Serunya Liburan ke Cina, Kunjungi Situs Patung Tentara Terracotta!

Banyak yang beranggapan jika berlibur ke Cina tanpa mengunjungi situs Patung Tentara Terracotta bagaikan pergi ke Mesir dan melewatkan kesempatan melihat Piramida.

Melihat tentara terakota yang menjaga makam Kaisar Qin Shi Huang dan melindungi jalan masuknya ke alam baka bisa jadi salah satu pengalaman yang paling mengesankan dari perjalanan pertamamu ke Negara Tirai Bambu ini.

Sebelum memutuskan mengunjungi spot wisata populer ini, simak beberapa tips berikut ini.

Sejarah

Pinterest

Ditemukan tanpa sengaja pada tahun 1974 dalam keadaan terkubur sedalam 7 meter dari permukaan tanah, Terracotta Army atau Terracotta Warriors and Horses merupakan sekumpulan patung yang terbuat dari tanah liat.

Replika tentara dan kuda ini menggambarkan pasukan tentara kaisar pertama Cina, Qin Shi Huang.

Uniknya, patung-patung ini dibuat setelah kaisar naik tahta pada usia 13 tahun dan memerintahkan pembuatan mausoleum atau bangunan makam.

Keunikan Mengunjungi Situs Budaya

seattletimes.com

Situs ini kemudian dijadikan Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 1987. Di lokasi ditemukannya patung tentara terracotta ini dibangun sebuah museum yang dinamai Museum of Qin Terracotta Warriors and Horses.

Di dalamnya, bukan hanya bisa melihat ribuan patung tentara dan kuda, tapi juga melihat langsung proses penggalian dan pembersihan yang terus berjalan hingga sekarang.

Sejak 1 Oktober 2010, museum ini sudah digabungkan dengan Qin Shi Huang Mausoleum dalam satu area taman luas bernama Emperor Qin Shi Huang’s Mausoleum Site Park.

Di dalamnya juga ada 3 situs yang lebih kecil, Museum of Terracotta Acrobatics, Museum of Terracotta Civil Officials, dan Museum of Stone Armor.

Ketiganya kini dikenal dengan Lishan Garden yang bisa dikunjungi dengan membayar tiket sebesar 150 RMB hingga 120 RMB, tergantung waktu.

Transportasi menuju Terracotta Army

wikipedia

Kunjungan ke tentara terakota bisa dilakukan dari titik awal yang ada di Xi’An, ibu kota provinsi Shaanxi. Xi’An terbentang di barat daya Beijing dan dapat dicapai dengan sekitar satu jam penerbangan, atau naik kereta semalam.

Xi’An sendiri merupakan ibu kota bersejarah pertama Cina yang dijadikan kota utama oleh kaisar pertama, Qin Shi Huang.

Museum Prajurit dan Kuda Qin Shi Huang Terracotta terletak sekitar tiga puluh hingga empat puluh lima menit di luar Xi’an dengan mobil.

Tapi jika ingin lebih praktis, manfaatkan tur baik secara grup maupun pribadi. Tur kelompok dapat dipesan dari hotel tempatmu menginap atau menggunakan jasa travel agent.

Bedanya dengan tur pribadi bukan hanya dari soal biaya yang lebih mahal, tapi dapat memberikan waktu luang yang lebih banyak bagi diri sendiri saat berada di museum.

Tips untuk Kunjungan Nyaman

phys.org

Jika berkunjung sendirian, sewa pemandu di luar gerbang museum dan sepakati harga yang diinginkan. Mereka selalu tahu tempat terbaik untuk berfoto dan memandu ke berbagai ruangan di tengah kerumunan wisatawan lainnya.

Ingat, sebaiknya hindari menggunakan lampu kilat saat berfoto karena berpotensi mengganggu pengunjung lainnya.

Pertimbangkan untuk menyewa tour guide yang bekerja sama dengan perusahaan travel Anda, karena hal ini menghindari tour guide abal – abal yang menawarkan diri di sekitar lokasi wisata dan mematok biaya terlampau mahal.

Lebih baik, bawa sendiri tour guide dari agen travel wisata Anda atau yang bisa menggunakan bahasa Indonesia, minimal bahasa Inggris dengan baik.

Baca juga:

Museum Zoologi Bogor, Belajar Tak Harus Membosankan

 

Kamu pun bisa membeli berbagai buku tentang sejarah dan penemuan tentara terakota di toko buku yang ada di museum.

Bisa juga membeli souvenir patung tentara di pedagang yang ada di luar museum sebagai oleh-oleh wajib. Buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, rencanakan perjalananmu ke sini agar dapat sampai di awal museum dibuka agar bisa mendapatkan pengalaman yang lengkap dan berkesan.

Tertarik ingin datang dan melihat sendiri ribuan patung terracotta? Yuk, pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan wisata dengan baik dan terencana.

Jari Adventure tour and travel, siap mengakomodir kebutuhan perjalanan wisata Anda dengan paket wisata yang lengkap dan hemat. Kami menyediakan berbagai paket untuk study tour, gathering, outbond, hingga exhibition dan event – event lainnya.

Nikmati petualangan yang lebih menyenangkan dan nyaman bersama agen travel wisata profesional, Jari Adventure. Hubungi kami di HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.