Seru Banget, 6 Wisata Unik di Pasuruan Sepulang Dari Gunung Bromo

Apabila berkesempatan melancong ke kota Pasuruan, selain Gunung Bromo kamu masih bisa menjajaki berbagai destinasi menarik di kota yang terkenal dengan julukan Kota Santri ini.

Wisatawan yang mungkin selepas berlibur dari Bromo setidaknya bisa mampir sejenak menikmati keindahan dan keunikan wisata di kota Pasuruan yang tak kalah memikat.

Apa saja ya? Ini dia beberapa destinasi menarik di Pasuruan yang bisa dikunjungi:

Kebun Raya LIPI Purwodadi

pinimg.com

 

Penampakan dari luar semacam sebuah hutan yang dipagari tembok besi. Ada begitu luas pepohonan besar dan rindang yang ada di dalamnya. Selain itu, juga terdapat sebuah gedung yang bertuliskan LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Kebun ini biasa dikenal warga dengan sebutan Kebun Raya Purwodadi. Berada tepat di jalur utama Malang  – Surabaya yang bisa dipastikan setiap liburan akhir pekan akan macet panjang.

Kebun Raya Purwodadi adalah tempat penelitian sekaligus konservasi berbagai macam jenis flora dan pepohonan langka asli Indonesia.

Suasana di dalamnya begitu indah dan sejuk, cocok untuk dijadikan tempat berpiknik ataupun foto – foto prewedding. Di bagian sudut memasuki kebun, juga terdapat aliran sungai yang di atasnya dibuat jembatan gantung indah.

Masih menjadi satu area Kebun, tepatnya di belakang, ada sebuah air terjun yang bernama Coban Baung. Biasanya menjadi lokasi camp ground atau outbond yang sangat meneduhkan hati. Asyik banget deh, terutama jika kamu senang dengan destinasi alam yang asri dan sangat terjaga keindahannya.

Banyu Biru

blogspot.com

 

Keseruan lain di kota Pasuruan juga bisa dirasakan di destinasi wisata pemandian alami Banyu Biru. Berlokasi di Desa Sumberejo, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan.

Jika umumnya pemandian kamu cuma berenang bareng teman – teman sesama manusia. Di sini berbeda lho! Kamu bakal berenang bersama ikan – ikan yang masih hidup. Ikannya pun beragam jenisnya.

Ada ikan mas, ikan koi, dan berbagai macam ikan air tawar. Jadi, sekalian berenang kamu bisa bercengkrama dengan para ikan yang bisa meredakan stres. Asli keren!

baca juga:

6 Danau di Bandung yang Kontemplatif Untuk Relaksasi Pikiran

Air Terjun Kakek Bodo

Selain Coban Baung, masih ada lagi satu destinasi air terjun yang populer. Yaitu Air Terjun Kakek Bodo. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, aliran deras air yang terjun membentuk kolam alami yang jernih dan menyegarkan.

Nama air terjun yang unik ini konon diambil dari seorang pria paruh baya yang dahulu pernah menjadi pembantu sebuah keluarga Belanda.

Kemudian, si kakek ingin berhenti bekerja  namun tidak diijinkan oleh sang majikan yang berasal dari negeri Kincir angin itu. Majikannya bahkan memarahi dan memakinya dengan sebutan “kakek bodoh” karena tidak mau bekerja lagi padanya malah justru memilih untuk bertapa di hutan belantara.

Hingga kini makam kakek bodo masih bisa disaksikan di sekitar air terjun. Lokasinya ada di daerah wisata Tretes, lereng gunung Welirang. Buat kalian yang senang atau hobi hiking, tak salah jika memilih lokasi wisata ini karena ada begitu banyak hotel dan penginapan yang bisa dipilih. Setiap liburan akhir pekan juga ramai dengan para pendaki yang berkumpul di pos – pos awal pendakian menuju Welirang.

The Pines

wordpress.com

 

Salah satu destinasi wisata seru lainnya adalah The Pines. Lokasi ini ada di Taman Dayu yang berupa kawasan hutan pinus menakjubkan. Sering jadi tempat berpiknik ataupun foto prewedding. Ada sebuah rumah pohon yang bisa disewa untuk 8 orang. Seru abis!

Masjid Cheng Ho

halhalal.com

 

Berada tepat di tengah kota, lokasi masjid Cheng Ho bisa dituju langsung di jalur utama Malang – Surabaya. Masjid yang mentereng dengan warna merah menyala ini sekilas sangat mirip dengan klenteng atau tempat ibadah umat Konghucu. Tapi, setelah mendekat, ada simbol Alloh dan Muhammad yang mencirikan bangunan masjid.

Masjid yang berukuran 2500 meter persegi ini memiliki 3 kombinasi budaya. Selain Cina, ada juga Islam dan Jawa. Budaya Islam terlihat dari kaligrafi dan tulisan arab yang menghiasi hampir setiap sudut dan ornamen di permukaan dinding ataupun atap dan pintu.

Sedangkan Cina, terlihat dari nuansa warna merah menyala yang menjadi simbol bagi etnis Tionghoa. Sementara budaya Jawa terlihat dari model atap dan bangunan yang luas dengan soko guru atau tiang – tiang besar menyerupai rumah adat Jawa kuno. Luar biasa indah..

***

Kapan pun kamu berlibur ke Pasuruan, pastikan untuk mampir ke tempat –  tempat wisata menarik tersebut ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.