Serunya Bermain dan Belajar di Kidzania Jakarta

Menemukan tempat berlibur yang mengandung unsur edukasi bagi anak bukan perkara gampang. Namun, masalah ini tak perlu lagi Anda risaukan.

Kidzania Jakarta hadir sebagai solusi bagi para orang tua yang perduli akan pentingnya konsep bermain sambil belajar.  Awal mula kehadiran Kidzania Jakarta adalah cabang dari Kidzania yang ada di Mexico City pada tahun 1999.

Tak hanya di Indonesia, cabang Kidzania juga ada di negara-negara lain seperti Jepang, Portugal dan Uni Emirat Arab. Bagi yang masih bingung apa sih Kidzania, simak saja ulasan berikut ini: 

Kidzania merupakan tempat rekreasi dengan konsep edutainment atau pendidikan. Wahana bermain dan edukasi ini dikhususkan untuk anak-anak dan remaja dengan rentang usia antara 2 hingga 16 tahun.

Di Kidzania, mereka bisa mengenal lebih dari 100 jenis profesi dan memerankannya layaknya orang dewasa dalam kehidupan nyata, seperti menjadi polisi, dokter, guru, pilot, reporter, chef, perawat, artis, model dan lainnya.

Mereka bisa bermain sambil bekerja dan menghasilkan uang  atau bertransaksi membeli jasa/barang dengan mata uang khusus yang dikenal dengan Kidzos. Ada pula kartu ATM dan mesin ATM-nya.

Singkatnya, di Kidzania ini dibuat seperti miniatur kota dengan gedung-gedung tempat anak-anak bekerja sesuai dengan profesi pilihan mereka danjuga bermain, jalan-jalan, bahkan penjara.

Pertama kali masuk area bermain di  Kidzania, kesan beda sudah jelas terasa. Di depan tempat penjualan tiket, anak-anak dan pendamping masuk melalui gate Garuda Indonesia  yang dibuat mirip layaknya bandara seakan mereka akan terbang ke suatu tempat.

Begitu masuk, anak-anak akan disambut dengan para staff Kidzania yang sudah berbaris rapi menyanyikan mars Kidzania sambil menari.    

Di pintu masuk, anak-anak mendapatkan cek senilai 50 Kidzoz yang nantinya bisa mereka cairkan di bank. Layaknya bank sungguhan, mereka pun harus mengantri dan setelah mendapatkan kartu ATM mereka dapat langsung mengambil uang di ATM terdekat. Dengan uang di tangan, anak-anak pun siap beraksi.

Bagi yang hobi berbelanja, mereka bisa langsung berperan sebagai customer dan berbelanja sepuasnya di minimarket yang ada di sebelah bank. Anak-anak terutama yang sudah mencapai 7 tahun bisa menjajal profesi sebagai kasir di supermarket ini.

 

Baca Juga : Paket Wisata Kidzania

 

Anak-anak yang ingin menyetir mobil, mereka diharuskan membuat SIM terlebih dahulu. Pertama mereka harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan medical check-up dengan membayar 10KZ kemudian membawa hasilnya ke driving school dan membayar lagi 20KZ untuk belajar peraturan lalu lintas.

Setelah lulus, mereka pun mendapatkan SIM dengan dilengkapi foto diri dan bisa mulai menyetir.Jika uang mereka habis, anak-anak ini bisa bekerja sesuai dengan profesi yang mereka pilih dan mendapatkan gaji.

Anak-anak yang tertarik bermain di area rumah sakit, mereka bisa menjajal aneka profesi di sana, seperti perawat, dokter maupun dokter gigi. Sebagai dokter gigi misalnya, mereka akan mempelajari bagaimana menyikat gigi yang benar dan menambal gigi yang lubang. Anak-anak juga bisa menjadi pasien ER dan dapat menaiki ambulance keliling kota.

Menjadi polisi juga seru lho untuk dicoba di Kidzania. Sebagai penegak keadilan dan menjaga keamanan anak-anak ini sampai harus berlarian ke sana kemari mengejar penjahat yang kabur dari penjara. Lucu juga ya…

Yang ingin menjadi pemadam kebakaran pun tak kalah serunya. Mereka benar-benar menggunakan alat penyemprot air untuk memadamkan hotel yang sedang terbakar.

Anak-anak yang hobi memasak, mereka bisa menjadi chef dan bekerja di bakery memanggang pizza ataupun membuat roti. Menariknya, hasil memasak ini bisa langsung mereka nikmati lho.  

Namanya juga anak-anak, mereka pasti ingin menjajal semua profesi yang ada. Sayangnya, mereka dibatasi oleh waktu.

Durasi bermain di Kidzone saat weekdays ada dua pilihan yaitu durasi 7 jam (09.00-16.00) dan 5 jam (11.00-16.00). Sedangkan untuk weekend, mereka bisa memilih sesi pagi atau sore yang masing-masing berdurasi 5 jam.              

Kidzania Jakarta berada di Sudirman Central Business District, Pacific Place Lt. 6- 601, Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Pacific Place, Senayan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta – Indonesia.

Bermain dan belajar di Kidzania Jakarta tidaklah murah. Senin hingga kamis harga tiket dipatok antara IDR 50.000-150.000 untuk rentang usia 2 hinga 64 tahun. Sedangkan untuk hari Jumat, antara IDR 50.000-150.000, Sabtu dan Minggu antara IDR 75.000-200.000 dan masa liburan antara IDR 100.000-250.000. Harga tiket masuk termasuk seluruh aktifitas yang ada di dalam Kidzania, gelang pengaman, boarding pass dan cek senilai 50 KIDZOS (khusus untuk tiket anak). Namun harga ini akan terbayarkan dengan pengalaman yang sangat mengesankan yang akan didapat oleh anak-anak.   (Jari Adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *