Sensasi Berenang Bersama Ubur-ubur di Pulau Kakaban

Kegiatan berenang merupakan aktivitas yang mengasyikan. Berendam di dalam air bisa menyegarkan pikiran. Merasakan dinginnya air merasuki tulang , Melatih pernapasan, Melatih otot-otot tubuh, membakar kalori, Banyak sekali manfaat yang kamu dapat saat berenang. Bagi kalangan tertentu, berenang adalah rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan.

Berenang di kolam renang atau di laut sudah biasa, Bagaimana jadinya bila kamu berenang bersama ubur-ubur? Ya,Ubur-ubur,salah satu biota laut yang terkenal dengan sengatannya yang mematikan. Kamu bisa berenang bersama ubur-ubur tanpa perlu khawatir. Di pulau kakaban, kamu bisa berenang bersama ubur-ubur yang tidak memiliki sengat.

Pulau Kakaban, namanya mungkin masih asing di telinga, namun jangan salah, keindahan pulau ini amat megah. Keasrian alam yang masih sangat terjaga, Hutan-hutan yang masih perawan, danau yang airnya berasal dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah, bisa kamu temukan di sana.

  • Lokasi

Pulau kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Mempunyai luas sekitar 774,2 Hektar. Kakaban menduduki posisi keempat setelah Derawan,Maratua, dan Sangalaki sebagai pulau yang terluas di Kepulauan Derawan.

Pulau ini diselimuti hutan bakau yang amat lebat, sedikit bagian pantai karena sebagian besar  lingkar pulau ini berada di dinding batu tebing kapur yang tipis. Ratusan akar bakau menjulurkan akarnya sampai ke ombak laut.

  • Keunikan

Hal yang unik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain selain di pulau kakaban adalah danau kakaban. Di danau ini, hidup spesies ubur-ubur tanpa sengat yang bisa kamu ajak interaksi langsung dengan berenang bersama mereka. Ubur-ubur tidak menyengat hanya ada dua di dunia yaitu di danau kakaban dan di pulau Palau,bagian Kepulauan Mikronesia, Samudra Pasifik. Sudah sepatutnya kamu bangga tinggal di Indonesia yang alamnya sangat kaya.

Danau kakaban memiliki luas 390 ha dengan kedalaman maksimal 11 meter. Dengan spesies ubur-ubur yang mencapai 4 macam spesies. Spesies pertama adalah ubur-ubur bulan Aurelia Aurita, Spesies kedua ubur-ubur totol Mastigias cf Papua, ubur-ubur kotak tripedalia Cystophora, dan spesies terakhir ubur-ubur terbalik Cassiopea Ornata. Yang paling sering dijumpai yaitu ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik.

Danau Kakaban telah dinyatakan sebagai cagar alam pemerintah, dan telah dinominasikan sebagai Kawasan Warisan dunia.

  • Akses Menuju Pulau Kakaban

Untuk menuju ke pulau ini, kamu harus lebih dulu berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dari Berau, sewalah speedboat menuju pulau Derawan. Harga yang ditawarkan oleh para pemilik speedboat tidaklah murah, sewa untuk dua hari saja mencapai 14 juta. Biasanya, harga ini adalah harga paket kunjungan ke 4 pulau di Kepulauan Derawan. Waktu tempuh dari pulau Derawan menuju pulau Kakaban sekitar 1-1,5 jam.

Kaget melihat harganya? Tenang, ada alternatif lain. Kamu bisa menyewa speedboat dari pulau Tarakan menuju pulau Derawan. Dari pulau Derawan, menyewa speed boat ke pulau kakaban. Ada juga jalan dari Berau, kamu langsung menuju Tandjung Batu dengan menumpang kendaraan Travel.

Baca juga:

Situs Istana Kedaton, Eksplorasi Khazanah Kesultanan Riau Tak Bertepi

 

  • Larangan di Pulau Kakaban

  1. Jangan buang sampah sembarangan

Kalau ini jelas, dimanapun tempatnya, sampah merupakan hal vital. Buanglah sampah di tempatnya saat kamu berkunjung ke pulau ini atau pun di tempat lain.

  1. Jangan menangkap atau membawa pulang ubur-ubur
  2. Jangan Memakai Tabir Surya sewaktu berenang di Danau

Tabir Surya mengandung bahan kimia yang dapat mencemari danau atau mengancam keberlangsungan hidup ubur-ubur.

  1. Berenanglah dulu di Danau Kakaban baru kemudian di Pantai dan Lautan

Plankton, Larva hewan laut,dan lain-lainny dapat terbawa ke danau. Hewan tersebut justru akan menjadi pesaing para ubur-ubur untuk bertahan hidup.

  1. Jangan Menangkap Ubur-Ubur dan Mengangkat tinggi-tinggi dari atas permukaan air

Hal ini dikarenakan ubur-ubur bisa kesulitan bernafas. Para Petugas disana juga akan siap menegur para wisatawan yang berbuat demikian.

Bila kamu berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lewatkan Kesempatan yang hanya datang sekali seumur hidup. Kunjungilah Pulau Kakaban. Berenanglah bersama ubur-ubur. Tapi tidak lupa untuk menjadi insan yang patuh pada larangan yang ada.

Berlibur ke Pulau Kakaban tentunya akan memakan banyak waktu dan biaya. Namun kesan yang akan didapat pun sebanding dengan yang kamu korbankan. Ingin pergi ke pulau kakaban dengan cara yang Praktis?

Gunakanlah paket wisata dari Jari Adventure, agen travel yang sudah melayani customer dari berbagai daerah. Berlibur bersama Jari Adventure, tidak akan pernah mengecewakan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *