Serunya Liburan di Obyek Wisata Karimun Jawa

Sudah bukan rahasia lagi bila Indonesia memiliki banyak kepulauan yang indah. Salah satu kepulauan yang bisa Anda jadikan alternatif sebagai tujuan wisata adalah Kepulauan Karimun Jawa yang berada di sebelah utara Pulau Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini.

Obyek wisata Karimun Jawa ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas masing-masing 1.500 hektar dan 110.000 hektar.  Berkat dukungan pemerintah, Karimun Jawa mampu berkembang dengan pesat dan kini menjadi  favorit wisatawan baik lokal maupun asing.

Di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa, Anda akan disuguhi panorama yang elok, baik berupa keindahan terumbu karang, kawasan pantai yang bersih serta gugusan pulau yang eksotis yang menghiasi lautan Jawa.

Tak berhenti di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan bukit  yang mempesona yang ada di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa, seperti Bukit Love, Bukit Joko Tuo dan Bukit Nyamplungan.

Saat berlibur di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa ini, tentunya Anda mengharapkan bisa melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan selain menikmati keindahan suguhan alam. Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Obyek wisata Karimun Jawa:

Olahraga selam

Menyelam merupakan salah satu aktifitas yang tak boleh dilewatkan saat Anda berada di tempat Obyek wisata Karimun Jawa. Tak jauh dari Pulau Kemujan, terdapat bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam di tahun 1955. Di sekitar tempat ini bisa Anda jadikan lokasi penyelaman yang pas karena keberadaan habitat ikan karang dan juga bangkai kapal tersebut.

Snorkeling

Tak berani menyelam? Maka Anda tetap bisa menikmati keindahan bawah laut Karimun Jawa dengan  snorkeling. Menikmati pesona bawah laut Karimun Jawa dari permukaan air juga tak kalah menariknya lho dengan menyelam. 

Mandi di pantai dan berjemur

Tak hanya pulau Bali, pantai-pantai di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa juga memiliki tempat yang cocok untuk aktifitas berjemur dan mandi di pinggir pantai. Kenikmatan berjemur merasakan terik matahari dan mandi di tepi pantai yang berpasir putih bersih bisa Anda rasakan saat mengunjungi Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil. Anda pasti tak bakal bosan menghabiskan waktu di kedua pulau itu.  

Memancing

Wisatawan yang memiliki hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Tak perlu ribet menyiapkan segala sesuatunya sendiri karena di Obyek wisata Karimun Jawa sudah tersedia layanan penyewaan alat dan juga kapal yang bisa Anda manfaatkan untuk dapat sampai ke tengah laut dan berburu ikan di sana.  Sangat seru bukan? 

Glass Bottom Boat

Bagi yang tak ahli dalam berenang, Anda tetap bisa menikmati eksotika bawah laut Kepulauan Karimun Jawa  dengan menggunakan kapal bawah laut yang dilengkapi kaca pada bagian bawahnya atau yang dikenal dengan Glass Bottom Boat. Dengan menaiki kapal ini, Anda bisa menyaksikan pesona alam yang sangat langka, beragam flora dan fauna yang eksotik.

 

Baca Juga : Paket Wisata Karimun Jawa

 

Bermain jetski dan banana boat

Acara berlibur Anda di kawasan wisata Karimun Jawa akan lebih mengasyikan dengan aktifitas yang memicu adrenalin seperti bermain jet ski dan banana boat ke tengah laut. Anda bisa melakukan semuanya di sini.    

Berenang dengan ikan hiu

Berani berenang dengan ikan hiu? Anda bisa mencobanya di Karimun Jawa. Jangan takut ikan-ikan ini akan memangsa Anda karena semua hiu yang ada di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa ini sudah jinak dan terlatih.  

Mengelilingi pulau

Tak kenal maka tak sayang. Nah, Anda bisa melakukan aktifitas keliling pulau untuk lebih mengenal pulau-pulau di sekitar Karimun Jawa dan melihat keindahannya dari dekat. Aktifitas yang satu ini cocok Anda lakukan saat Anda baru tiba di Karimun Jawa. 

Berziarah

Tak hanya melulu aktifitas yang berhubungan dengan laut, Karimun Jawa juga menawarkan wisata religi. Di Obyek wisata Karimun Jawa, Anda bisa melakukan ziarah ke makam Sunan Nyamplungan yang merupakan putra dari Sunan Muria. Ada juga makam-makam lain yang bisa dikunjungi, seperti makam Sayid Kambang, makam Sayid Abdullah dan sumur Wali.

Mengunjungi rumah khas Bugis

Menyaksikan kehidupan masyarakat suku Bugis dari dekat bisa Anda lakukan bila Anda berkunjung ke Karimun Jawa. Salah satu yang terlihat kala berada di kawasan Obyek wisata Karimun Jawa ini adalah rumah-rumah khas dari suku Bugis yang bertebaran di sana.

Melihat satwa darat

Meski jumlahnya tak sebanding dengan satwa laut, namun kawasan Obyek wisata Karimun Jawa juga memiliki satwa darat yang patut dilestarikan.

Aktifitas mengamati satwa-satwa ini bisa sangat menarik dilakukan lho, terlebih lagi bila beberapa diantaranya belum pernah Anda temui sebelumnya. Jenis satwa darat yang bisa Anda lihat di sini, antara lain kera ekor panjang (Macaca fascicularis karimondjawae), rusa (Cervus timorensis subspec), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), ular edhor, elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), trocokan/merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier), betet (Psittacula alexandri) serta 40-an species burung seperti pergam hijau (Ducula aenea).

Elang laut perut putih merupakan salah satu satwa yang terancam punah di dunia.

Tertarik untuk berwisata ke Obyek wisata Karimun Jawa? Banyak penyedia paket wisata Karimun Jawa  yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat berlibur. (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *