Serasa Liburan ke Luar Negeri! Ini Bukti Keindahan 6 Wisata Alam di Banyuwangi

Berada di ujung timur pulau Jawa, kota Banyuwangi saat ini telah melampaui prestasi gemilang di sektor pariwisata. Nama bersinar Kawah Ijen dengan nyala api biru telah kondang ke seluruh penjuru dunia. Menjadikan kota Banyuwangi sebagai salah satu jujukan destinasi wisata alam yang fenomenal dan unik, tiada duanya di seluruh dunia.

Menapakkan kaki di “the Sun Rise of Java” ini, para pelancong akan disuguhi panorama alam yang sungguh memikat. Tidak hanya keindahan pemandangan alam, melainkan dari sisi adat dan tradisi budaya suku Osing yang spektakuler juga sangat menarik untuk disaksikan.

Pada bulan tertentu setiap tahun, juga digelar festival dan perayaan adat daerah yang cukup menarik. Jadi, Anda bisa memasukkan destinasi wisata ke Banyuwangi sebagai tempat liburan selanjutnya.

1. Mangrove Bedul

blogspot.com

Dijuluki sebagai “Amazon dari Indonesia”, hutan bakau Bedul merupakan sebuah kawasan konservasi hutan bakau yang berada di sekitar pesisir Banyuwangi. Masih menjadi naungan konservasi alam Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya ada di Desa Sumbersari, Purwoharjo, Banyuwangi.

Kekayaan alam berupa mangrove sering dijadikan tempat relaksasi bagi pengunjung yang sudah penat sejak seminggu bekerja penuh. Kehidupan alam liar dan berjumpa satwa – satwa di habitat asli menjadi pengalaman wisata yang unik. Bila beruntung, pengunjung dapat berjumpa dengan monyet atau kera hitam, burung elang, burung bangau dan burung – burung yang jumlahnya ribuan setelah bermigrasi dari benua Kanguru, Australia.

2. Taman Nasional Baluran

www.astroman.com.pl

Ke Banyuwangi jangan lupa mampir ke tanah yang dijuluki “Afrika dari Indonesia”, Taman Nasional Baluran. Savana yang luas membentang 25 ribu hektar akan membuat pikiran melayang seperti safari wisata ke Zimbabwe atau Zambia.

Di tengah savana tak jarang hewan – hewan langka yang berdatangan untuk mencari rumput. Seperti macan tutul, kijang, rusa, monyet, kerbau liar, kancil dan masih ada lagi primadona yang selalu ditunggu kehadirannya. Yaitu banteng liar yang menjadi maskot Taman Nasional Baluran.

3. Ombak Pantai Plengkung

Masih berbicara soal pariwisata yang indah di Banyuwangi. Pengunjung bisa mengunjungi pantai yang didapuk sebagai “Hawaii dari Indonesia” ini menjadi langganan pesurfer nasional dan internasional untuk unjuk kebolehan.

Pasalnya, menunggang ombak yang besar dan tinggi di Pantai Plengkung seolah – olah sedang berada di pantai – pantai Hawaii yang memiliki keasyikan tersendiri hingga lupa sedang berada di Indonesia.

Ombak di Pantai Plengkung memang relatif besar dan tinggi. Ini karena berhadapan langsung dengan Samudera lepas Hindia. Pesurfer pun menjuluki gelombang pantai Plengkung dengan G-Land atau “The Seven Giant Waves Wonder”.

4. Pulau Merah

Kalangan wisatawan pro pasti sudah tak asing dengan “Baia Do Sancho di Brazil”. Sama seperti wilayah Baia Do Sancho di Brazil, Pulau Merah memang memiliki tanah yang bersemu kemerahan dari pasir – pasir yang bercampur mineral pantai. Pulau Merah berada tepat di tengah pantai berlokasi di Desa Sumberagung, Banyuwangi. Ada sebuah batu besar atau pulau tepat di tengah pantai. Pengunjung hanya bisa berkunjung ke tengah pulau apabila air laut sedang surut.

Baca juga:

Pantai Dungun –Lingga, Eksotisme Pulau Terluar Indonesia

 

5. Pantai Wedi Ireng

Berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Banyuwangi lanjutkan perjalanan yang masih searah dari Pulau Merah menuju Pantai Wedi Ireng. Menurut kalangan wisatawan, Pantai Wedi Ireng dijuluki sebagai “Wineglass Bay Australia dari Indonesia”. Ini karena kemiripan bentuk kontur pasir pantai yang berbentuk sabit.

Di samping itu, pasir di Pantai Wedi Ireng juga sama – sama bernuansa putih. Padahal, menurut bahasa Pantai Wedi Ireng berarti Pantai Berpasir Hitam. Lalu, kenapa disebut pasir hitam? Jawabannya ada setelah Anda menggali ke dalam pasir putih. Ternyata, di bawah lapisan pasir putih adalah pasir berwarna hitam.

6. De Jawatan

Anda pernah menonton film “Alice In Wonderland”? Dalam satu adegan, Alice tersesat di dalam hutan yang ajaib dengan pepohonan besar menjulang dan unik. Nah, Sama seperti hutan magis di film Alice In Wonderland, De Jawatan bisa menjadi pelepas rindu para penggemar film di dunia nyata. Lokasinya ada di Desa Benculuk, Banyuwangi.

Keindahannya makin paripurna, karena di atas pohon Trembesi raksasa setinggi 10 meter, dibangun rumah pohon yang indah bak negeri dongeng.

**

Nah, makanya tak perlu repot ke luar negeri jika ternyata di dalam negeri ada tempat wisata yang tak kalah cantik. Pastikan liburan Anda ke Banyuwangi sudah dipersiapkan secara matang oleh jasa agen travel wisata yang berpengalaman dan profesional. Jari Adventure siap membantu perjalanan wisata Anda dengan pemesanan melalui aplikasi Whatsapp

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *