Sempat Dihantam Bencana, Kini 4 Tempat Unik di Dunia Ini Malah Jadi Obyek Wisata

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkan dilanda bencana. Tapi, di balik musibah selalu ada hikmah yang bisa dipetik.

Meskipun bencana selalu mendatangkan kerugian dari sisi materiil atau moril, namun ternyata masih ada banyak sisi positif yang bisa diambil.

Misalnya, seperti bencana alam letusan gunung berani yang sempat menghantam suatu daerah dapat meninggalkan tanah vulkanis yang subur dan bebatuan besar untuk bahan bangunan rumah.

Sementara, itu di seluruh dunia terdapat banyak tempat – tempat wisata unik yang dahulu sempat dilanda bencana. Dan kini menjelma sebagai obyek wisata favorit wisatawan untuk membuktikan betapa kecilnya makhluk di hadapan Sang Pencipta.

Di mana saja situs – situs fenomenal yang dimaksud? Baca terus agar bertambah lagi buckit list wisata Anda..

1. Reaktor Nuklir Chernobyl, Ukraina

Pada sekitar 1986, Rusia sangat gencar membangun negara dengan berbagai fasilitasnya. Bahkan, saat itu Rusia merupakan salah satu negara adikuasa di muka bumi. Salah satu fasilitasnya yang terkenal adalah Reaktor Nuklir Chernobyl di Ukraina.

Reaktor ini bisa dijadikan pembangkit energi listrik, persenjataan dan sebagainya. Namun sayangnya, proyek ini gagal dan meledak hingga membunuh ratusan ribu nyawa dan membuat kondisi di sekitarnya berubah 180 derajat.

Reaktor nuklir ini bahkan menyebarkan sejumlah radioaktif ke atmosfer udara dan mematikan seluruh makhluk hidup dalam radius hingga 10 km. Kawasan tersebut dikenal tandus dan gersang karena tidak bisa ditinggali makhluk hidup selama bertahun – tahun.

Setelah terbengkalai dan ditinggalkan selama bertahun – tahun, konon pemerintah lokal mulai membuka peluang bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan menyaksikan kengerian yang ada di pusat kota Chernobyl. Semua luluh lantak dan ditinggalkan begitu saja seperti kota mati. Gedung – gedung bertingkat, taman bermain, rumah warga semua masih lengkap dengan isinya yang diabaikan. Semua bisa disaksikan dari jarak 1000 kaki dalam sebuah paket wisata tur yang aman.

2. Jejak meteor Chelyabinsk, Rusia

kinja-img.com

Selain Chernobyl, masyarakat Rusia juga sempat digemparkan dengan melintasnya sebuah meteor di dekat wilayah Chelyabinsk. Meteor ini sudah menjadi kepingan dari beberapa bagian meteor induknya. Begitu menghantam bumi di daratan Chelyabinsk, kerusakan dahsyat tak bisa dihindari. Infrastruktur dan berbagai benda yang ada di sekitar tempat jatuhnya meteor rata dengan tanah. Kejadian ini juga sempat terekam kamera dan viral di media sosial.

Kejadian yang begitu menghebohkan dunia ini kemudian menarik animo wisatawan untuk melakukan tour ke beberapa bekas kerusakan yang pernah dilintasi meteor ini.

3. Situs Badai Katrina, New Orleans, AS

pri.org

Pada 2005, badai yang dahsyat menghancurkan bagian New Orleans seperti debu. Rumah – rumah, bangunan dan apa pun yang diterjang badai ikut terangkat ke angkasa dan hancur berkeping – keping. Seluruh kota tampak rata dengan tanah dilihat dari atas. Kerusakan serius juga dialami sejumlah daerah di sekitar New Orleans.

Setelah beberapa tahun berlalu, kini New Orleans kembali bangkit dan mulai membenahi ekonomi negara dari sisi pariwisata. Pengunjung bisa mendatangi beberapa lokasi yang sempat dilanda badai dan meninggalkan jejak yang unik.

Asyiknya lagi, pengunjung mendatangi setiap obyek wisata dengan mengendarai sepeda atau tour sepeda selama kurang lebih 4 jam.

baca juga:

Tiket Masuk Gratis, Mampir Yuk ke 10 Tempat Wisata di Singapura Ini

 

4. Situs Tsunami Aceh

thenational.ae

 

Di Indonesia juga terdapat situs bencana yang menggugah dunia. Pada 2006 lalu, bencana tsunami dahsyat melanda Aceh dan sekitarnya. Wilayah yang berada di pesisir pantai Indonesia, Thailand bahkan Srilanka turut menjadi korban, rata dengan tanah. Korban jiwa mencapai ratusan ribu jiwa dan juga material berupa resort atau beach club habis diterjang tsunami.

Sebuah monumen dibangun untuk memperingati peristiwa bencana yang memilukan ini. Sejumlah agen travel juga menawarkan paket tour tsunami Banda Aceh untuk menyaksikan betapa dahsyat jika alam sudah mengamuk.

***

Berwisata mengunjungi tempat – tempat yang sempat dilanda bencana menciptakan kenangan wisata yang paling berkesan dan tak mudah dilupakan.

Perasaan ngeri, sedih, penasaran dan empati membayangkan korban yang pernah tewas karena dilanda bencana, bercampur aduk jadi satu.

Apa pun yang dirasakan wisatawan, setidaknya berkunjung ke beberapa tempat wisata ini memberikan pengalaman berharga. Salah satunya agar kita sebagai manusia senantiasa merendahkan diri di hadapan Sang Maha Pencipta. Karena jika Dia yang Maha Berkehendak ingin bumi hancur, semua bisa terlaksana dalam sekejap.

Pastikan kemana pun destinasi liburan Anda, menggunakan jasa agen travel wisata yang profesional, Jari Adventure. Kami siap melayani berbagai kebutuhan wisata Anda. Hubungi nomor WA : 0877 – 78906999 untuk pemesanan atau info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *