Serunya Bermain dan Belajar di Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari – Kota Bogor saat ini telah menjadi jujugan para traveler yang sedang mencari alternatif tempat wisata populer di Jawa Barat, selain Bandung tentunya. Lokasinya yang mudah dijangkau, serta pilihan wisata yang beragam menjadikan kota hujan dengan keindahan alam yang eksotis ini semakin menarik mereka yang ingin melepas penat, sejenak menjauh dari kesibukan.

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Jalan Raya Cielungsi, Jonggol KM 3. Pembangunan taman yang diprakarsai oleh ibu Tien Soeharto ini dimulai pada tahun 1990 dan memakan waktu selama 5 tahun hingga selesai. Pada tahun 1995, taman ini resmi dibuka untuk umum.

Konservasi flora

Taman ini awalnya dibangun sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati tanaman buah-buahan, khususnya tanaman buah asli Indonesia. Dengan perkembangan waktu, taman ini pun semakin berkembang menjadi tempat penelitian budidaya tanaman buah, pemuliaan, produksi bibit unggul, dan juga sarana pusat wisata edukasi dan rekreasi hingga sekarang.

Luas kebun dan taman

Taman Wisata Mekarsari mempunyai luas lahan kurang lebih 264 hektar, dengan danau buatan seluas 27 hektar. Di dalamnya terdapat kurang lebih 1470 jenis tanaman buah, dengan total lebih dari 100.000 pohon yang diambil dari seluruh kawasan nusantara.

Jenis tanaman yang ada dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu tanaman rempah & biofarma, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman industri, tanaman sayur, dan tanaman pelindung.  Sedangkan untuk tanaman buah dibagi menjadi tanaman buah musiman, non musiman, serta buah langka & unik. Koleksi yang luar biasa ini menjadikannya taman buah terbesar di dunia lho!

Sarana rekreasi

Taman Wisata Mekarsari sangat tepat untuk menjadi tujuan liburan bersama keluarga, khususnya bagi anak-anak. Tidak hanya dapat banyak belajar mengenai berbagai jenis tanaman buah baik lokal maupun dari luar negeri, tapi juga belajar mengenai pengembangan tanaman dan berkenalan dengan berbagai tanaman buah yang sudah mulai langka, seperti sawo kecik atau kesemek.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Para orang tua pun juga mendapatkan keuntungan, berupa pelatihan untuk mendapatkan ilmu mengenai cara bercocok tanam. Mulai dari pembibitan hingga penanggulangan hama dan penyakit tanaman.

Wahana permainan air

Selain wisata edukasi yang ditawarkan di atas, rekan traveler juga dapat menikmati fasilitas berupa berbagai wahana permainan air yang disediakan. Sepeda air, angsa air, aqua bike, kano, perahu naga, banana boat. Hingga kolam pemancingan siap untuk dicoba untuk memberikan pengalaman berwisata yang semakin lengkap.

Di dalam area Taman Mekarsari ini juga terdapat danau seluas 27 hektar yang lebih akrab dikenal dengan nama Danau Cipicung. Bagi rekan traveler yang penasaran ingin menjelajahi danau yang cukup luas ini, bisa menyewa perahu motor yang ada di lokasi. Selain dapat menikmati pesona hijau pemandangan Taman Wisata Mekarsari. Anda pun juga dapat mengabadikannya dalam bentuk foto.

Water Kingdom Mekarsari

Salah satu wahana yang menjadi favorit para pengunjung tempat wisata ini adalah Water Kingdom Mekarsari. Wahana air ini menawarkan tantangan tersendiri yang menyenangkan dan menantang adrenalin. Sehingga memberikan warna tersendiri pada liburan kali ini. Diklaim mampu menampung sebanyak 15 ribu pengunjung. Dengan total area 5,2 hektar menempatkannya menjadi salah satu taman wisata permainan air terbesar di Asia.

Di dalam Water Kingdom ini, rekan traveler dapat menjajal Lazy River, yaitu kolam arus sepanjang 600 meter. Atau dapat berseluncur di Boomerang Slide untuk memacu adrenalin, berseluncur dari menara setinggi 16 meter dengan panjang 118 meter, yang tentunya seru dan asyik.

Suvenir dan oleh oleh

Setelah puas menjelajahi taman wisata ini tentunya kurang lengkap kalau tidak membawa cinderamata, di sini pengunjung bisa membeli tanaman dan buah di Garden Center dan juga Bursa Buah. Tapi jika merasa belum cukup waktu untuk berlibur di tempat ini, Anda dapat menghabiskan malam di Taman Mekarsari. Ada beberapa pilihan akomodasi menarik yang layak untuk dicoba. Mulai dari D’Cabin yang merupakan tempat menginap yang diciptakan dari container bekas yang dihias, Rumah Pohon Leo berupa cottage yang dibuat layaknya rumah pohon tinggi di atas tanah, serta Family Camp bagi mereka yang suka dengan nuansa outdoor.

Keseruan yang tidak ada habisnya akan dirasakan saat Anda memutuskan mengunjungi Taman Wisata Mekarsari. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *