti Anda akan secara langsung ikut menjelajahi jantung pegunungan Meratus. Jangan kaget bila sepanjang perjalanan pariwisata, Anda akan disuguhi keindahan panorama dari hutan tropis yang memukau serta hiasan dari guyuran air terjun dan juga aliran sungai yang nampak kokoh membelah jalur perjalanan.

Selain air terjun, terdapat banyak obyek wisata yang menarik di kawasan ini, seperti desa tempat bermukimnya suku Dayak Meratus yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur, pemandian air panas, danau dan tentu saja Balanting Paring (Bamboo Rafting). Seperti apa serunya menikmati wisata alam pegunungan dan arung jeram balanting paring di Loksado? Berikut penjelasannya…

Lokasi Loksado

Terletak di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Loksado berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Kandangan. Dari Banjarmasin, kawasan Loksado sendiri dapat ditempuh selama dua jam perjalanan. Akses menuju ke lokasi terbilang cukup bagus, mulus dan lebar walau kadang terdapat perbaikan di sana-sini akibat longsor. Seperti daerah pegunungan pada umumnya, jalanan yang ditempuh naik turun serta banyak tikungan.

Namun, dibeberapa tikungan tajam sudah terdapat cermin untuk memastikan kendaraan yang lewat bertolak arus dengan kita. Anda tak akan menemukan kendala yang berarti bila menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Loksado.

Namun, perjalanan menuju ke lokasi terbilang sedikit rumit bila menggunakan transportasi umum karena jarang ada angkutan umum yang bisa langsung ke Loksado. Dari Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai, Anda harus menyewa mobil yang bisa ditemui di sekitaran Kec. Kandangan. Sepanjang perjalanan menuju Loksado, Anda akan disuguhi keindahan panorama dari hutan tropis yang memukau. Juga hiasan dari guyuran air terjun serta aliran sungai yang nampak kokoh membelah jalur perjalanan. Luar biasa indahnya…

Berbagai keindahan alam dan aneka flora & fauna

Sebagai bagian dari pegunungan Meratus, kawasan hutan Tropis yang ada di Loksado mempunyai jenis flora yang beragam dan sangat indah. Sebut saja kantong semar dan anggrek meratus yang sudah tersohor hingga ke seluruh nusantara.

baca juga: Kompleks Makam Sultan Suriansyah, Tempat Wisata Sarat Akan Unsur Sejarah dan Religi di Banjarmasin

Terdapat pula Sungai Amandit yang menjadi trandmark dari Pegunungan Meratus. Sungai ini mempunyai air yang sangat jernih dan terasa segar saat menyentuh kulit. Bebatuan yang menyelip disekitar sungai semakin menambah pesona tempat ini.

Bamboo Rafting

Keindahan panorama wisata alam pegunungan di Loksado sepertinya tak ada habis-habisnya untuk dinikmati. Tapi saat berada di sana, Anda seharusnya tak melewatkan pengalaman menikmati serunya wisata Bamboo Rafting. Lanting atau rakit dalam keseharian dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyeberang dari satu tepi ke tepi sungai lainnya. Apabila tidak bergerak, lanting digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian. Bahkan sebelum adanya toilet di rumah warga, lanting juga menyediakan sarana untuk buang air besar. Lanting juga sering dipergunakan sebagai alat angkut hasil hutan yang akan dibawa ke desa.

Wisata lanting/rakit

Ingin merasakan sensasi menjelajah sungai dengan lanting? Di Loksado Anda bisa melakukannya dan cukup membayar biaya sekitar Rp. 250.000,- saja per satuannya. Banyak sedikitnya penumpang lanting dipengaruhi oleh kedalaman sungai. Bila sungai sedang pasang dan dalam, lanting dapat mengangkut hingga tiga orang tidak termasuk gudei. Namun, saat sedang surut, hanya dua orang saja yang dapat diangkut lanting.

Lama waktu tempuh rafting

Rafting dengan lanting memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Di tengah perjalanan, Anda dapat berhenti untuk beristirahat ataupun mengambil foto objek yang bagus. Bila tak ingin berlama-lama, Anda dapat mengambil paket rafting 30 menit dengan harga sekitar Rp. 200.000,-. Terbilang cukup mahal bila dibangingkan dengan paket 3 jam. Biaya ini ternyata belum termasuk biaya antar jemput dari hilir sungai ke tempat asal. Bila memilih ojek, Anda harus menambah pengeluaran sekitar Rp. 50.000,-.

Nah, begitu sampai ke bagian hilir sungai, lanting-lanting tersebut ternyata harus dibongkar lagi menjadi bambu satuan dan diangkut ke hulu untuk kemudian dirakit kembali menjadi lanting utuh yang siap digunakan untuk penyewa berikutnya. Siap bertualang di Loksado? (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *